Bingung Perbedaan Antara Cloud Computing dan Web Hosting? Baca ini !
Blog Tips Keren

Bingung Perbedaan Antara Cloud Computing dan Web Hosting? Baca ini !

Mungkin kamu adalah salah satu diantara orang-orang yang masih bingung dengan perbedaan web hosting dan cloud computing, mungkin sekilas terdengar mirip, tapi dua nama tersebut benar-benar berbeda, nah agar kamu tidak ‘’ketinggalan jaman’’ tentang istilah web hosting dan cloud computing ini, artikel ini akan memberikan kamu jawabannya

Sebenarnya apa sih web hosting itu?

Web hosting adalah bisnis penyediaan ruang server, layanan web dan pemeliharaan file untuk situs yang dikendalikan oleh perusahaan atau individu yang tidak memiliki server web mereka sendiri.

Ini dia 4 Jenis Web Hosting

  1. Shared Hosting / virtual hosting

Hosting ini adalah jenis aplikasi-upload ke server yang kemudian dibagi dengan pelanggan lain yang juga menggunakan web host ini. Web host juga memiliki peralatan dan server, mereka memiliki teknisi yang memantau dan mengelola server.

  1. Dedicated hosting

Hosting ini adalah jenis hosting khusus. Hosting ini jauh lebih canggih dan jenis hosting yangpaling populer. Dengan dedicated hosting, kamu bisa menyewa seluruh server untuk kamu pakai sendiri, kamu juga akan mendapatkan akses ke semua sumber daya penyedia web host untuk menjadi tuan rumah satu atau lebih situs.

  1. Akar server hosting hosting

ini adalah hosting dengan bentuk dedicated hosting. Akar server hosting memberikan konektivitas internet terganggu. Kamu juga dapat memilih spesifikasi perangkat keras dan sistem operasi yang paling cocok dengan kebutuhan mu sendiri

  1. Reseller

Nah, ini dia jenis hosting terbaik untuk kamu para pengusaha dan pebisnis yang ingin menjadi tuan rumah atas nama klien kamu sendiri. Dengan hosting ini kamu bisa memiliki kontrak dengan penyedia web hosting dan kemudian menjual jasa mereka di bawah merek milikmu sendiri.

Dan apa sih, cloud computing itu?

Cloud computing adalah jenis komputasi yang mengandalkan berbagi sumber daya komputasi daripada harus server lokal atau perangkat pribadi untuk menangani aplikasi.

Seperti web hosting, ada juga berbagai jenis komputasi awan dan ini adalah yang paling umum:

  1. Software as a Service (SaaS)

SaaS adalah cloud computing yang paling populer, karena dari cloud computing ini kamu akan mendapatkan semua fungsi dari aplikasi tradisional yang rumit. Tapi bukannya memanfaatkan aplikasi terinstal secara lokal, fungsi-fungsi ini dapat kamu temukan melalui web browser.

  1. Platform

sebagai salah satu jenis service dari cloud computing, cloud computing akan menyediakan server virtual di mana kamu dapat menjalankan aplikasi yang ada atau mengembangkan yang baru tanpa khawatir tentang pemeliharaan sistem operasi, hardware server, kapasitas komputasi atau load balancing.

  1. Infrastruktur

sebagai bentuk service cloud computing yang menyediakan virtualisasi server, jaringan, penyimpanan dan sistem perangkat lunak yang dirancang untuk menambah atau mengganti fungsi dari sebuah pusat data seluruh.

Jadi, intinya Web hosting dan komputasi awan keduanya punya kelebihan dan beberapa kelemahan tersendiri.

Jenis web hosting dedicated hosting adalah hosting yang paling terkenal, kamu dapat menjadi Seorang administrator web dedicated yang memiliki lebih banyak kontrol atas dedicated server. Hal ini membuat server lebih aman dibandingkan dengan server bersama. Selain ini, dedicated hosting lebih handal karena kamu dapat menjadi administrator server mandiri dan dapat mengoptimalkan beban halaman dengan mengutak-atik variabel seperti kecepatan buka halaman dan alokasi server yang umum.

Kerugian dari web hosting adalah bahwa kamu wajib untuk memantau, menginstal, upgrade dan mengkonfigurasi program, menambahkan situs berurusan dengan hacks potensial, dan memecahkan masalah sistem. Oleh karena itu, dan jika kamu memiliki kebutuhan untuk bisnis maka kamu harus memiliki seorang karyawan (mungkin lebih dari satu karyawan) untuk memiliki keterampilan sistem administrasi yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan sebuah situs web yang di-host di dedicated web server.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa bisnis telah memanfaatkan cloud computing. Salah satu manfaat dari cloud computing adalah bahwa ketika informasi perusahaan disimpan di “awan” mereka mampu mengurangi mereka atas-semua biaya. Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa, perusahaan-perusahaan besar waspada komputasi awan. Ada kurangnya kepercayaan antara perusahaan-perusahaan ini dan penyedia penyimpanan. Bahkan jika beberapa perusahaan percaya penyedia penyimpanan mereka, mereka masih memiliki masalah keamanan. Kebanyakan perusahaan besar yang ragu-ragu atau tidak mau membiarkan data sensitif mereka untuk diletakkan di “awan.” Selalu ada kemungkinan hacker dapat mencuri data-data tersebut. dan Selain itu, jika penyedia penyimpanan menutup situs mereka, maka akan sangat sulit untuk mengambil data perusahaan.

Jadi, mana yang lebih baik untuk bisnis mu? Web hosting atau cloud computing? Hal ini tergantung pada pilihan prioritas mu sendiri!

Jika prioritas mu adalah untuk meminimalkan biaya operasional, cloud computing sepertinya tepat untuk dijadikan pilihan. Namun, jika kamu mengiinginkan keamanan yang lebih untuk data sensitif milikmu maka, web hosting adalah pilihan yang lebih baik. Jadi apapun keputusan yang telah kamu buat. Kamu harus selalu ingat bahwa kamu harus benar-benar memilih sesuatu yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jadi sudah yakin mau pakai yang mana?