Besarkah Pengaruh Iklan Instagram Mengurangi Organic Reach?
Blog Tips Keren

Besarkah Pengaruh Iklan Instagram Mengurangi Organic Reach?

instagram

Instagram telah menjadi salah satu aplikasi media sosial paling populer, dengan lebih dari 400 juta pengguna aktif bulanan dan 80 juta foto yang diunggah setiap harinya. Instagram kini membuat gebrakan baru dengan membuka iklan untuk setiap perusahaan; melalui self-service advertising platform yang secara drastis bisa mengurangi biaya bagi pengiklan.

Iklan Instagram muncul di samping konten organik. CTR disebut-sebut dua kali lipat dari Facebook. Tetapi apakah ekspansi iklan ini akan mengorbankan jangkauan organik yang telah dibangun di Instagram?

Tingkat keterlibatan turun?

Sebuah penelitian terbaru dari Locowise, sebuah platform analisis media sosial, menemukan bahwa keterlibatan dan pertumbuhan follower di Instagram mencapai puncaknya pada bulan April 2015 sebelum jatuh ke tingkat terendah sampai saat ini pada bulan 2015. Hal ini membuat beberapa analis percaya bahwa jangkauan organik dibatasi oleh iklan.

Tapi itu mungkin tidak sepenuhnya benar. Bagaimanapun, iklan yang terintegrasi pada Instagram memiliki pengaruh. Iklan tetap menjadi satu-satunya cara untuk memberikan link (yang dapat diklik) pada post, dan tampil hampir satu layar penuh.

Meskipun Instagram telah menggunakan iklan, satu hal yang tidak berubah adalah fitur tanpa filter dari newsfeed. Di mana Facebook mengutamakan dan mengkurasi apa yang menentukan pengalaman optimal, Instagram tetap mempertahankan feed langsung posting terbaru dari orang yang Anda follow. Hal ini jelas sangat penting untuk brand, karena itu hampir pasti bisa menjangkau pengguna Instagram aktif jika mereka posting secara teratur.

Hal lain yang perlu diperhatikan bahwa Instagram bisa menjadi platform yang tenang untuk keterlibatan, pengguna cenderung lebih “like” konten daripada berkomentar. Bahkan hampir 98 persen dari keterlibatan di Instagram adalah likes. Jadi, membangun metrik keterlibatan yang lebih tinggi pada Instagram seperti komentar dan regrams (repost dan shares) tidaklah begitu penting.

Jadi apakah iklan pada Instagram akan menjadi menonjol di 2016 ini? Ya. Tapi apakah itu berarti adalah akhir dari jangkauan organik Instagram? Mungkin tidak.

Untuk sukses di Instagram, perusahaan harus bekerja keras untuk menumbuhkan jumlah follower dengan mengupload setidaknya lebih dari 5 foto per hari dan terus berinvestasi di konten visual yang menarik. Perusahaan juga harus bereksperimen dengan video singkat, untuk menarik perhatian pengguna. Perusahaan yang melakukan upaya-upaya ini mungkin akan mendapatkan keuntungan berupa tingkat keterlibatan yang lebih tinggi, baik dengan atau tanpa iklan.