Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Mencari Web Hosting Terbaik
Blog Tips Keren Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Mencari Web Hosting Terbaik

Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Mencari Web Hosting Terbaik

Salah satu elemen penting yang tak boleh dilupakan saat akan membangun sebuah website adalah hosting. Sebuah website tidak akan bisa berjalan karena tidak memiliki hosting. Hosting adalah tempat di mana Anda menyimpan semua sumber daya dan data yang ada di website. Walaupun demikian, ternyata masih banyak orang yang menganggap berurusan dengan hosting dan segala yang berkaitan dengannya sebagai hal yang ribet. Padahal memilih hosting yang tepat akan sangat menentukan kesuksesan website Anda kedepannya. Jika Anda adalah orang yang baru mulai berkenalan dengan dunia web hosting, ini adalah bacaan yang tepat bagi Anda untuk menentukan faktor web hosting terbaik.

Memiliki web hosting yang buruk dapat menjadi bencana besar bagi website Anda. Hal-hal yang dapat terjadi saat menggunakan web hosting yang buruk adalah downtime, layanan pelanggan yang sulit dihubungi, atau kurangnya fitur yang dapat membuat situs Anda lebih menonjol. Untungnya, ada beberapa faktor yang bisa Anda perhatikan dari web hosting terbaik. Faktor-faktor tersebut dapat membantu Anda menemukan web hosting yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Apa Itu Web Hosting?

fitur web hosting terbaik

Sebelum membahas faktor-faktor yang digunakan untuk memilih web hosting terbaik, alangkah baiknya jika Anda mengerti terlebih dahulu, apa itu web hosting. Pada dasarnya, web hosting adalah sisi fisikal dari sebuah web. Sebuah situs website terdiri dari berbagai hal. Mulai gambar, media, aplikasi, file, dan lainnya yang membutuhkan ruang penyimpanan. Dan, sebagian dari kita pengguna menganggap internet sebagai sesuatu yang berada di luar lingkungan fisik. Padahal semua file tersebut harus disimpan pada server fisik di suatu tempat.

Server, harus memiliki banyak sekali daya. Hal ini untuk memuat semua file yang ada di website dan membuat nyaman pengunjung. Dan bagi para pemilik website, memelihara server adalah pekerjaan yang rumit. Dan disinilah peran penyedia hosting.

Provider hosting memiliki server dalam jumlah besar, serta harus menghadirkan layanan yang kuat untuk ribuan penggunanya. Ketika Anda memutuskan berlangganan hosting, berarti Anda telah meyewa ruang di server mereka. Dan tak hanya menjual ruang, web hosting terbaik juga harus memastikan teknologi mereka tetap berjalan dengan lancar, aman, dan efisien. Sehingga, website yang dimiliki pelanggan tetap dapat berjalan tanpa masalah.

Mengapa Anda Butuh Web Hosting?

fitur web hosting terbaik

Mengapa saya membutuhkan web hosting? Secara umum, seseorang membutuhkan jasa web hosting karena ingin websitenya dapat terpublikasikan secara online dan dapat ditemukan orang. Setiap website memerlukan hosting, karena ini adalah cara yang akan membuat website yang Anda kelola dapat diakses oleh orang dari seluruh dunia.

Bukan hanya sekedar dapat diakses, umumnya penyedia hosting juga menawarkan beberapa layanan. Misalnya, jika mereka memiliki sistem keamanan yang menjamin website pelanggan aman dari peretasan. Karena itulah penyedia hosting juga mempekerjakan tenaga ahli di bidang keamanan untuk menjaga kenyamanan penggunanya.

Fitur Web Hosting Hosting Terbaik

Bagaimana dengan paket hosting yang ditawarkan? Apakah memenuhi kebutuhan perusahaan Anda? Bagaimana dengan pertumbuhan situs Anda dan bagaimana jika Anda menambahkan fitur baru? Lihat dari keseluruhannya agar Anda dapat mengetahui kemudahan dalam fitur yang ditawarkan. Fitur dasar yang harus dimiliki web hosting terbaik:

1. Domain gratis

fitur web hosting terbaik

Pilihkah penyedia hosting yang menawarkan domain gratis dalam paket penawarannya. Apalagi web hosting yang memberikan gratis domain seumur hidup untuk pelanggannya, bisa Anda pertimbangkan.

