Begini Cara Cerdas Mencari Perusahaan Web Hosting yang Tepat!
Blog Tips Keren Begini Cara Cerdas Mencari Perusahaan Web Hosting yang Tepat!

Begini Cara Cerdas Mencari Perusahaan Web Hosting yang Tepat!

Ada ribuan perusahaan web hosting di luar sana dan semua merasa memiliki kelebihan dibanding yang lainnya.  Kamu harus lebih cermat dalam menerima tawaran dan menentukan pilihan. Luangkanlah waktu untuk mengevaluasi dan temuakan mana yang paling cocok untuk kebutuhanmu. Dalam artikel ini, kami akan memberitahumu beberapa panduan yang komprehensif dalam menentukan web hosting baru:

  1. Persiapan

Pertama, kamu harus tahu apa saja yang kamu butuhkan dan inginkan. Berikut beberapa hal yang harus menjadi pertimbanganmu:

–          Harga              : letakkan harga maksimum. Jangan berharap pada layanan lebih untuk 1 dollar/ bulan.

–          Scripting          : teknologi scripting apa yang perlu didukung?

–          Database         : database apa yang kamu butuhkan pada situs web?

–          Disk space      : berapa besar daya tampungnya?

–          Bandwidth      : jumlah transfer data yang di berikan.

Kedua, web host apa yang kamu sukai? Jika ada, kunjungi mereka dan jika kamu ragu, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang mereka. Jika sudah tulislah 3-4 web host yang menjadi pertimbanganmu. Kemudian, kami akan melihat dan membandingkan antar web host yang sudah kamu pilih.

  1. Jaminan Harga Freeze

Membekukan jaminan harga? Apakah kamu pernah mendengarnya? Membekukan harga atau freeze bisa diartikan bahwa sebuah perusahaan web hosting akan memberimu jaminan tidak terlalu drastis dan terlalu cepat menaikkan harga apabila ada kenaikan harga dari perusahaan. Untuk mengetahuinya kamu harus memantau  harga layanan web hosting beberapa tahun terakhir di pasaran. Sehingga, jika web host menurunkan atau meningkatkan harga paketmu, maka kamu bisa mendapatkan harga lebih rendah atas kenaikan harga tersebut.

  1. Berapa Lama Bisnisnya?

Ini bagian yang sangat sederhana untuk mencari informasi tentang web host terbaik. Kamu cukup memperhatikan berapa tahun perusahaan tersebut menggeluti bisnis web host. Biasnya informasi ini terpampang jelas di situs web mereka. Walaupun beberapa perusahaan dapat menyembunyikannya tanpa sepengatuan kita.

Mengapa penting? Umumnya, seseorang dapat berasumsi bahwa semakin lama perusahaan web hosting berdiri, maka semakin rendah kemungkinan memiliki kualitas buruk. Kebanyakan web host kecil tidak memiliki banyak modal untuk terus berjalan dan menguntungkan dalam jangka waktu panjang. Jadi jika kamu menemukan web host yang bisa bertahan lama, besar kemungkinan bahwa usaha tersebut telah memiliki costumer yang puas terhadap layanan mereka, sehingga memakai jasa mereka secara konstan.

  1. Dapatkan Masukan tentang Web Host

Kita hidup di zaman yang sangat informatif. tidak sulit mendapatkan tanggapan dari orang-orang sekitar kita tentang informasi yang kita butuhkan. cobalah untuk mencari tahu tentang sebuah web hosting dengan memberikan sebuah pertanyan standar yang memancing komentar tentang sebuah perusahaan web hosting di forum-forum umum. Beberapa orang akan bereaksi dengan cepat memberi komentar terutama tentang ketidakpuasan pelayanan. Catat semua poin yang kamu dapatkan dan jadikan bahan pertimbangan.

  1. Support System Web Host

Ada 3 poin untuk membahas ini:

–          Berapa banyak cara untuk mengakases support system? Instan messaging, email, telepon? Lebih banyak lebih baik, meskipun mungkin hanya 1 atau 2 fitur saja yang kamu perlukan. MisalnyaTelephone support. Telephone support dapat membantumu apalagi jika kamu memiliki situs yang kompleks. Tentu saja telepon support ini dilengkapi dengan label harga sendiri. Pastikan kamu tahu biaya tambahan untuk telepon support atau batas jumlah panggilan/ bulan.

–          Apakah mereka memiliki forum di tempat? Kebanyakam web host yang baik menjaga forum dalam memposting pertanyaan. Berapa banyak posting yang ada? Jika kamu menemukan beberapa postingan yang baru maka periksa tanggal postingannya.

–          Kecepatan layanan. Dari beberapa hal di atas hanya membutuhkan waktu 2 hari untuk menjawab emailmu atau kembali menjawab panggilan teleponmu. Kebanyakan web host menawarkan 24/7 untuk customer service. Namun, yang lebih baik jika web host menjamin tanggapan dalam jangka waktu tertentu.

  1. Situs Dewasa dan Proxy?

Situs-situs tersebut menciptakan lingkungan tertentu yang mungkin tidak cocok untuk situs lain. Kecuali, jika kamu menjalankan sebuah situs dewasa, namun lebih baik untuk tidak menawarkannya.

Proxy merupakan script kecil yang dijalankan pada server yang memungkinkan computer lain terhubung ke server melalui internet. Script ini memiliki resiko keamanan untuk server dan kebanyakn web host telah melarang mereka. Kecuali, jika kamu ingin menawarkan layanan  proxy, walaupun tetap lebih baik tidak.

  1. Apakah Web Host-mu diguanakn untuk Spam?

Periksa apakah server hostingmu berada dalam daftar hitam di direktori spam. Kamu perlu mencari tahu tentang semua alamat IP yang digunakan web host.

Salah satu alasan mengapa web host melarang proxy adalah karena takut digunakan untuk spam. Proxy digunakan untuk mengirim email spam, yang dapat dideteksi di direktori spam IP. Hal ini dapat memusingkan hostmu. Bayangkan saja jika email tidak disampaikan karena penerima computer berpikir kamu mengirimkan spam. Jelas itu tidak baik!

Kesimpulannya

jika kamu mengikuti panduan ini dengan seksama, maka kamu akan  memiliki ide yang cukup baik untuk mencari web host yang potensial. Jika kamu memiliki poin tambahan atau menemukan yang lebih dari web hostingmu, segera beritahu kami!

Baca Terkait: Memulai Bisnis Perusahaan Hosting Tanpa Memiliki Server