Blog Tips Keren E-Commerce: Mulailah Menjual Produk Online Hari Ini

E-Commerce: Mulailah Menjual Produk Online Hari Ini

Jika Anda baru saja meluncurkan website e-commerce, maka sangat penting untuk mengetahui betapa besarnya usaha ini. Para pedagang cerdas dalam dunia online tentu memahami bahwa ada jutaan faktor yang dapat membangun website e-commerce menjadi sukses. Anda harus bisa mengoptimalkan kinerja website dari segala hal baik dalam memilih partner, desain website, metriksnya, hingga cara Anda memasarkan website tersebut. Untuk membantu menyederhanakan proses penjualan produk online melalui website e-commerce, berikut kami menyajikan informasi penting dalam membangun website e-commerce.

Memilih Partner

Anda harus bisa memilih partner yang tepat untuk website Anda. Partner atau penyedia software e-commerce terbaik harus mampu melacak, mengelola persediaan, memenuhi dan mengirimkan pesan, menjaga database produk, mempertahankan loyalitas, hingga menjalankan sebuah website. Penyedia ini pada dasarnya menarik untuk mengotomatisasi dan melacak bagaimana atau kapan produk Anda terjual di website. Dalam rangka untuk memilih partner yang tepat, fokuslah pada kemudahannya dalam penggunaan, skalabilitas, biaya, dan pihak ketiga. Faktor-faktor tersebut adalah beberapa aspek penting dalam manajemen website e-commerce Anda sehari-hari. Setelah memilih partner software, mereka akan memandu Anda menjalankan proses berikutnya.

Web Hosting

Layanan web hosting dapat menyimpan file-file website Anda pada server dan mengirimkannya ke browser pelanggan Anda. layanan yang terbaik dapat mencegah terjadinya offline, membantu beban situs dengan cepat, dan aman. Ketika memilih penyedia web hosting, penting untuk melihat review dari penyedia web hosting yang tersedia. Pastikan mereka memiliki kinerja yang terbaik sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih.

Desain Website

Bagaimana website Anda terlihat akan berdampak pada pelanggan, apakah mereka akan bertahan di website Anda dan melakukan pembelanjaan atau justru meninggalkan website Anda dan mendatangi website pesaing. Anda harus mengetahui elemen desain e-commerce untuk merangcang pengalaman berbelanja yang fantastis bagi pelanggan. Jika Anda kebingungan memilih desain, cobalah tanyakan pada partner software Anda. Mereka akan membantu menjelaskan desain apa yang berdampak pada penjualan, apakah Anda harus menggunakannya, dan bagaimana cara kerjanya.

Membangun Audiens

Pemasaran konten, pemasaran email, dan bermitra dengan situs-situs lain adalah cara yang sangat baik untuk bertahap membangun website Anda. Sayangnya, tidak semua orang memiliki sumber daya yang cukup untuk melakukannya. Ada beberapa cara jitu untuk memasarkan website e-commerce baru Anda tanpa menghabiskan banyak waktu dan biaya. Taktik ini difokuskan dengan mengarahkan traffic website dalam beberapa minggu pertama. Pilihan seperti Facebook ataupun Google Ads, media lainnya, dukungan influencer, akan membantu Anda membangun audiens di website dengan lebih baik sekalipun Anda masih dalam tahap membangun inventaris website.

Proses Pembayaran

Sekalipun audiens telah melakukan pencarian dan memilih website Anda, bukan berarti mereka akan melakukan pembelian produk. Bahkan, menurut data SalesCycle, 74,5 persen dari mereka meninggalkan website dan tidak melakukan pembelian. Untuk itu, Anda perlu memikirkan apa jenis pembayaran yang akan digunakan? Bagaimana audiens dapat melakukan pembayaran dengan sederhana? Ataupun faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan untuk proses pembayaran.

Kinerja Website

Setelah Anda membangun dan menjalankan website, luangkan waktu untuk mengevaluasi usaha Anda. Sejauh apa website Anda berhasil? Apa saja yang perlu ditingkatkan? Bagaimana membantu pelanggan untuk lebih mudah berbelanja di website Anda? Konversi berbagai faktor tersebut adalah hal paling penting untuk mengukur seberapa efektif website Anda dalam melakukan penjualan online. Partner software Anda harus dapat membantu memonitor berbagai faktor tersebut untuk mengetahui kinerja website.