Bagaimana Update PHP Dari Web Hosting Dapat Memengaruhi Situs Anda?
Blog Tips Keren

Bagaimana Update PHP Dari Web Hosting Dapat Memengaruhi Situs Anda?

AAEAAQAAAAAAAAX5AAAAJGQ4NzBhNDdmLTIzNzAtNDNjNC05OTcxLTQwYmMyODZkMzYxMA

Apa Itu PHP?

PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor yang ditawarkan dengan lisensi open source oleh Apache Software Foundation. Ini merupakan bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. Tujuan umum dari bahasa pemrograman ini tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web yang dinamis namun juga dapat mengumpulkan data formulir untuk presentasi di halaman web, atau mengirim dan menerima cookies. PHP sangat bagus pada akses disk, jaringan, dan manipulasi teks. PHP bekerja untuk sistem Linux dan Windows, serta sebagian besar server web memiliki dukungan untuk itu sehingga mudah untuk menemukan hosting dengan PHP yang telah terpasang sebelumnya.

Bahasa pemrograman open source ini juga telah digunakan untuk membangun situs web dengan traffic besar seperti Facebook, Twitter, Wikipedia, dan lain-lain. Bahkan, sistem manajemen konten (CMS) yang populer seperti WordPress, Joomla, dan Drupal juga mendukung PHP. Sayangnya, sekalipun Anda menggunakan CMS yang paling kuat dan aman di planet ini, tetap tidak akan dapat melindungi situs jika Anda menjalankan PHP versi lama. Ketika sebuah situs diretas, orang-orang kebanyakan mengkritik CMS yang digunakan tanpa menyadari bahwa itu bisa juga terjadi karena kesalahan pengkodean maupun bahasa pemrogramannya. Ingat bahwa sebagai pemilik situs, pada akhirnya Anda bertanggung jawab untuk menjaga dan memelihara situs web untuk memaksimalkan fungsinya. Jika Anda bertanya bagaimana pembaruan versi PHP akan memengaruhi situs web atau blog, maka teruslah membaca artikel ini.

Mengapa Anda Perlu Melakukan Update PHP di Server?

Situs web diretas secara rutin. Kelemahan situs dieksploitasi untuk spamming atau mal-advertising dan bahkan menyebarkan malware. Ada celah keamanan baru yang dapat ditembus setiap harinya, dan ini perlu ditangani segera dan pengkodean situs web juga perlu dijaga dengan baik. Situs web memerlukan perawatan rutin, termasuk pembaruan situs dan pembuatan ulang. Memperbarui PHP dan skrip yang Anda gunakan berperan penting untuk masa depan situs web.

Versi PHP yang dijalankan situs web Anda memengaruhi keamanan, kecepatan, dan kinerja situs web. Versi PHP yang lebih baru dapat memperbaiki lubang keamanan yang lama dan mengoptimalkan pengiriman konten web. Anda dapat melihat dampak dan tingkat kerentanan keamanan dari PHP versi sebelumnya melalui CVEDETAILS. Untuk mengamankan situs Anda, penting untuk memperbarui web hosting ke versi terbaru dengan PHP 7.1. PHP juga terus diperbarui untuk membawa lompatan lebih besar dalam kecepatan dan fitur tambahan bagi pengembang agar membantu meningkatkan kinerja website.

Mungkin Anda juga perlu memperbarui versi PHP di server karena plugin dan skrip yang terpasang tidak lagi kompatibel dengan versi baru yang digunakan. Anda mungkin menemukan konflik dengan versi yang Anda gunakan dan plugin, tema, atau skrip yang terpasang. Pembaruan PHP juga diperlukan untuk beralih ke versi stabil atau bahkan jika Anda ingin menguji versi yang berbeda. Situs web Anda akan memuat lebih cepat dan berjalan lebih efisien jika Anda menggunakan versi PHP terbaru.

Fitur Baru di PHP 7

Versi PHP 7 telah menjadi versi update yang signifikan dalam hal fitur baru, perubahan umum, serta perbaikan dan saran. PHP 7 dua kali lebih cepat dari PHP 5.6 dan pasti lebih stabil dari versi PHP sebelumnya. Versi baru PHP didasarkan pada proyek PHPNG (PHP Next-Gen) untuk memaksimalkan kinerja aplikasi dunia nyata dan bahkan kinerjanya lebih cepat dari pada HHVM yang dibuat oleh Facebook. PHP 7 menggunakan versi baru Zend Engine untuk mengeksekusi kode Anda lebih cepat dari semua versi sebelumnya dan penurunan penggunaan memori yang signifikan memastikan server yang lebih sedikit diminta untuk menangani jumlah permintaan yang sama per detik.

Semua web hosting menawarkan sejumlah ekstensi PHP. Jika situs web Anda memerlukan ekstensi PHP tertentu untuk dijalankan, maka jangan segan untuk memastikan bahwa web hosting Anda telah menginstalnya.