Hosting Unlimited, Benarkah Murni "Unlimited"?
Blog Tips Keren Hosting Unlimited, Benarkah Murni “Unlimited”?

Hosting Unlimited, Benarkah Murni “Unlimited”?

unlimited

Banyak webmaster yang telah membuktikan bahwa “Unlimited” pada web hosting tidak benar-benar berarti memiliki fitur “tak terbatas” untuk disk space dan bandwidth. Fitur ini biasanya ditulis dalam bahasa inggris agar terlihat lebih menarik.

Ketika web hosting menggunakan kata “unlimited” untuk mengatakan bahwa pengguna akan mendapatkan “unlimited disk space” atau “unlimited bandwidth” (atau setara dengan “unlimited data transfer”), sebenarnya itu tidak sepenuhnya benar. Kata “unlimited” biasanya memiliki definisi dan makna lain, tergantung dari kebijakan masing-masing web hosting.

Makna “unlimited” yang sebenarnya

Menurut web hosting terkemuka, pemilik akun diberikan “unlimited disk space”. Pada host ini, jika Anda melihat dengan seksama Anda akan menemukan bahwa “Anda dapat menambahkan konten sebanyak-banyaknya, tapi mungkin tidak semua sekaligus”. Dengan kata lain, Anda tidak dapat menggunakan “unlimited” space dalam sekali waktu. Anda dapat menggunakan jumlah yang tidak ditentukan pada awalnya, kemudian menambahkan lebih banyak. Tapi siapa yang bisa memutuskan berapa banyak yang akan Anda gunakan? Web Hosting, tentu saja. Dengan kata lain, web hosting telah berhasil menarik perhatian Anda untuk meng-host dengan mereka tanpa menentukan berapa banyak disk space yang Anda gunakan.

Masalah lain dengan Unlimited Space Plans

Ketika web hosting menyediakan “unlimited” space, mereka sering membatasi disk space yang dapat Anda gunakan. Dengan demikian, jika Anda membaca Term of Service (TOS) dari web hosting yang menyediakan disk space yang terbatas ataupun jumlah yang besar, Anda akan melihat bahwa Anda tidak dapat menggunakan space untuk tujuan lain. Dalam kebanyakan kasus, space yang ada hanya dapat digunakan untuk website. Anda tidak dapat menggunakan space ini untuk offsite backup komputer rumah atau kantor.

Terabyte adalah New Unlimited

Karena reputasi unlimited bandwidth buruk dikalangan webmaster. Alokasi raksasa tampaknya telah mengambil tempat di web hosting. Alokasi yang dimaksud adalah bandwidth dengan kapasitas ribuan gigabyte (terabyte).

Tidak semua Unlimited salah

Coba perhatikan, bahwa tidak semua penggunaan kata “Unlimited” dalam paket web hosting itu salah. Sebagai contohnya, semua web hosting mungkin menyuruh Anda untuk membuat unlimited email dan sebagainya. Kami percaya bahwa ketika sebuah hosting mengiklankan fitur tersebut, mereka biasanya bersungguh-sungguh. Fitur-fitur ini biasanya dibatasi oleh aspek-aspek lain dari account hosting Anda, seperti disk space yang mungkin membatasi jumlah yang Anda gunakan.

Kesimpulan

Ketika meneliti web hosting, sebaiknya baca dengan baik TOS maupun persyaratan yang ada, jangan menerima istilah pada nilai nominal bila digunakan untuk space dan bandwidth. Memilih untuk disk space atau bandwidth yang terbatas bisa berarti Anda menghadapi batas yang tidak ditentukan atau samar-samar, dibandingkan dengan web hosting yang memberitahukan di depan apa yang akan Anda dapatkan.

Itulah beberapa ulasan mengenai hosting unlimited. Semoga bermanfaat.