Cara Membangun Website Secara Gratis
Blog Tips Keren Cara Membangun Website Secara Gratis

Cara Membangun Website Secara Gratis

9c6dcf7a46bcbd2dd5d9ee50db49d023

Bisnis online adalah salah satu jalur termudah untuk berwirausaha dengan biaya awal yang paling rendah. Hal yang lebih baik lagi, bisnis online atau ecommerce menawarkan potensi pengembalian investasi yang sangat tinggi, margin keuntungan yang tinggi, dan kemampuan untuk hidup dan bekerja dimanapun. Menurut pengamat industri eMarketer, belanja melalui ecommerce mencapai hampir $2 triliun pada tahun 2016 di seluruh dunia. Ini mewakili sekitar 8,7 persen dari total belanja retail. Seperti yang Anda lihat, masih banyak ruang bagi pengusaha untuk masuk dalam bisnis online di internet.

Jika Anda ingin memulai bisnis online, tentu saja Anda perlu membuat sebuah website. Ini akan menjadi tempat Anda memasarkan bisnis dan produk di internet. Bagaimana Anda berkomunikasi dengan prospek Anda? Bagaimana Anda meyakinkan mereka untuk menjadi pelanggan? Ini adalah dasar untuk semua upaya pemasaran online dan tidak masalah jika Anda menggunakan pemasaran email, iklan berbayar, pemasaran sosial media, atau apapun. Website juga bisa menjadi etalase online agar Anda dapat menawarkan produk fisik atau informasi produk untuk dijual. Anda memerlukan situs web untuk memastikan bahwa pengunjung dapat menemukan bisnis Anda di hasil pencarian.

Buat Website Anda Secara Gratis

Hal yang terbaik adalah Anda dapat membuat situs web yang mampu melakukan semua pekerjaan yang dibutuhkan tanpa harus menyewa perancang web, yang bisa sangat mahal. Sebenarnya, Anda bisa membuat website sendiri yang disesuaikan secara gratis. Anda juga tidak perlu menjadi seorang programmer untuk melakukannya. Ada banyak program yang sering disebut software pembuat situs atau content management systems (CMS) yang memungkinkan seseorang mampu membuat, memperbarui, dan memelihara website. Program gratis ini memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan dan nuansa website, selain itu Anda akan menjadi unik dan bisnis Anda lebih menonjol. Sekarang mari kita mulai membangun website Anda.

Memiliih Program Pembangun Website

Langkah pertama adalah memilih program membangun website gratis yang tepat. Hal utama yang harus dicari adalah program harus mendukung tujuan bisnis Anda. Selanjutnya, Anda dapat memilih salah satu alat desain web gratis seperti WordPress. WordPress adalah alat yang serbaguna karena bisa disesuaikan untuk merampingkan bisnis online Anda. Selain itu, ada banyak sumber untuk membuat website gratis lainnya. Masing-masing memiliki interface yang unik untuk mengatur semua elemen website Anda. Diantaranya meliputi webs.com, weebly.com, dan websitebuilder.com. Solusi ini juga menawarkan hosting gratis yang memungkinkan website Anda untuk “live” secara online. Anda hanya perlu untuk mendaftar dan membuat akun disana.

Memilih Domain

Setelah Anda menentukan CMS yang digunakan, saatnya menyiapkan alamat web. Alamat web atau nama domain harus menarik perhatian, mudah diingat, dan berhubungan dengan bisnis Anda. Setelah Anda memilih nama yang tepat, cobalah untuk mendaftarkannya. Dengan menggunakan program gratis, biasanya Anda sudah mendapatkan nama domain sesuai URL. Anda kemudian dapat mendaftarkan domain berbayar jika Anda ingin mengubahnya.

Desain, Tweak, Dan Buat Halaman Website Anda

Untungnya, dengan menggunakan CMS, Anda tidak harus menyelesaikan tata letak, warna, atau font default sendiri. Ada template yang dapat digunakan untuk mengubah tampilan website secara radikal dan membuatnya unik, serta cara men-tweak halaman dengan cara yang lebih halus. Pada setiap program pembangun website, biasanya ada puluhan template yang tersedia. Buatlah desain, tweak dan halaman website yang mampu menarik perhatian pengunjung. Untuk memastikan bahwa mesin pencari memperhatikan website, Anda juga harus menambahkan konten secara teratur. Anda mungkin cukup kebingungan tetapi Anda bisa melakukannya selangkah demi selangkah. Dengan begitu Anda dapat memiliki website yang efektif dan mampu memperoleh banyak traffic serta keterlibatan.

Membangun website dapat menjadi hal yang menyenangkan dan mudah.