Content Marketing dan Empat Tips Untuk Mengoptimalkannya
Blog Tips Keren

Content Marketing dan Empat Tips Untuk Mengoptimalkannya

Content marketing sangat berperan penting dalam strategi digital anda. Tetapi kebanyakan perusahaan masih berjuang keras untuk mengetahui apa saja jenis konten yang harus diposting agar bisa meningkatkan peringkat SEO situs mereka. Berikut adalah empat tips bermanfaat tentang bagaimana meningkatkan content marketing bisnis anda :

  1. Membuat sebuah strategi yang baik

Sangat penting untuk memulai sebuah proses content marketing dengan menetapkan apa tujuannya terlebih dahulu dalam pikiran anda. Sebelum memulai memposting sebuah konten, anda sudah harus memikirkan dengan baik mengenai hal-hal berikut antara lain siapa saja yang akan menjadi target anda, seperti apa karakter merek bisnis anda dan apa tujuan dari bisnis yang anda jalankan.

  1. Buat konten yang unik dan menarik

Bisnis anda harus memilki stok konten unik yang kaya yang dapat dibagikan pada berbagai platform social media bisnis anda. Konten yang unik dan menarik dapat berupa gambar dari sebuah event, keseharian, dan suasana pekerjaan dalam bisnis anda. Anda juga bisa memasang brosur perusahaan atau portfolio pekerjaan anda serta testimoni positif dari pelanggan anda sebelumnya. Hal ini akan semakin meyakinkan orang untuk lebih percaya pada bisnis anda.

  1. Selalu konsisten

Apapun platform yang anda gunakan untuk mendapatkan dan memposting suatu konten yang unik, selalu pastikan anda memposting dan melakukan update secara teratur. Hal tersebut sangat penting untuk kepentingan optimasi peringkat SEO bisnis anda, karena mesin pencari akan secara otomatis memberikan peringkat lebih tinggi untuk situs anda apabila anda sering memperbarui situs, blog dan platform social media lainnya dari bisnis anda secara rutin dan teratur. Dengan selalu konsisten, brand awareness orang-orang terhadap bisnis anda pun juga akan meningkat. Selain itu, dengan menjaga konsistensi ini, anda akan dapat selalu menjaga keterlibatan konsumen anda dengan baik karena anda dapat selalu memberikan mereka informasi yang berguna dan up-to-date dengan kebutuhan mereka karena bisnis anda akan kehilangan reputasinya jika anda tidak melakukan proses update ini secara konsisten.

  1. Gunakan tools content marketing yang tepat

Ada banyak sekali tools yang gratis maupun berbayar untuk sistem manajemen konten di luar sana yang dapat anda gunakan sesuai kebutuhan. Mengatur seluruh konten anda di dalam satu tempat khusus akan membuat seluruh proses content marketing menjadi lebih mudah, lebih rapi,  dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga anda. Anda dapat menjadwalkan kapan suatu konten tersebut akan diterbitkan serta melakukan pengelolaan terhadap respon dan notifikasi yang akan anda terima.

Content Marketing Institute pernah mengatakan, “Content marketing adalah pendekatan pemasaran strategis yang berfokus pada menciptakan dan mendistribusikan konten yang valuable, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens yang pada akhirnya akan mendorong mereka menjadi pelanggan yang menguntungkan”. Jadi dengan anda mengikuti tips yang telah kami rangkum di atas semoga akan mendorong penjualan bisnis anda lebih baik ke depannya.