Cara Optimasi SEO On Page dengan Mudah
Blog Tips Keren

Cara Optimasi SEO On Page dengan Mudah

optimasi-seo-on-page

Anda semua mungkin sudah mengetahui apa itu SEO. Umumnya SEO terbagi menjadi dua teknik yaitu On Page SEO dan Off Page SEO. Keduanya sangat penting dan perlu Anda lakukan. On Page SEO adalah optimasi yang dilakukan pada website (di dalam website). Cara terbaik untuk meningkatkan traffic pada blog adalah dari mesin pencari, untuk itu kita harus memahami apa itu SEO dan cara kerjanya. Lalu  bagaimana teknik SEO On Page ? Kami akan membahas selengkapnya pada kesempatan kali ini.

Cara Optimasi SEO On Page

Berikut ini adalah beberapa cara mudah dalam melakukan optimasi SEO On Page.

Tinggalkan URL yang panjang dan Membosankan

URL panjang dengan teks yang tidak diinginkan akan dilewati oleh Google. Jadi, gunakan URL ramah SEO karena ini akan membuat perayapan lebih baik. Menurut penelitian, 3-5 kata pertama di URL diberi bobot lebih. Jadi, buat URL Anda informatif dan singkat. Jangan lupa sertakan kata kunci target, karena membantu tampil lebih baik dan membantu mengurangi tingkat bouncing (Bounce Rate).

Image Optimization (Optimasi Gambar)

Jadikan situs Anda menarik secara visual dengan gambar yang berkualitas. Gambar membantu meningkatkan interaksi pengguna yang berarti orang akan cenderung berhubungan dengan situs Anda. Seiring dengan menggunakan gambar yang menarik, teks alt harus dijaga untuk On Page SEO. Kata kunci yang ditargetkan harus menjadi bagian dari teks alt yang memberi lebih banyak petunjuk untuk mencari mesin dari semua halaman Anda. Sehingga meningkatkan penelusuran organik.

Review-Your-Title-Tags-For-Search-Engine-Optimization-11

Menggunakan Title Tags

Gunakan title tagssebagai tempat pertama untuk meletakkan kata kunci. Kata kunci yang di letakkan di awal judul akan lebih baik dari pada kata kunci yang di letakkan di tengah judul atau belakang judul. Namun, tidak semua harus meletakkan kata kunci di awal judul. Anda dapat meletakkan kata kunci di awal judul apabila kata kunci itu bisa memikat calon pengunjung blog. Apabila menurut Anda judul kurang menarik, maka bisa meletakkan kata kunci di tengah atau belakang judul.

Menulis Meta Deskripsi

Meta deskripsi membantu mendapatkan hasil yang lebih baik untuk SEO On page, karena menyertakan kata kunci terfokus untuk konten Anda. Ini ditunjukkan di bawah judul untuk memberi tahu pengguna lebih banyak tentang konten. Sesuai pedoman google, deskripsi harus dalam 160-170 karakter. Secara intrinsik, meta deskripsi harus singkat, berisi semua kata kunci yang relevan, informatif dan terkait dengan konten.

Keyword Density (Kepadatan Kata Kunci)

Untuk mendapatkan rangking yang bagus di search engine, konten Anda seharusnya SEO friendly. Gunakan kata kunci di 100-150 kata pertama, biarkan Google memahami maksud halaman Anda. Untuk SEO On page, keyword density harus dijaga hingga 2-3%. Jangan berlebihan mengulang dan terlalu sering menggunakan kata kunci hanya untuk robot search engine karena hal ini bisa berdampak negatif. Gunakan kata kunci LSI di setiap postingan Anda agar Google dapat memeriksa relevansi halaman. Jadi, konten harus SEO friendly, unik, mudah dimengerti dan menarik.

Menulis Artikel Panjang dan Berguna

Buatlah artikel yang sedetail mungkin, tapi jangan membuat pembaca Anda bosan untuk membaca artikel dan usahakan membuat kata-kata yang unik agar pembaca suka dengan artikel Anda. Perlu di catat bahwa semakin artikel panjang dan berguna semakin banyak kata kunci yang terkandung dan semakin banyak pula pengunjung yang datang.

Itulah beberapa cara dalam melakukan optimasi SEO On Page. Selain memperhatikan SEO, Anda juga perlu membangun situs yang hebat dengan menggunakan hosting dan domain yang sesuai. Kini, Anda dapat menemukan hosting dan domain terbaik dengan mudah melalui Idwebhost. Di sana, Anda dapat menemukan hosting dan domain yang murah namun tidak murahan. Mereka selalu menjaga kualitas dan kepercayaan pelanggan. Jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan website Anda.