Cara Membuat Blog di WordPress dengan Mudah
Blog Tips Keren Cara Membuat Blog di WordPress dengan Mudah

Cara Membuat Blog di WordPress dengan Mudah

wordpress-logo

Membuat blog adalah salah satu cara yang efektif untuk kita menyalurkan ide atau pengetahuan kepada khalayak umum. Selain itu, ternyata blog juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari internet. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, banyak sekali platform blog  yang bisa kita manfaatkan untuk membuat blog secara gratis. Salah satunya yaitu menggunakan WordPress.

WordPress adalah sebuah software yang bisa Anda gunakan untuk membuat blog, baik blog pribadi, situs portal berita atau bahkan toko online sekalipun. WordPress adalah platform yang cukup populer digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam membuat blog. Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara membuat blog menggunakan WordPress dengan mudah dan gratis.

Cara Membuat Blog dengan WordPress

1. Langkah pertama adalah membuka situs WordPress, klik atau buka URL ini di browser Anda id.wordpress.com

2. Setelah halaman WordPress terbuka, silahkan masukkan alamat web yang Anda inginkan, misalnya BlogPersonalku.wordpress.com. Lalu klik tombol “Buat Situs Web”.

3. Akan muncul halaman baru. Pada halaman ini, Anda akan diminta mengisi kolom-kolom, seperti alamat email, nama pengguna (untuk login), password, dan alamat blog.

  • Alamat email: isi dengan alamat email Anda
  • Nama pengguna: Gunakan nama Anda atau variasi nama Anda (misalnya: tita92), ini untuk user name ketika login ke dashboard WP
  • Password: isi dengan password yang kuat dan mudah diingat
  • Pastikan alamat blog: cek ulang alamat untuk blog Anda, misalnya “BlogPersonalku.wordpress.com”
  • Jangan lupa klik link yang bertuliskan “akan menggunakan alamat yang gratis”
  • Setelah semua kolom telah diisi, klik tombol “Buat Blog” yang ada di bagian bawah.

4. Pihak WordPress akan mengirimkan link untuk verifikasi ke email Anda. Buka email Anda, temukan email dari wordpress.com dan klik link di dalam email tersebut.

5. Setelah melakukan verifikasi dengan cara yang dijelaskan pada langkah 4 di atas (klik link verifikasi), nanti akan terbuka tab baru di browser dan Anda akan melihat halaman dashboard WordPress milik Anda.

Langkah selanjutnya Anda mungkin ingin membuat sebuah logo atau favicon untuk blog yang baru Anda buat. Untuk membantu membuat logo dan favicon, Anda bisa menggunakan online logo maker seperti Logaster. Buka website Logaster dan Anda bisa membuat Logo terbaik untuk blog baru Anda.

Pengaturan di Blog WordPress

Sampai langkah 5 di atas sebenarnya Anda sudah punya blog WordPress. Anda bisa melihat tampilan blog dengan mengetikkan nama blog Anda di browser. Namun, mungkin Anda merasa tidak cocok dengan tampilan default dari WordPress. Anda bisa mulai melakukan beberapa settingan pada blog WP anda, misalnya membuat judul blog, membuat tag line atau deskripsi singkat, mengganti themes, memasang widget dan lain-lain.

Pengaturan Blog WP

Untuk membuat pengaturan di blog WordPress, Anda bisa melakukannya di dalam dashboard WP Anda dengan membuka tombol link “Pengaturan“. Pada bagian pengaturan terdapat sub-sub kategori pengaturan yang dapat di edit. Yang paling penting pada bagian ini adalah pengaturan; umum, menulis, membaca, diskusi,  Berikut ini penjelasan singkatnya:

  • Umum: Pada bagian ini Anda bisa mengganti judul blog dengan judul yang sesuai dengan keinginan, dan juga menambahkan tagline untuk blog. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa pengaturan lainnya di halaman ini, misalnya menambahkan ikon untuk blog, mengganti format tanggal dan waktu. Jangan lupa untuk menyimpan perubahaan yang Anda lakukan.
  • Menulis: Pada bagian ini Anda bisa membuat pengaturan tulisan, memilih kategori tulisan standar.
  • Membaca: Di sini Anda bisa mengatur tulisan yang ditampilkan pada halaman utama blog. Anda bisa membuat halaman statis ataupun dinamis, tapi saran kami karena ini adalah blog maka akan lebih baik bila Anda menampikan halaman dinamis. Pada halaman ini Anda juga bisa menentukan jumlah artikel yang tampil di halaman utama, dan lain-lain. Bila Anda tidak menginginkan hal khusus, biarkan saja settingan di halaman ini secara default.
  • Diskusi : Di sini Anda bisa mengatur bagaimana orang lain dapat berkomentar di blog Anda. Jika Anda tidak menginginkan hal yang khusus, sebaiknya biarkan saja settingan default pada halaman ini.