Blog Tips Keren

Banyak Followers, Banyak Masalah? Berikut Cara Mempertahankan Keterlibatan Followers Yang Besar

“Kami memiliki terlalu banyak followers di sosial media”. Kalimat tersebut terasa seperti seseorang sedang menyombongkan diri karena mereka terlalu berharga dan memiliki banyak followers. Tapi kebenarannya, memiliki followers yang besar membuat Anda semakin sulit untuk menjaga keterlibatan dengan mereka. Sederhananya, Anda akan semakin sulit menjadi sosial dalam skala yang besar. Cukup sulit untuk menjaga keterlibatan dengan followers yang besar di sosial media. Berikut kami memberikan beberapa tips untuk menjaga keterlibatan dengan followers.

  1. Cari Tahu Apa Yang Followers Anda Inginkan

Jika Anda sudah memiliki banyak followers, maka mencoba meningkatkan kesadaran brand bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan di sosial media. Orang-orang telah mengikuti bisnis Anda di sosial media karena alasan yang berbeda-beda. Anda perlu tahu apa yang mereka inginkan jika Anda berharap memperoleh keterlibatan dari mereka. apakah followers Anda kebanyakan menginginkan layanan pelanggan yang dapat diandalkan? Atau yang mereka cari adalah promosi dan penawaran? Anda mungkin menyadari bahwa mereka ingin informasi lebih rinci tentang produk Anda untuk membantu membuat keputusan pembelian. Ada tiga cara untuk mencari tahu apa yang followers Anda inginkan:

–          Mendengarkan: Gunakan “Social Listening Tactics” untuk menganalisis mention, pesan langsung, postingan, komentar serta percakapan yang tidak diarahkan secara khusus pada brand Anda. Hal ini dapat mengungkap pertanyaan paling umum mengenai apa yang diinginkan followers.

–          Meminta: Mintalah kepada followers Anda untuk mengatakan apa yang mereka inginkan dari bisnis Anda di sosial media. Ini adalah cara yang bagus untuk mempelajari lebih jauh tentang followers. Anda dapat menggunakan polling atau hanya memposting pertanyaan terbuka.

–          Pengujian: Jika Anda kebingungan cara apa yang efektif untuk melayani followers Anda, maka lakukan pengujian dan biarkan data yang berbicara. Buat konten dan postigan untuk kebutuhan tertentu misalnya pendidikan, hiburan, dan sebagainya. Lihatlah mana yang terbaik bagi followers Anda.

  1. Membangun Komunitas Mikro

Maraknya aplikasi pesan seperti Facebook Messenger dan WeChat membuktikan bahwa orang-orang mencari keterlibatan pribadi dan satu koneksi yang aktif dari jaringan sosial. Ada baiknya, Anda menciptakan komunitas mikro untuk meningkatkan keterlibatan followers secara lebih pribadi. Contoh umum dari komunitas mikro adalah akun dukungan pelanggan dan akun regionalisasi. Ada banyak cara lain yang bisa Anda jelajahi untuk memberikan followers Anda pengalaman yang lebih relevan. Misalnya, Anda bisa membuat komunitas mikro yang mencakup mengenai hobi atau kepentingan yang berhubungan dengan produk atau jasa Anda. BuzzFeed adalah contoh terbaik dari sebuah brand yang telah menggunakan komunitas mikro untuk mengembangkan dan meningkatkan keterlibatan dengan followers yang besar.

  1. Gunakan Iklan Sosial Untuk Meningkatkan Jangkauan Anda

Penurunan jangkauan organik adalah fenomena yang nyata karena berbagai alasan. Salah satu alasan tersebut adalah kompetisi. Audiens Anda di-bombardir dengan semakin banyaknya postingan setiap hari, sehingga perjuangan untuk muncul di newsfeed mereka sangat sulit. Jika Anda tidak memiliki tingkat keterlibatan yang kuat, maka Anda mungkin tidak bisa mempertahankan jangkauan. Di sinilah iklan sosial berbayar dapat membantu. Setelah mengidentifikasi jenis konten yang terbaik bagi followers, Anda dapat menggunakan iklan sosial untuk memastikan bahwa Anda sudah menjangkau orang yang tepat dengan pesan yang tepat. Demikian juga, jika Anda menguji berbagai jenis konten dan salah satunya memberi hasil terbaik daripada yang lain, maka berikan anggaran lebih dibaliknya untuk menciptakan dorongan yang ekstra.