Blog Tips Keren

Cara Memilih Nama Startup Anda

Memilih nama startup adalah salah satu bagian yang paling sulit. Anda harus mampu menemukan nama yang tepat dan sesuai dengan bisnis yang Anda jalani. Kita semua tahu, bahwa hal utama dalam memilih nama startup adalah memilih nama yang benar-benar membangun bisnis kita di depan para audiens. Berikut adalah 3 langkah utama yang dapat dilakukan dalam memilih nama startup.

  1. Jika Anda Bisa, Gunakan 2 Suku Kata

Seringkali sebuah aturan menjadi hal terbaik saat melakukan proses kreatif, misalnya saat memilih nama startup. Salah satu aturan terbaik yang pernah ditemukan dalam penamaan startup adalah mencoba untuk tetap menggunakan 2 suku kata. Banyak sekali co-founder dan pebisnis lain yang menggunakan aturan ini. Umumnya, memiliki 2 suku kata dalam nama startup memiliki hasil maksimal. Lihat saja beberapa contoh dari nama startup dengan 2 suku kata seperti Google, Twitter, Facebook, Dropbox, Foursquare, Pocket, Tumblr, Flickr, HipChat, Sparrow, Tweetbot, hingga Reeder.

Semua nama di atas adalah startups yang besar. Selalu ada pengecualian untuk aturan apapun, tetapi kami merasa jauh lebih baik dengan banyaknya startups sukses yang memiliki nama dengan 2 suku kata daripada nama yang lebih dari 2 suku kata. Ada beberapa nama dengan suku kata tunggal yang cukup sukses seperti Path, Square, Box. Sayangnya, hal tersebut cukup sulit ditemukan.

  1. Memudahkan Untuk Diri Sendiri

Kami menyarankan untuk lebih cerdas dalam memilih nama startups Anda. Cobalah untuk menggabungkan kata-kata dengan lebih kreatif dan memiliki sesuatu yang benar-benar menarik serta terdengar hebat. Jika Anda tidak ingin memiliki nama startups yang di luar perkiraan, maka Anda dapat menggunakan “kata-kata nyata” yang menggambarkan layanan atau fitur kunci dari startups Anda. Kami menyarankan menggunakan kata nyata karena beberapa alasan seperti:

–          Anda lebih mungkin membicarakan kata-kata nyata yang biasa digunakan tanpa mengalami kebingungan. Tentu akan menjadi hal yang tidak menyenangkan jika Anda harus menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk memperjelas nama startups Anda pada semua orang.

–          Ini akan jauh lebih mudah untuk tetap pada aturan menggunakan 2 suku kata jika Anda menggunakan kata yang nyata daripada menggabungkan kata-kata untuk membuat yang baru.

  1. Nama Domain Tidak Masalah

Kami melihat, ada banyak pendiri startups yang membatasi diri dengan nama domain. Satu hal yang kami pelajari dalam memilih nama startups adalah bahwa nama domain tidak berpengaruh sama sekali. Nama startups itu sendiri akan jauh lebih penting dan tidak perlu memiliki nama yang sama dengan nama domain yang sudah dimiliki. Pilihlah nama yang terbaik meskipun berbeda dari nama domain Anda. Bagian yang paling menarik adalah bahwa memiliki nama domain yang cocok tidak berarti bahwa Anda akan berhasil dengan startup Anda.

Beberapa startups yang sukses bahkan memiliki nama domain sementara atau nama domain yang berbeda dengan startups mereka seperti:

–          Square dengan nama domain squareup.com

–          DropBox dengan nama domain getdropbox.com

–          Facebook dengan nama domain thefacebook.com

–          Instagram dengan nama domain Instagr.am

–          Twitter dengan nama domain twttr.com

–          Foursquare dengan nama domain playfoursquare.com

–          Basecamp dengan nama domain basecamphq.com

–          Pocket dengan nama domain getpocket.com

–          Bitly dengan nama domain bit.ly

–          Delicious dengan nama domain del.icio.us

–          Freckle dengan nama domain letsfreckle.com

Memilih nama startups yang besar tidak perlu terbatasi dengan nama domain. Banyak startups yang benar-benar tidak peduli dengan nama domain mereka. Hal terpenting adalah fokus membangun startups dengan nama yang terbaik.