2. SSL gratis

Ingin website Anda aman dan dipercaya oleh pengunjung? Pilihlah penyedia hosting yang memberikan SSL tier 1 secara cuma-cuma untuk pelanggannya.

3. LiteSpeed Web Accelerator

Selain waktu uptime yang harus bagus, kecepatan website juga harus optimal. Pilihlah web hosting terbaik dengan server yang sudah dibekali dengan LiteSpeed Web Accelerator. Fitur ini menggaransi website Anda lebih cepat diakses berkali lipat.

4. Free Unlimited Bandwidth

Tak perlu lagi harus repot menghitung bandwidth. Pilihlah penyedia web hosting terbaik yang memberikan penawaran free unlimited bandwidth di semua paket hostingnya.

5. Unlimited Database

Semua website pasti memutuhkan database. Dan akan sangat menguntungkan pelanggan jika ada penyedia web hosting terbaik yang memiliki fitur unlimited database.

6. Jaminan Uptime

Uptime adalah berapa lama sistem server website Anda berjalan. Perusahaan web hosting terbaik menawarkan jaminan uptime sekitar 99,9% karena mereka menjamin untuk menjaga situs Anda agar online 24 jam sehari, 365 hari setahun. Mengapa hal ini penting? Dalam ekonomi saat ini, bisnis bersifat global. Jika Anda melihat statistik pengunjung situs, Anda mungkin akan mendapati bahwa situs mendapatkan pengunjung dari seluruh dunia.

Browser web di Asia akan mengunjungi situs Anda saat Anda mungkin sedang tidur. Jika situs Anda mengalami penurunan setiap hari pada pukul empat pagi, Anda mungkin akan kehilangan basis pelanggan baru. Bahkan, garansi uptime 99% berarti bahwa situs Anda dapat berpotensi turun sebanyak 1%. Ini bisa berarti Anda kehilangan 3,65 hari setiap tahunnya.

Periksa situs web perusahaan hosting untuk melihat apakah ada jaminan uptime yang disediakan. Tanyakan apakah ada jaminan jika situs tersebut tidak akan turun lebih dari beberapa menit. Beberapa perusahaan hosting akan menawarkan pengembalian dana untuk biaya hosting jika situs tersebut mengalami downtime dalam jangka waktu lama. Perusahaan yang menawarkan pengembalian dana ini lebih cenderung bekerja keras agar situs tetap aktif dan berjalan sehingga mereka tidak perlu membayar biaya pengembalian kepada pelanggan.

7. Customer Service

Layanan pelanggan atau customer service adalah hal yang sulit diukur. Sebagian besar perusahaan web hosting akan menanggapi pertanyaan tentang paket baru saja. Awalnya, layanan pelanggan bisa terlihat ramah dan mudah dijangkau, tapi apa yang terjadi setelah Anda mendaftar untuk mendapatkan paket web hosting? Anda harus memastikan mereka tetap dapat dijangkau dengan mudah setelah Anda mendaftar. Jika situs Anda mengalami downtime, Anda tentu ingin mendapat respon dari layanan pelanggan dengan cepat dan ingin segera menyelesaikan masalah yang dihadapi.

8. Backup

Ada kalanya situs akan mengalami mogok. Mungkin seorang hacker masuk ke blog WordPress Anda dan mengganti file atau keseluruhan database. Jika web hosting Anda melakukan backup setiap hari, mereka tentu bisa mengembalikan situs Anda kembali seperti beberapa hari lalu dan mendapatkan kembali apa yang telah hilang. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Backup harian seluruh situs Anda (termasuk database)
  • Memiliki kemampuan untuk membuat backup sendiri melalui kontrol panel.
  • Kemampuan untuk masuk dan mengganti situs web terkini dengan salah satu backup perusahaan, jadi Anda tidak perlu menunggu layanan pelanggan agar situs kembali aktif dan berjalan.

Kesimpulan

Sebelum memutuskan berlangganan hosting, alangkah baiknya Anda mempertimbangkan fitur web hosting terbaik untuk website Anda. Ingin merasakan fitur web hosting terbaik di tangan Anda sendiri? IDwebhost mempunya berbagai pilihan paket hosting dengan beragam fitur menarik dan harga kompetitif. Buktikan sekarang!