Cara Hosting Mempengaruhi Kecepatan Memuat Laman
Blog Tips Keren Cara Hosting Mempengaruhi Kecepatan Memuat Laman

Cara Hosting Mempengaruhi Kecepatan Memuat Laman

Dunia tampaknya telah tumbuh menjadi ruang di mana semua orang menginginkan segalanya secara instan. Tidak ada yang mau menghabiskan waktu mereka menunggu situs web dan memuat dengan loading page yang lama sendiri. Kecepatan loading page website seperti laman web yang dimuat dengan cepat berkinerja baik di semua lini. Lebih banyak keterlibatan, konversi, dan pengalaman pengguna yang lebih tinggi. Yang terpenting, Google juga menambahkan kecepatan memuat halaman ke ranking algoritma dan saat ini kriteria tersebut ternyata merupakan kata kunci di dunia SEO.

Meskipun algoritma Google ini telah ada selama hampir setengah dekade, saat ini ada banyak saran yang tidak lengkap atau tidak akurat terkait dengan kecepatan halaman. Banyak ahli percaya bahwa web hosting adalah salah satu aspek yang paling diabaikan terkait dengan kecepatan loading page. Cari tahu terus-menerus untuk mengetahui dampak dari web hosting pada kecepatan loading page.

Salah satu elemen penting saat Anda ingin membangun sebuah website adalah hosting. Sebuah website tidak akan bisa berjalan karena tidak memiliki hosting. Hosting adalah tempat di mana Anda menyimpan semua sumber daya dan data yang ada di website. Walaupun demikian, ternyata masih banyak orang yang menganggap bahwa berurusan dengan hosting dan segala hal yang berkaitan dengannya adalah hal yang merepotkan.

Padahal, memilih penyedia hosting yang tepat akan sangat menentukan dalam kesuksesan sebuah website di masa depan. Dan salah satu hal yang menentukan kesuksesan sebuah website adalah kecepatan loading yang dimilikinya. Ya, karena bagaimanapun, kecepatan website sangat berpengaruh pada peringkat website di mesin pencari.

Mengapa Website Membutuhkan Hosting?

Cara Hosting Mempengaruhi Kecepatan Loading Page

Secara garis besar, Anda membutuhkan jasa web hosting karena inilah satu-satunya cara agar website bisa dipublikasikan secara online dan dapat ditemukan semua orang. Hosting akan membuat website Anda dapat diakses dari seluruh dunia.

Kecepatan adalah salah satu isu utama yang ada di dunia website. Bagaimana tidak, kecepatan memiliki pengaruh bagi user experience pengunjung ketika datang ke website Anda. Apakah mereka akan tetap bertahan lama di website Anda, atau bahkan langsung menutup browser setelah secara sekilas masuk ke halaman beranda.

Google sendiri pernah mengadakan penelitian mengungkapkan, bahwa trend pengguna meninggalkan halaman landing page sampai 90% jika waktu loading mencapai lebih dari waktu 5 detik. Apalagi kini, banyak orang yang melakukan aktivitas browsing dari perangkat mobile. Google sendiri telah lama memasukkan kecepatan website sebagai faktor dalam algoritma pencarian.

Kecepatan Loading Page

Dampak di Dunia Nyata

Keuntungan untuk meningkatkan kecepatan pemuatan halaman seringkali dilebih-lebihkan, namun ada beberapa manfaat mempercepat memuat halaman web Sahabat IDwebhost.

UX

Cara Hosting Mempengaruhi Kecepatan Loading Page

Dampak bahwa aspek kecepatan memuat laman ini terhadap pengguna mungkin jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan dampak peringkat Googlenya. Beberapa penelitian telah mendokumentasikan dampaknya terhadap pengalaman pengguna dan menunjukkan bahwa kecepatan memuat yang lambat menyebabkan tingkat konversi berkurang terutama dalam kasus situs e-commerce. Peningkatan dalam tingkat konversi mungkin penting bagi pengecer besar, namun situs dengan traffic yang kurang akan mengalami penurunan keuntungan material.

