Evolusi Nama Domain
Blog Tips Keren Evolusi Nama Domain

Evolusi Nama Domain

Nama-nama brand tidak lagi termasuk ‘ABC’ untuk menjadi daftar pertama di dalam buku telepon. Aturan yang sama sekali berbeda saat ini.

Nama domain yang digunakan menjadi berbeda: Pada hari-hari awal dari internet, Anda hanya bisa membeli nama domain, dan hanya itu. Sekarang, jauh lebih dari itu. Sebuah sampul brand untuk bisnis atau organisasi Anda

“Dalam banyak kasus, nama domain adalah hal yang paling terlihat tentang brand Anda,” kata Michael Rader, pendiri dan CEO dari Brandroot, sebuah bisnis yang menawarkan pilihan kreatif dari nama domain .com. “Anda menggunakannya untuk melihat beberapa orang merancang nama brand mereka di sekitar buku telepon, seperti penamaan bisnis mereka ‘ABC’ sehingga bisa menjadi daftar pertama. Sekarang, aturan yang sama sekali berbeda.”

a

Memang benar: saat ini, nama domain jauh lebih dari sebuah daftar abjad. Perusahaan perlu mempertimbangkan hal-hal seperti kata kunci dan keunikannya. Sebuah nama domain ialah singkat, tetapi Anda harus mampu menjelaskan siapa Anda, apa yang Anda lakukan dan mengapa Anda peduli—semua di dalam beberapa surat.

Jika semua itu terdengar seperti tugas yang sulit, itu karena hal itu sendiri. Jadi, ketika menghadapi keputusan yang sulit untuk memilih nama domain, brand umumnya mengambil beberapa pendekatan yang berbeda:

1. Kata kunci: Dengan menggunakan kata kunci industri, Anda bisa membuatnya sangat jelas apa bisnis Anda. Contohnya, tidak ada kebingungan tentang apa General Motors. Sisi negatifnya, ingatlah bahwa internet lebih ramai dari sebelumnya dengan nama domain, akan sulit untuk berdiri keluar dan mendapatkan visibilitas. Oleh karena itu, gunakanlah kata kunci

2. Nama yang Unik: Apakah kata-kata yang orang-orang tidak bersaing untuknya? Nike adalah dewi kemenangan Yunani, dan pastilah bukanlah sebuah kata kunci untuk sepatu. Demikian pula, McDonald menggunakan nama terakhir dari saudara McDonald, yang mendirikan perusahaan ini pada tahun 1940. Dengan penamaan sesuatu bisnis Anda yang kurang umum, Anda bisa memiliki katanya dan memaksimalkan ingatan Anda.

3. Menciptakan Nama: Sebuah cabang dari kategori yang unik, metode ini bergantung pada penciptaan kata yang baru atau frase untuk bisnis Anda. Pikirkanlah Twitter, Verizon atau Dasani. Kata-kata ini sama sekali tidak ada sebelum mereka menjadi brand. Sementara memilih nama yang diciptakan berarti Anda harus menghabiskan banyak upaya membangun brand Anda, setelah Anda selesai, sepenuhnya milik Anda.

b

4. Salah ejaan: Sebuah kombinasi dari kategori “kata kunci” dan “ciptaan”, salah ejaan memungkinkan brand untuk mengekspresikan esensi dari bisnis mereka sehingga tetap mempertahankan identitas keunikan brand. Ketika Anda mendengar Lyft, misalnya, Anda berpikir seseorang memberikan tumpangan di mobil mereka. Hal itu didesain, namun Lyft tidak tersesat di pada hasil untuk istilah pencarian “mengangkat”.

Contoh lainnya adalah Rencana Mylestone. Nama terakhir pendirinya Myles, tetapi mereka memutuskan untuk memperluas Mylestone untuk memberikan rasa yang lebih nyata dari tujuan dan kepentingan

Jadi, seperti yang Anda lihat, nama domain bukan hanya nama domain. Ini kesan pertama Anda. Orang akan membacanya dan segera membuat keputusan tentang Anda sebagai brand dan sebagai sebuah organisasi. Dengan cara ini, nama domain seperti sebuah toko digital: Bisa menarik orang-orang atau orang mengabaikannya. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih nama domain, terlepas dari mana kategori di atas jatuh ke dalamnya:

1. Bagaimana membacanya di browser? Tulislah nama Anda sebagai satu kata, huruf kecil semua. Bisakah Anda membacanya, atau apa itu berubah menjadi sebuah frase yang berbeda? Contohnya, katakanlah Anda memiliki bisnis yang mendaur ulang peralatan IT lama. Anda bisa menyebutnya IT Scrap. Bukan ide yang buruk—sampai Anda melihat apa yang terlihat seperti pada browser: itscrap.com. Tak perlu dikatakan, hal ini tidak akan menjadi besar untuk bisnis Anda.

2. Apakah itu menjelaskan apa yang Anda lakukan? General Motors jelas menyiratkan bahwa itu sebuah perusahaan mobil. Di sisi lain, Uber berarti bukan bisnis jenis tertentu. Uber telah sangat sukses, tetapi mereka harus mengatasi pertanyaan, “Apa itu uber?” Ini berarti Uber harus memasukkan upaya yang signifikan ke dalam brand dan kesadarannya, tidak seperti General Motors.

3. Apakah akan menjadi sebuah masalah nantinya? Tanyakan pada diri Anda di mana bisnis Anda berjalan. Apakah Anda berpikir akan memperluas ke industri lain atau membuat produk yang berbeda di garisnya? Jika demikian, Anda tidak harus memilih nama yang membatasi ruang lingkup layanan Anda.

Misalnya, jika General Motors ingin mulai menjual komputer, mereka akan memiliki kesulitan melepaskan diri dari asosiasi nama mereka. Pastikan Anda menetapkan diri untuk sukses jangka panjang, karena mahal dan memakan waktu untuk mengubah citra.

Seperti yang Anda lihat, pada era semakin digital, nama domain dan website Anda pada dasarnya sama penting—jika tidak lebih—dari toko Anda yang sebenarnya. Pilihlah dengan bijak, dan Anda bisa turbocharge pertumbuhan bisnis baru Anda.