Cara Memilih Nama Domain yang Sempurna Untuk Bisnis Startup-mu
Blog Tips Keren Cara Memilih Nama Domain yang Sempurna Untuk Bisnis Startup-mu

Cara Memilih Nama Domain yang Sempurna Untuk Bisnis Startup-mu

Kesulitan dalam mencari nama domain untuk perusahaan besar merupakan hal wajar. Bahkan, hal ini sering membuat orang kelelahan dan frustasi. Sampai akhirnya kehilangan rasa percaya diri karena kemampuan dalam memilih nama domain sangat buruk. Namun, tidak ada salahnya kamu meminta bantuan dan pendapat orang lain, tapi ini bukan jaminan untuk dapat menemukan nama domain yang sempurna.

Kali ini kami akan mengulas sebuah metode yang pernah kami kembangkan selama bertahun-tahun untuk menghindari kebingungan saat memilih nama domain untuk bisnis.

  1. Langkah 1 – Tahu Cara Membuat Nama yang Baik

Kebanyakan orang sudah mengetahuinya secara intuitif, sehingga kamu tidak akan memilih nama yang memiliki banyak detail. Kami akan memberikan sebuah panduan yang mengagumkan.

  1. Langkah 2 – Brainstroam dan Buatlah Daftar Nama

Setelah kamu yakin pada nama domain pilihan, maka kamu perlu memikirkan beberapa keyword. Kamu harus benar-benar memikirkannya, untuk mendapat nama domain yang terbaik.

Huge Time Server – Bust – A – Name

Buka ­bust-a-name (merupakan alat terbaik untuk mekakukan brainstorming nama domain) dan keywrod. Sebagai contoh, kami akan menggunakan StartupBros. Alasan menggunakan metode ini bukan untuk menetapkan nama saja. Daftarnya akan terlihat seperti ini:

­bust-a-name

Seperti yang bisa dilihat, alat tersebut memeriksa semua kemungkinan kombinasi dari keyword yang kamu masukkan dalam nama domain yang tersedia. Meskipun proses penamaan baru dimulai, jangan lupa kamu simpan baik-baik dari awal. Seperti, SmartIncomeLabs, StartupIncome, dan IncomeBros merupakan nama yang layak.

Add ke Daftar Keyword

Setelah memiliki beberapa keyword, jangan berhenti di situ. Perluas ide-ide dengan menggunakan sinonim/ keyword yang sama. Bust-a-name memiliki fitur yang dapat membantumu dalam hal ini.

Add ke Daftar Keyword

Gunakan juga LeanDomainSearch pada titik ini untuk memperluas ide-ide.

LeanDomainSearch

Keduanya merupakan situs yang selama ini kami gunakan. Tapi, terkadang kami juga menggunakan Thesaurus, yang semakin hari semakin langka. Pada titik ini, kamu harus memiliki jumlah yang cukup untuk melakukan kombinasi nama.

  1. Langkah 3 – Persempit Ke Bawah untuk Menemukan Nama yang Layak

Coba hindari godaan pada tahap ini, agar tidak mudah tergoda. Setiap nama startup pasti memiliki pro dan kontra. Dengan bust-a-name kamu dapat menghemat waktu ketika akan melakukan kombinasi nama domain. Cobalah untuk menelusuri mana yang kamu sukai.

Biasanya akan ada lebih dari 500 nama yang akan dilalui. Bisa jadi kamu akan berakhir di dalamnya. Sebanyak 90% nama-nama di bust-a-name mendulang emas di dalamnya. Tidak ada proses yang nyata dalam tahap ini. Untuk mempersingkat waktu, cobalah menemukan 25 nama yang menurutmu layak.

  1. Langkah 4 – Search Out yang Sempurna

Ini pengujian yang menarik bagi kami! Tampaknya semua orang harus berfikiran sama, bahwa ide nama domain bisa datang dari teman atau keluarga, jadi jangan putus asa.

Tanyakan ke Audiens

Kami menyukai pengujian nama domain dengan A/ B, sebab dapat dengan mudah mencari tahu berapa banyak target yang memberikan nilai positif dengan nama domainnya. Ada 3 langkah validasi:

–          Head ke unbounce (kamu bisa gunakan LeadPage sebagai rekomendasi ini), kemudian daftarkan ke akun Free Trial.

–          Buat landing page yang sama di setiap nama, sehingga kamu dapat menduplikasi page pertamamu di unbounce.

–          Cepat membuat logo nama domain dengan creatr.cc dan menempatkannya di setiap landing page. (Jangan lupa untuk mempublikasinnya, jika sudah selesai)!.

–          Jalankan traffic ke landing page-mu.

Landing page-mu harus terlihat seperti ini

Landing page

Pastikan traffic-mu berjalan sesuai pada page yang ditargetkan. Kami merekomendasikan iklan melalui Facebook.

  1. Langkah 5 – Dominasi

Setelah beberapa tahap, kamu bisa menghasilkan uang hingga 50-100$, dan kamu akan berakhir di unbounce.

incomelabs name test

Seperti yang kamu lihat bahwa nama startupBros telah melakukan ide baik sebesar 13% melalui IncomeLabs. Apakah segala sesuatu yang kita lakukan di stratupBros akan tumbuh sebanyak 13% dengan cepat daripada kita melakukannya di bawah IncomeLabs? Yang pasti, target pasar kamu merespon dengan baik nama stratupBros lebih dari nama kita, itulah sebabnya kami memilihnya.

Lets Trying!

Baca Terkait: Tantangan Memilih Nama Domain untuk Startup