Hosting Murah, Apakah Layak Kamu Coba?
Blog Tips Keren Hosting Murah, Apakah Layak Kamu Coba?

Hosting Murah, Apakah Layak Kamu Coba?

web hosting Mencari penyedia hosting yang baik bukanlah sesuatu hal yang sulit. Anda hanya perlu menemukan satu yang memenuhi kebutuhan situs Anda. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips bagaimana memilih hosting murah terbaik dan layak untuk dipertimbangkan.

1. Layanan pelanggan

Hampir semua orang akan tergiur dengan iming-iming gratis atau sangat murah web hosting. Ini adalah kesalahan yang paling umum terjadi, kebanyakan memilih penyedia web hosting hanya berdasarkan pada sisi harga. Yang harus diperhatikan:

  • Memiliki banyak pilihan dukungan pelanggan (chatting, telepon, email, dll)
  • Dokumentasi online
  • Forum pengguna, dengan tanggapan dari staff hosting

2. Disk Space

Disk space adalah jumlah ruang yang dialokasikan untuk website Anda. Beberapa penyedia hosting menawarkan disk space yang tidak terbatas, sementara beberapa lainnya mengalokasikan disk space dengan tambahan biaya. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda memiliki perencanaan yang tepat untuk alokasi disk space, setidaknya sisakan 20% dari yang Anda gunakan saat ini atau berencana untuk menggunakan di masa depan. Ini bertujuan untuk memberikan ruang untuk tumbuh. Yang harus diperhatikan:

  • Jangan berasumsi bahwa unlimted lebih baik dari disk space yang terbatas, akan selalu ada yang dikorbankan.
  • Tentukan biaya space tambahan untuk memperluas website Anda ketika diperlukan.

3. Bandwidth

Bandwidth adalah jumlah data website yang dapat dilewatkan pada periode waktu tertentu. Beberapa penyedia hosting menawarkan unlimited bandwidth, sedangkan lainnya mengenakan biaya untuk tambahan bandwidth yang digunakan. Pastikan Anda tahu siapa target pengunjung Anda, dan berapa banyak alokasi bandwidth untuk mereka. Yang harus diperhatikan:

  • Jangan berasumsi bahwa unlimted bandwidth lebih baik dari bandwidth yang terbatas, akan selalu ada yang dikorbankan.
  • Video dan grafis mengambil lebih banyak bandwidth dari HTML biasa.
  • Menyadari untuk bandwidth tambahan.

4. Uptime

Uptime adalah prosentase waktu hidup hosting server. Kebanyakan penyedia hosting akan menawarkan prosentase sebesar 99.9% hingga 99.999% uptime. Anda tentu menginginkan server yang selalu hidup dan berjalan, tapi kenyataannya adalah bahwa hampir semua host akan down, sekalipun 99.999% uptime lebih dari 8 jam dalam setahun. Yang harus diperhatikan:

  • Semakin tinggi prosentase uptime 90% keatas biaya semakin mahal.
  • Rencanakan apa yang akan Anda lakukan ketika hosting down.

5. Programming

Meskipun Anda bisa membuat halaman web hanya dengan HTML dan CSS, kebanyakan desainer dan developers menginginkan hosting yang mendukung beberapa jenis pemrograman dan database. Ini termasuk bahasa pemrograman seperti PHP dan ASP serta database. Yang harus diperhatikan:

  • PHP dan MySQL adalah yang paling umum digunakan.
  • SSL sangat berguna.

6. Nama domain dan layanan lainnya

Banyak penyedia hosting membedakan diri dari para kompetitornya dengan menawarkan layanan di luar hosting. Ini termasuk nama domain, manajemen konten, web analytics tools, dan masih banyak lagi. Yang harus diperhatikan:

  • Jangan tergiur dengan banyak penawaran dan membeli layanan yang tidak perlu.
  • Pertimbangkan layanan tambahan sebagai bonus bukan sebagai yang utama.

7. Harga

Meskipun harga bukan satu-satunya pertimbangan utama dalam memilih hosting, Anda bisa menemukan penyedia hosting dengan semua kebutuhan Anda dengan harga yang terjangkau. Web hosting gratis mungkin tampak menggiyurkan, tapi kebanyakan hosting gratis menyertakan iklan yang ditempatkan pada website Anda. Mungkin juga ada beberapa aturan tentang apa yang dapat diposting dan tidak pada situs Anda. Yang harus diperhatikan:

  • Jangan membayar lebih untuk hosting. Anda bisa mendapatkan hosting standar yang baik dengan harga kurang dari 50 ribu per bulan.
  • Hosting gratis lebih baik untuk pengujian dan halaman pribadi daripada website bisnis.