Fitur Yang Perlu Diperhatikan Dalam Web Hosting
Blog Tips Keren Fitur Yang Perlu Diperhatikan Dalam Web Hosting

Fitur Yang Perlu Diperhatikan Dalam Web Hosting

 

VPS cloud hosting Indonesia terbaik

Saat menggunakan web hosting untuk menunjang kesuksesan website Anda, tentu banyak hal yang perlu diperhatikan. Terutama adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh web hosting itu sendiri. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai beberapa fitur yang ada pada web hosting yang perlu Sahabat IDwebhost ketahui.

Kecepatan

Penting agar situs web Anda dimuat secepat mungkin. Jika pengunjung situs Anda harus menunggu lama agar laman Anda dimuat, mereka tidak akan memiliki pengalaman yang baik, dan mungkin tidak akan kembali. Selain itu, Google sekarang mencakup kecepatan sebagai bagian dari keseluruhan skor kualitas situs mereka, sehingga pemuatan yang lambat dapat membunuh usaha SEO Anda yang lain. Sayangnya, banyak faktor yang berbeda mempengaruhi kecepatan sebuah situs web, dan hanya sebagian dari mereka yang bergantung pada web hosting. Dan hampir setiap web hosting mengiklankan bahwa layanan mereka “sangat cepat.”

Sebagian besar rencana shared hosting, dan VPS, tidak menentukan ke pengguna akhir rincian yang tepat dari pengaturan hardware mereka. Selain itu, dengan shared hosting terutama, bukan hardware saja yang menentukan seberapa cepat permintaan diproses, namun juga penggunaan keseluruhan sistem. Sistem cepat yang menjalankan 1000 situs web lain mungkin lebih lambat daripada sistem yang hanya menangani satu situs. Hal-hal khusus untuk mencari web hosting yang cenderung meningkatkan kecepatan adalah:

– Statistik hardware server terperinci. Seperti disebutkan di atas, detailnya terkadang sulit dipilah, namun kenyataan bahwa perusahaan hosting mengiklankan setup server mereka biasanya menjadi pertanda baik. Ini berarti (setidaknya) bahwa mereka tidak menjalankan layanan mereka di atas peralatan orang lain.

– SSD, atau Solid State Drive. Ini jauh lebih cepat daripada disk drive tradisional.

– Lokasi yang semakin dekat dengan pusat data bagi pengunjung Anda, semakin cepat pemuatan halaman. Jika kemungkinan pengunjung Anda semua menjadi satu area, pilihlah host dengan data center di dekat sana.

– CDN, atau Jaringan Pengiriman Konten. Banyak perusahaan hosting menawarkan kemitraan internal dengan Jaringan Pengiriman Konten. Ini secara dramatis akan meningkatkan kecepatan situs, karena membongkar gambar dan sumber daya lainnya ke server yang lebih cepat.

Bandwidth

Bandwidth adalah ukuran jumlah data yang mengalir dari situs ke pengunjung dalam beberapa periode waktu tertentu, biasanya per bulan. Kebanyakan akun shared hosting menawarkan bandwidth “Unlimited”, tapi ini didasarkan pada asumsi bahwa Anda tidak benar-benar menggunakannya sangat banyak.Jika Anda menjalankan blog pribadi atau situs untuk bisnis kecil, dan Anda tidak mengharapkan lalu lintas melebihi beberapa ratus pengunjung setiap hari, maka bandwidth “Unlimited” shared hosting akan berjalan baik untuk Anda.

Jika Anda membangun situs yang lebih besar dan pada akhirnya perlu menangani ribuan pengunjung atau ratusan ribu setiap hari, maka menambah bandwidth akan menjadi alternatif. Jika Anda berpindah dari satu host ke host lainnya, Anda dapat menganalisis lalu lintas Anda saat ini untuk menentukan berapa banyak bandwidth yang Anda butuhkan dalam sebuah rencana.

Penyimpanan 

Berapa banyak penyimpanan yang Anda butuhkan? Seperti biasa, ini tergantung.Seperti bandwidth, sebagian besar paket shared hosting mengklaim menawarkan kapasitas penyimpanan “tak terbatas”, namun selalu ada batasan. Namun, jika Anda menjalankan jenis situs web yang disesuaikan dengan rencana shared hosting (blog pribadi dan situs bisnis kecil), Anda akan baik-baik saja.

Kecuali Anda secara khusus membangun sebuah situs web yang perlu meng-host banyak gambar dengan resolusi tinggi atau file musik, kemungkinan Anda memerlukan lebih dari 1GB ruang file dan konten teks sama sekali tidak memakan banyak ruang. Anda seharusnya tidak mencoba menggunakan akun web hosting untuk media hosting besar. Ini adalah penggunaan uang yang tidak efisien. Jika situs Anda membutuhkan sejumlah besar file media besar, gunakan layanan lain (seperti YouTube untuk video).

Skalabilitas

Masalah saat memulai situs web baru adalah Anda tidak benar-benar tahu apa kebutuhan spesifik Anda nantinya. Anda dapat membuat beberapa dugaan tentang berapa banyak bandwidth dan penyimpanan yang Anda perlukan, namun biasanya hanya tebakan saja. Untuk alasan ini, salah satu hal yang lebih penting untuk dilihat saat mendapatkan web hosting adalah: seberapa mudah untuk meng-upgrade.

Jika Anda memulai dengan rencana shared hosting dan berharap untuk pindah ke VPS saat lalu lintas mencapai titik tertentu, apakah web hosting Anda dapat melakukannya? Tanpa membuat terobosan dalam pelayanan? Sangat penting untuk akun web hosting Anda mampu menangani pertumbuhan yang lamban dan stabil (melalui jalur upgrade yang masuk akal) dan juga lonjakan lalu lintas yang tiba-tiba.