Cara Mudah Membuat Email dengan Domain Sendiri
Blog Tips Keren

Cara Mudah Membuat Email dengan Domain Sendiri

gmail-tips

Di era teknologi yang semakin berkembang sekarang ini, memiliki email dengan nama domain sendiri adalah hal penting. Mengapa demikian? Karena dengan memiliki email dengan domain sendiri maka Anda akan terlihat lebih profesional, terutama untuk keperluan bisnis online.  Sebelum Anda membuat email dengan domain sendiri, Anda perlu memperhatikan beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syarat-Syarat Membuat Email dengan Domain Sendiri

Pada kasus ini, email yang dimaksud menggunakan penyedia akun email dari Gmail. Berikut adalah beberapa syarat yang perlu dipenuhi:

  1. Memiliki Akun Gmail

Memiliki akun Gmail adalah syarat mutlak untuk membuat email dengan domain sendiri. Jika Anda belum memilikinya, segera mendaftar.

  1. Memiliki Akun Hosting

Hosting diperlukan untuk membuat email dengan domain sendiri. Jika Anda belum memiliki hosting, silahkan membelinya di hoster yang terpercaya seperti Idwebhost. Idwebhost adalah layanan hosting termurah dan berpengalaman lebih dari 10 tahun. Banyak sekali fitur-fitur menarik yang dimiliki seperti kecepatan server yang stabil dan aman, layanan pelanggan 24 jam, hingga garansi uang kembali.

  1. Memiliki Domain

Syarat wajib membeli hosting adalah dengan memiliki domain terlebih dahulu. Anda tidak akan bisa membeli hosting jika belum memiliki domain. Melalui Idwebhost, Anda juga bisa membeli domain dengan harga terjangkau dan dapat memilih TLD sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa memiliki domain gratis yang disediakan oleh Idwebhost sesuai paket yang dipilih.

  1. Memiliki Email di cPanel

Syarat lainnya yang wajib dipenuhi adalah harus memiliki email di cPanel. Tapi jika belum punya silahkan buat dulu dengan cara mengakses akun hosting cPanel Anda, kemudian klik email accounts.

1-cara-menambah-domain-login-cpanel

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Setelah keempat syarat di atas sudah benar-benar terpenuhi, maka Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut untuk membuat email dengan domain sendiri.

  1. Pertama-tama Anda harus login ke cPanel terlebih dahulu. Caranya, ketik – http://domainanda.com/cpanel (ganti “domainanda.com” dengan nama domain Anda sendiri).
  2. Cari kolom Email, dan klik menu E-Mail Accounts.
  3. Isi dan lengkapi form halaman tersebut. Form tersebut berisi pertanyaan mengenai email, domain, password, dan mailbox quota.
  • E-mail : silahkan diisi dengan e-mail yang akan dibuat. Misal Anda ingin membuat email dengan alamat tita@domaincontoh.com, isi dengan “tita” saja (tanpa tanda petik).
  • Domain : pilih opsi nama domain yang akan digunakan (jika domain yang ada pada akun hosting tersebut lebih dari satu).
  • Password : isi dengan password dari e-mail account yang ingin dibuat, lalu isikan lagi password yang sama pada isian “Password (Again)”.
  • Mailbox Quota : isi dengan kapasitas email yang dikehendaki. Ini harus disesuaikan dengan total kapasitas account hosting yang Anda miliki.
  1. Klik tombol Create Account.
  1. Selanjutnya, akan muncul halaman berikutnya dengan keterangan “Account Created” yang artinya account email telah berhasil dibuat.
  2. Sebagai tambahan, ada baiknya aktifkan fitur Apache SpamAssassin, tujuannya untuk menangkal email spam yang akan masuk ke akun Anda.
  3. Selanjutnya Anda dapat mengakses e-mail tersebut menggunakan WebMail, Thunderbird, atau Outlook, tergantung pilhan Anda.
  4. Untuk mengakses email menggunakan webmail, silahkan akses ke http://namadomain.com/webmail, lalu masukkan alamat email yg telah dibuat (misal : tita@domaincontoh.com. Harus ditulis lengkap dengan @domaincontoh.com), beserta password yang tadi Anda submit.