Blog Tips Keren Apa Yang Anda Pilih Saat Membeli Web Hosting?

Apa Yang Anda Pilih Saat Membeli Web Hosting?

Web hosting adalah layanan tak berwujud. Anda tidak dapat benar-benar melihatnya atau menyentuhnya. Karena itu, mudah untuk berpikir bahwa semua web hosting adalah sama, atau bahwa web hosting tidak layak untuk dibayar. Untuk memanfaatkan sebagian besar web hosting Anda, dan memahami berbagai skema harga yang tersedia, ada baiknya untuk mengetahui apa yang benar-benar Anda pilih saat membeli web hosting, dan berapa biaya pembelanjaan perusahaan Anda.

Server

Meskipun Anda tidak akan pernah melihatnya, salah satu biaya terbesar untuk web hosting adalah peralatan fisik, yaitu server itu sendiri. Ini adalah komputer rak yang sangat cepat dan kuat. Dari sekian banyak hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan web hosting premium untuk meningkatkan layanan mereka, menggunakan peralatan yang lebih baik (dan lebih mahal) adalah salah satu yang paling berdampak. Peralatan yang lebih cepat berarti waktu muat situs web lebih cepat, yang bagus untuk Anda dan pengunjung situs web Anda.

Pusat Data

Server harus berada di suatu tempat, jadi biaya yang disertakan adalah bangunan fisik dimana tempat server berada. Biasanya, bangunan yang digunakan sangat besar untuk menampung ratusan atau ribuan server. Bangunan dan peralatan di dalamnya harus didinginkan, dipelihara, dan dijaga. Pusat data menggunakan banyak listrik, dan mereka harus berada di tempat yang memiliki kecepatan sangat tinggi serta tersedianya akses internet dengan bandwidth tinggi.

Perangkat Lunak (Software)

Sementara sebagian besar perangkat lunak yang digunakan di web hosting adalah Open Source (seperti keempat elemen tumpukan LAMP),namun tidak semuanya. Khususnya, panel kontrol yang paling populer tersedia untuk pengelolaan akuntansi web hosting (CPanel) adalah perangkat lunak berpemilik yang harus dilisensikan dan dibayar. Jika Anda memerlukan paket hosting Windows, sebagian besar perangkat lunak pada server memilikinya, itulah sebabnya mengapa hosting Windows biasanya jauh lebih mahal daripada hosting Linux. Inilah sebabnya mengapa Anda sebaiknya hanya menggunakan hosting Windows jika Anda memiliki kebutuhan yang sangat spesifik untuk platform itu. (Kebanyakan orang tidak melakukannya.)

Koneksi Internet

Perusahaan web hosting bukan penyedia layanan internet. Mereka harus membeli konektivitas internet seperti yang Anda lakukan, dan menjalankan koneksi mereka melalui kabel orang lain. Sebenarnya, ini lebih buruk (lebih mahal) daripada layanan internet Anda sendiri karena pusat data hosting web memerlukan kecepatan dan bandwidth pada urutan yang lebih tinggi daripada yang Anda miliki di rumah atau bisnis Anda. Mereka menjalankan ratusan atau ribuan (atau ratusan ribu) server, masing-masing memerlukan konektivitas internet setidaknya secepat layanan rumah atau kantor Anda.

Dukungan (Support)

Jika Anda ingin menelepon seseorang, atau ingin mendapatkan jawaban segera saat Anda mengirim email, Anda harus menggunakan perusahaan hosting yang menyediakan setidaknya beberapa tingkat dukungan. Dukungan mungkin datang dalam bentuk FAQ, artikel dasar pengetahuan, panduan terperinci, dukungan telepon, dukungan email, atau sistem tiket help desk. Pengelolaan server proaktif dapat dianggap sebagai bentuk dukungan. Seperti semua hal, Anda dapat mengasumsikan bahwa program dukungan yang lebih komprehensif akan menghabiskan biaya lebih tinggi.

Bisnis Overhead

Tentu, bisnis web hosting memiliki semua biaya bisnis yang biasa. Mulai dari ruang kantor hingga pajak. Ini tidak terlalu relevan bagi Anda sebagai pelanggan, tapi ini menjelaskan mengapa beberapa perusahaan hosting dapat memberikan lebih banyak layanan dengan biaya lebih rendah. Anda seharusnya tidak berasumsi bahwa lebih murah selalu berarti nilainya lebih sedikit. Beberapa perusahaan dapat dikelola dengan lebih baik.

Abaikan Harga Dulu

Mudah untuk melihat-lihat paket hosting yang tersedia dan memilih yang termurah, dengan asumsi semuanya sama. Pilihan umum lainnya adalah memilih yang paling mahal karena harus menjadi yang terbaik. Tak satu pun dari ini adalah cara yang baik untuk berbelanja rencana web hosting. Cara yang lebih baik adalah dengan memikirkan apa yang Anda butuhkan dari perusahaan web hosting dan jenis web hosting apa yang dibutuhkan. Kemudian bandingkan beberapa rencana yang sesuai dengan persyaratan minimal Anda. Anda juga harus membaca ulasan. Setelah Anda mempersempitnya ke hosting yang sesuai dengan kebutuhan, dan menyingkirkan perusahaan dengan banyak ulasan buruk atau harga keterlaluan, Anda biasanya akan mendapatkan rencana web hosting dengan harga yang tepat.

Kesimpulan 

Daripada berbelanja berdasarkan harga, lebih baik memulai dengan mencari fitur mana yang Anda butuhkan dan menemukan perusahaan hosting yang dapat menyediakannya untuk Anda.