SEO

Kecepatan memuat laman di situs web Anda dapat memengaruhi peringkat Google karena sebagian hal ini adalah bagian dari mesin pencari secara pembaruan algoritme Google saat ini. Namun, tidak begitu jelas untuk sejauh mana faktor ini dianggap sebagai kriteria peringkat dalam optimasi mesin pencari.

Hal yang Membuat Web host menjadi Hal yang Vital?

Saat pengguna menelusuri situs dan mencoba memuat halaman, ia harus menjalankan program dan mengakses file dari server web (komputer jarak jauh). Jika server web itu cukup cepat, halaman web yang ingin Anda akses juga akan memuat dengan cepat. Tiga tugas utama yang harus diselesaikan komputer adalah jalankan kode, jalankan query database dan sajikan file.

Alasan Beberapa Unsur Paket Hosting Berdampak Terhadap Kecepatan

Bagaimana Anda memilih paket hosting yang membantu meningkatkan kecepatan memuat halaman situs Anda? Faktor-faktor yang berkontribusi pada paket hosting cepat akan sama dengan yang membuat komputer Anda bekerja lebih cepat.

Hard Drive Cepat: Bila dibandingkan dengan hard disk standar, solid state drive mampu memuat file lebih cepat sehingga menghasilkan kinerja yang lebih cepat.

Sumber Daya Terpadu: Ini adalah faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan saat memilih paket hosting karena dapat mencegah situs lain memanfaatkan sumber daya situs Anda seperti memori dan prosesor. Jadi, memilih dedicated server atau VPS daripada memilih rencana bersama dapat memiliki dampak besar pada kecepatan beban.

Sumber Daya Lokal: Menjaga sumber daya Anda di server web secara langsung dapat meningkatkan kinerja karena server lain tidak memilikinya sama dengan shared hosting.

Sumber Daya Lainnya: Memori dan daya pemrosesan lebih banyak menyiratkan bahwa server Anda dapat melakukan eksekusi permintaan lebih cepat. Sebuah dedicated server akan menawarkan sumber daya yang jauh lebih banyak.

Upgrade Bisa Mempercepat Hosting untuk Meningkatkan Kecepatan Loading Page

Cara Hosting Mempengaruhi Kecepatan Loading Page

Mengupgrade rencana hosting Anda dapat memiliki dampak positif yang sangat besar pada kecepatan pemuatan halaman situs web Anda, terutama untuk situs sumber intensif. Padahal, dampaknya lebih kecil jika situs Anda kurang sumber daya intensif atau sudah di hosting yang relatif cepat.

Upgrade paket hosting Anda juga dapat menyebabkan peningkatan kecepatan yang cukup jika situs Anda loading secara perlahan karena beberapa pengguna browsing situs pada saat bersamaan.

Jika Anda mencoba mengoptimalkan situs untuk meningkatkan kecepatan memuat halaman, pengoptimalan kode bukanlah satu-satunya solusi. Jangan lupa untuk mengecek ulang apakah paket hosting Anda memerlukan upgrade untuk lebih meningkatkan kinerjanya.

Menggunakan layanan CDN (Content Distribution Network) juga bisa sangat membantu dalam mempercepat portal e-commerce dan situs web yang memiliki kaya akan grafis kaya, dan gambar yang berat, maka sebaliknya secara drastis menghambat kinerja dan waktu memuatnya.

Jika Anda butuh info soal webhost murah dan lengkap bisa dilihat sekarang juga!

Penutup

Selain pemilihan hosting yan tepat, ada beberapa hal lain yang membuat website Anda menjadi lebih ringan. Beberapa hal tersebut antara lain, seperti pemiliha tema website yang ringan, optimasi ukuran gambar, dan menggunakan widget sepenuhnya.

Selain itu, pastikan juga untuk melakukan pembaruan content management system secara berkala. Beberapa mungkin akan mengabaikannya karena dianggap tidak penting. Hingga akhirnya website terasa lambat. Juga, jangal lupa untuk selalu mengaktifkan caching. Dengan caching, website atau blog tidak perlu mengambil data dari server secara berulang untuk menampilkan halaman yang sama sehingga kecepatan loading page tetap stabil.

Mau punya website yang cepat dan bisa diandalkan? Tunggu apalagi, ayo berlangganan hosting murah terbaik IDwebhost.