Blog Tips Keren

Bagaimana Penyedia Hosting Bisa Mempengaruhi Upaya SEO Anda?

Melalui algoritma Google yang terus berkembang dan berubah, hal ini dapat mejadi semakin rumit untuk menentukan faktor-faktor apa yang penting dalam upaya SEO (Search Engine Optimization) Anda. Beberapa faktor yang jelas dan rutin adalah kata kunci, link, dan reputasi. Apakah ini satu-satunya faktor yang mempengaruhi SEO? Apa ada faktor lain yang juga dianggap penting? Pertimbangkan salah satu keputusan pertama yang Anda buat saat memulai sebuah situs web. Salah satu keputusan yang sering dilakukan dengan tergesa-gesa tanpa benar-benar memahami dampaknya. Keputusan tersebut adalah memilih penyedia hosting.

Apakah Penyedia Hosting Anda Dapat Mempengaruhi SEO?

Pilihan hosting tentu tidak akan secara langsung meningkatkan peringkat website Anda. Mereka tidak dapat langsung memindahkan website Anda ke halaman pertama atau secara langsung menarik lebih banyak traffic ke website. Tetapi, pilihan hosting yang buruk juga bisa memiliki efek yang merugikan. Memilih hosting dengan bijak dapat memberi Anda nilai lebih dalam kompetisi. Banyak pemilik website baru yang memilih penyedia hosting hanya karena harga murah. Semua yang mereka lihat hanya mengenai dana dan mereka tidak mempertimbangkan dampaknya terhadap pemasaran bisnis. Dengan memahami peran hosting dalam SEO, Anda bisa memilih dengan bijak dan memperoleh banyak kelebihan. Jadi bagaimana dampaknya terhadap peringkat SEO? Berikut adalah beberapa penjelasannya.

Keamanan Server

Keamanan situs web Anda sangat penting. Tidak hanya untuk peringkat Google tapi juga untuk pengalaman dan keamanan pengguna. Sebuah situs web yang tidak aman akan merugikan peringkat Anda dengan berbagai cara. Google akan memberi penalti bagi situs dengan hosting malware. Begitu pengunjung mengetahui kelemahan keamanan situs, maka akan merugikan traffic dan reputasi Anda. Semua faktor ini akan menurunkan peringkat SEO.

Anda dapat melakukan berbagai cara pribadi untuk melindungi situs, namun hosting juga berperan penting dalam menjaga keamanan situs. Peran mereka paling menonjol saat Anda mengandalkan layanan shared hosting. Bila situs lain di server yang sama memiliki keamanan yang buruk, maka akan memberi kesempatan bagi peretas untuk menginfeksi beberapa situs di server yang sama. Solusinya disini adalah menggunakan dedicated server. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui tindakan pengamanan apa yang mereka ambil untuk melindungi server mereka.

Lokasi Server

Google bergantung pada informasi lokasi meskipun pencariannya bukan pencarian lokal. Misalnya, jika seseorang melakukan pencarian dari Amerika Serikat, situs web di server yang berada di Amerika Serikat lebih cenderung berada di dekat bagian atas. Mereka akan cenderung melihat situs dari Jepang atau China dalam hasil pencarian. Untuk itu, Anda perlu tahu dimana server berada, serta lokasi audiens target Anda. Kemudian pilih penyedia hosting yang memiliki server di negara yang sama dengan mayoritas audiens Anda.

Kinerja Server

Salah satu faktor terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah kinerja server. Ini termasuk kecepatan server dan downtime. Kinerja keseluruhan server akan mempengaruhi pengalaman pengguna dimana ini sangat dianggap serius oleh Google. Google sering menghukum situs web yang memiliki kecepatan memuat yang lambat, serta situs yang sering mengalami downtime. Kebanyakan penyedia hosting memiliki presentase uptime yang tinggi. Sangat jarang menemukan hosting yang memiliki uptime kurang dari 99 persen, namun 1 persen bisa membuat perbedaan. Sedangkan untuk kecepatan pemuatan, menggunakan shared server akan lebih menurunkan kecepatan dibanding dengan dedicated server. Dedicated server akan mengenakan lebih banyak biaya namun jauh lebih baik untuk bisnis dalam jangka panjang.

Ada banyak hosting yang bisa digunakan dan tersebar di internet. Menemukan hosting dengan lokasi yang tepat, kinerja yang berkualitas, dan yang menangangi keamanan secara serius dapat berarti penting untuk website Anda. Salah satu penyedia hosting yang berkualitas dan memiliki keandalan dalam tiga faktor tersebut adalah https://idwebhost.com/