Blog Tips Keren Bagaimana Sebuah Bisnis Menggunakan Ekstensi Baru Pada Domain Mereka?

Bagaimana Sebuah Bisnis Menggunakan Ekstensi Baru Pada Domain Mereka?

Sekarang ini sudah 3 tahun semenjak gTLD (generik Top Level Domain) baru dikeluarkan. TLD sendiri merupakan ekstensi yang terletak di sebelah kanan titik pada sebuah nama domain. Sedangkan gTLD adalah TLD umum yang banyak digunakan seperti .com, .org, .net, dll. Peluncuran gTLD baru ini memiliki tujuan untuk meningkatkan ketersediaan nama domain dan mengubah cara orang-orang dalam mencari informasi secara online, yaitu dengan merilis ratusan ekstensi domain baru. gTLD baru telah ada sejak akhir tahun 2014 dengan ratusan tempat terbuka untuk pendaftaran saat ini dan masih akan banyak lagi di saat mendatang.

Melalui deskripsi mengenai gTLD baru, perusahaan Afnic meluncurkan artikel mengenai “Brands and The New Crop TLDs” oleh Guillaume Pahud, seorang pendiri dot stories, sebuah platform aktivasi untuk nama domain generik di bawah gTLD .brand. Artikel tersebut menjelaskan bagaimana sebuah brand atau bisnis dapat mengambil keuntungan dari ekstensi nama domain baru yang digunakan. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Mempertahankan Sebuah Brand Dari Waktu Ke Waktu

Ekstensi domain baru yang digunakan sesuai dengan brand akan mempertahankan eksistensinya dari waktu ke waktu. Misalnya berdasarkan wilayah maupun sejarahnya yang merupakan hal paling penting bagi sebuah brand. Ada banyak contoh dari brand-brand yang berkomunikasi dengan pelanggan melalui lokasi dan tanggal berdirinya.

  1. Menyorot Nilai Pada Sebuah Bisnis

Sebuah bisnis dapat menyampaikan nilai-nilai yang dapat menjadi acuan dan meningkatkan keterlibatan dari para pelanggannya. Salah satunya seperti perusahaan Club Med yang berfokus pada nilai-nilai pembangunan yang berkelanjutan seperti integrasi harmonis desa, maupun energi efisiensinya. Pendekatan ini menjadikan nama domainnya menjadi developpementdurable.clubmed. dengan begitu, melalui nama domain Anda bisa membangun kepercayaan dari para pelanggan Anda.

  1. Membangun Komunikasi Yang Lebih Efektif

Melalui ekstensi nama domain baru, sebuah bisnis juga dapat meningkatkan komunikasi menjadi lebih efektif dengan pelanggan. Mereka dapat menyertakan nama brand, logo, desain, harga, kemasan, maupun warna dari bisnisnya dalam nama domain. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mengenalinya dan tidak ragu untuk berselancar dalam situs.

  1. Menyediakan Alat Dan Dukungan Untuk Jaringan Pengecer

Brand otomotif adalah perusahaan pertama yang mencoba untuk menggunakan nama domain dengan ekstensi baru sebagai jaringan ritel mereka. Sebuah dealer mobil adalah link yang strategis dalam industri otomotif. Mereka menjual setengah dari semua kendaraan baru yang dijual oleh produsen dengan memberikan layanan purna jual dan ritel suku cadang. Oleh karena itu, penting untuk sebuah brand mengembangkan jaringan ritelnya. Dengan menggunakan ekstensi domain baru membantu memperkuat hubungan antara bisnis dan pengecer dengan berbagi domain yang sama.

  1. Menunjang Proses Berselancar Di Situs Menjadi Jelas dan Eksplisit

Sebuah ekstensi domain baru mampu mengirimkan pesan yang jelas dan eksplisit kepada pengunjung dan menunjukkan langsung kepada mereka untuk pergi ke halaman situs yang tepat. Oleh karena itu, ekstensi domain sangat relevan untuk menemukan tujuan pencarian dan menunjang proses berselancar ke dalam situs. Miliki nama domain yang sederhana dan bisa segera diakses dengan baik untuk lebih memudahkan pengunjung.

KESIMPULAN

                Ekstensi domain baru memang awalnya banyak diragukan dalam mengembangkan sebuah bisnis. Namun, semakin lama dengan banyaknya pengujian yang dilakukan maka ekstensi baru mampu memberikan yang terbaik. Ekstensi baru dapat digunakan untuk mengkonsolidasikan bisnis, dengan menciptakan hubungan yang lebih erat dan hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.