Cara Mendaftarkan Nama Domain
Blog Tips Keren Cara Mendaftarkan Nama Domain

Cara Mendaftarkan Nama Domain

Jika kamu memiliki situs web, kamu harus benar-benar serius dalam mendaftarkan nama domainmu sendiri. Kamu juga tidak harus memiliki perusahaan atau organisasi untuk mendaftarkan nama domain, karena setiap individu bisa melakukannya.

Jika kamu adalah pembisnis, buatlah nama domain yang memiliki kredibilitas. Karena presentasi jumlah perusahaan yang sudah memiliki nama domain sangat banyak. Jika nama domainmu menggambarkan tentang namamu, konsumen akan mudah mengingatnya. Bahkan, jika kamu mendapatkan nama yang menggambarkan produk atau layananmu, kamu akan mendapatkan peruntungan.

Jika kamu ingin mendapatkan pengiklan yang baik pada websitemu, pakailah nama domain yang dapat membantu itu. Karena, hal ini cenderung memberikan aura respectibility pada websitemu.

–          Registration Summary

Untuk mendapatkan nama domain kamu perlu mendaftarkan nama yang kamu inginkan melalui registar nama domain. Misalnya, jika kamu memilih nama seperti “example.com”, maka kamu harus pergi ke registar, kemudian membayar biaya pendaftaran sekitar $10-$35. Dengan begitu kamu memiliki hak selama 1 tahun dan kamu harus memperbaharui setiap tahunnya dengan jumlah yang sama.

Beberapa web host akan mendaftar dan membayar untuk nama gratis (biasanya yang komersial), sementara yang lain hanya sebatas membayar biaya registrasi saja. Lebih baik kamu mendaftarkan nama langsung dengan register nama domain daripada melalui web host. Mendaftarkan langsung dengan registar nama domain memungkinkan kamu untuk memastikan bahwa kamu terdaftar sebagai pemilik, sebab itu sangat penting. Contohnya, untuk beberapa pendaftar, persetujuan kontak administrasi ini diperlukan sebelum nama domain ditransfer dari web host. Jika tidak digunakan kamu tidak bisa dihubungi dan kontak teknik tidak bisa digunakan.

Ketika nama domain menghilang cepat, banyak orang yang mengklaim bahwa semua nama domain yang baik akan hilang. Mungkin itu benar mungkin tidak, karena sebagian besar nama domain yang bagus memiliki deskriptif produk dan jasa telah diambil. Jika kamu ingin menggunakna nama domain berdasarkan nama, kami sarankan untuk bertindak segera, karena kamu akan kehilangan nama tersebut cepat atau lambat. Untuk kepemilikkan kamu hanya merogoh kocek 10 US$ dan itu tergolong cukup murah.

–          Langkah Intruksi

Memikirkan nama domain memang agak rumit, untuk itu kamu harus mempersiapkan beberapa kemungkinan. Kamu bisa menemukan beberapa tips memilih nama domain yang bagus.

–          Memenuhi Pandangan

Untuk melakukannya kamu memerlukan sebuah kartu kredit atau rekening PayPal untuk melakukan transaksi domain. Jika kamu sudah memiliki web host, kamu bisa mendapatkan nama server primer dan sekunder. Informasi yang biasanya dapat diperoleh dari FAQ atau dokumentasi lain di situs mereka, berada di bawah kategori seperti “nama domain” atau “DNS” atau “nama domain pengalihan” dan sejenisnya. Jika kamu tidak dapat menemukan email mereka, tentu saja kamu memerlukan informasi untuk menunjuk nama domainmu ke situs web setelah kamu membelinya.

Namun, jika kamu tidak memiliki web host, kamu harus siap atas segala kemungkinan nama domain, yang secara khusus telah diaturnya. Cara ini dapat dengan cepat mengamankan nama domainmu sebelum terlambat untuk mengatur aspek lain dari situsmu. Sejauh ini, sebagian besar pendaftar secara otomatis memarkir domain secara default, jadi kamu tidak perlu melakukan sesuatu hal untuk menyelesaikannya.

–          Daftar Nama Domain Biro

Periu diperhatikan bahwa industry nama domain sangat kompetitif, dengan harga liar yang terus berfluktuasi sepanjang tahun. Untuk itu sangat tidak mungkin untuk menyebutkan harga yang benar-benar akurat.

GoDaddy sangat popular saat ini, sebab menawarkan nama domain .com dengan harga 9,99$ per tahunnya. Selain itu mereka memilik antarmuka web dalam mengelola domainmu. Mereka juga menawarkan domain lain seperti .com, .us, .biz, .info, .net, .org, .ws, .name, .tv, .co.uk, .me.uk dan .org.uk. Nama domain di atas tentu saja memiliki harga yang bervariasi. Untuk melakukan transaksi kamu bisa menggunakan kartu kredit atau PayPal.

1&1 internet juga merupakan registar nama domain, untuk mendaftarkannya kamu akan dikenakan biaya 6,99$ untuk .com, .org, .net, domain .us. untuk info domain lainny kamu membutuhkan biaya 0,99$ di thaun pertama, dan itu sudah termasuk pendaftaran domain pribadi yang bearti keterangan mu tersembunyi dari pandangan public. Kamu juga akan mendapatkan email account gratis, manajemen DNS, forwarding domain, masking, dan website starter dengan setiap domain.

Dotster.com merupakan registar yang cukup popular karena menawarkan harga domain yang murah yaitu 15,75$. Pengelolaannya pun dilakukan dengan antar muka, ada juga fasilitas privasi opsional pada nama domainmu yang terdaftar dalam nama perusahaan proxy, dll. Mereka menawarkan .com, .net, .org, .biz, .info, .us, .ca, Tv, .name, cc, .de, .sr, .md, .co.uk, .us.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa jumlah web host komersial akan memberikan nama domain secara gratis, sebab tidak semua menjadi pendaftar.

–          Kesimpulan

Setelah kamu memutuskan, janganlah menunda-nunda . sudah banyak yang kehilangan nama domain dengan menunda-nunda (walaupun satu hari).