Begini Memilih Nama Domain untuk Keuntungan Toko Onlinemu
Blog Tips Keren Begini Memilih Nama Domain untuk Keuntungan Toko Onlinemu

Begini Memilih Nama Domain untuk Keuntungan Toko Onlinemu

Banyak yang harus dipertimbangkan dalam memilih nama domain. Nama domian harus singkat, relevan, mudah diingat, dan mudah dikatakan. Jangan pernah mempersulit pelanggan ketika mencari alamat websitemu.

Jika kamu sudah memiliki nama domain, kami sarankan untuk berfikir dua kali sebelum mengubahnya. Sedangkan jika kamu membuat dari awal, pastikan kamu memilih nama domain yang tepat, sehingga kamu dapat membangun dan menjaga bisnismu.

Domain Nama Dos

  1. Gunakan nama bisnis atau produk jika kamu membangun sebuah merk, misalnya, petpaint.com. Tetapi jika nama yang kamu pilih tidak tersedia carilah istilah lain, dengan begitu kreativitasmu semakin terasah.
  2. Jika kamu memprioritaskan pencarian, buatlah nama domain berdasarkan keyword. Sayangnya, kamu tidak bisa mendapatkan nama domain yang umum misalnya, cars.com. Jadi, carilah istilah yang lebih spesifik, sebab domain menentukan daya jual.
  3. Berhati-hatilah dalam memilih nama domain TLD. Domain .com memang mudah diingat. TLD yang kurang populer adalah .net, tapi biasanya orang akan memilih domain .net jika .com sudah tidak tersedia. Untuk itu pastikan pengunjungmu tidak pergi ke pesaingmu karena kesalahan dalam mengetik TLD. Hal ini berpotensi merugikan citra merek. Bisanya perusahaan non-profit akan menggunakan .org, tak jarang juga ada yang menggunakan .biz untuk melakukan penipuan. Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan domain TLD regional seperti .co.uk, ini sangat bagus untuk mengiklankan lokasimu.

Domain Nama Don’ts

  1. Jangan sekali-kali menggunakan nama yang tidak berhubungan dengan produkmu. Ini akan menyulitkan pengunjung webmu. Penggunaan nama pendek yang tidak berhubungan juga sebaiknya dihindari.
  2. Hindari nama domain dengan penggunaan “the” atau “my”, karena sangat menganggu dalam hal percakapan. Terutama jika telah digunakan oleh website lain. Tapi, jika kamu memiliki domain yang dimulai dengan “the” atau “my”, pastikan kamu mempromosikannya dengan nama lengkap dan berulang-ulang.
  3. Hindari pengejaan yang rumit. Nama domain yang baik adalah mudah diingat dan disampaikan. Bayangkan jika ada pelanggan yang ingin merekomendasikan websitemu, tentu kamu tidak ingin membuatnya kesulitan bukan? Lagi pula ini juga sangat riskan, ada kemungkinan pelanggan salah dalam mengejanya.
  4. Hindari penggunaan nama domain yang terlalu panjang. Meskipun tertolong dengan keyword di SEO, namun ini sangat sulit diingat. Misalnya, crazykarensbeautifulpursesscarvesandhats.com, kami yakin kamu tak ingin melihatnya. Panjang maksimum domain adalah 63 karakter namun, alangkah baiknya jika menggunakan nama domain di bawah 25 karakter.
  5. Jangan gunakan karakter khusus. Untuk menghindari kesalahan kamu bisa menggunakan karakter alfanumerik atau tanda hubung. Meskipun diizinkan, namun tidak semua orang memiliki kemampuan dalam mengetik. Karakter khusus (termasuk garis bawah) juga tidak dapat digunakan dalam nama DNS.

Bonus FAQ

Bagaimana Dengan Tanda Hubung?

Sebenarnya kamu bisa menggunakan tanda hubung, karena dapat membuat keyword-mu lebih menonjol. Namun, hal ini sering dilupakan! Ada kemungkinan orang akan pergi mengunjungi web lain. Misalnya, nama domainmu karens-crazy-socks.com, maka orang akan mengunjungi webmu tanpa menggunakan tanda hubung. Apabila kamu terpaksa harus menggunakannya, kami sarankan untuk lebih berhati-hati dalam hal marketing.

Bagaimana Jika Salah Ketik?

Hal yang paling sulit dalam memilih nama domain adalah meminimalisir kesalahan. Kesalahan akan banyak terjadi seperti menambah atau menghilangkan tanda hubung, salah mengeja kata, salah mengetik domain. Kamu perlu berhati-hati karena dapat merusak reputasi dihadapan pelanggan. Untuk mencegahnya, kamu bisa membeli 2 domain sekaligus.

Apakah Orang Akan Menertawakan?

Terkadang kita memikirkan nama domain hebat tapi memiliki arti yang sangat berbeda. Cobalah melakukan pencarian “domain lucu”. Mungkin ini bisa membantumu menemukan nama domain.

Kamu bisa melakukan tes untuk beberapa orang. Misalnya, menyuruh orang untuk mengingatnya dan mengejanya dengan benar. Apabila reaksi mereka tertawa, bisa jadi nama tersebut yang cocok. Sebagai tambahannya, sesuaikan nama domainmu dengan akun sosial media, karena kamu dapat membangun merk lebih luas lagi.

Baca Terkait: Cara Memilih Nama Domain Agar SEO Friendly