Apa Web Hosting Yang Tepat Untuk Situs Saya?
Blog Tips Keren

Apa Web Hosting Yang Tepat Untuk Situs Saya?

dgsfgsdgh

Ada banyak pilihan ketika harus memilih rencana web hosting. Cara terbaik untuk mempersempit fokus Anda adalah menentukan apa yang Anda perlukan untuk mendukung jenis situs web yang ingin dibuat. Anda seharusnya tidak membayar untuk apapun yang tidak Anda gunakan, karena itulah memilih web hosting yang tepat tidak hanya membantu meningkatkan efisiensi situs namun juga dapat mengurangi biaya Anda. Panduan ini disusun berdasarkan jenis situs web yang ingin Anda buat.

Saya Ingin Memulai Blog

Blog telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Apa yang dulu dimulai sebagai “buku harian online”, kini telah berkembang menjadi platform bagi para penggemar dan spesialis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dengan dunia. Mereka yang tidak memiliki pengalaman dengan HTML atau CSS harus mencari penyedia web hosting yang memiliki editor ‘drag and drop’. Jenis software pengeditan ini juga dapat disebut sebagai editor WYSIWYG dan ini memungkinkan Anda merancang situs web secara visual tanpa harus khawatir dengan aspek teknis perancangan.

Sebaiknya Anda memulai dengan paket shared hosting atau VPS (Virtual Private Server), karena kemungkinan besar Anda tidak memerlukan transfer data atau bandwidth yang tidak terbatas. Rencana ini menyediakan koneksi yang Anda perlukan tanpa membayar barang yang tidak dibutuhkan. Penting juga untuk mendaftar dengan penyedia yang akan memungkinkan Anda meningkatkan versi rencana web hosting jika Anda mulai mendapatkan lebih banyak traffic ke situs. Jika Anda baru memulai situs, Anda mungkin perlu menghosting dengan paket CMS seperti WordPress. Paket ini umumnya sangat mudah untuk ditambahkan ke situs.

Saya Ingin Situs Untuk Mengiklankan Layanan

Banyak orang profesional saat ini seperti fotografer, perencana pernikahan, dokter praktik swasta, dan sebagainya yang memiliki situs web untuk mengiklankan layanan mereka. Sudah menjadi kebiasaan umum jika pelanggan melihat situs web sebagai tanda profesionalisme dan kepercayaan. Sama seperti sebuah blog, situs-situs ini biasanya tidak begitu besar dan hanya berisi beberapa halaman yang mencantumkan siapa Anda, apa yang Anda lakukan, harga, dan cara menghubungi atau menjadwalkan pertemuan. Sebaiknya gunakan rencana hosting VPS. Ini cukup memenuhi kebutuhan situs Anda dan menawarkan keamanan lebih. Fitur keamanan ini penting karena informasi kontak pribadi akan ditukarkan melalui website. Banyak web hosting menawarkan fitur keamanan lainnya seperti sertifikat SSL, baik dengan rencana hosting tersebut atau dengan biaya tambahan. Jika Anda mengiklankan layanan medis, Anda mungkin ingin mencari penyedia web hosting yang menawarkan paket hosting sesuai HIPAA.

Saya Ingin Menjual Produk Untuk Bisnis Saya

Dalam dunia web hosting, penjualan produk atau layanan online disebut ecommerce. Situs ritel ini bisa lebih besar dan lebih interaktif daripada landing page atau blog. Anda perlu menilai berapa banyak traffic yang akan diterima situs Anda untuk memilih paket hosting yang terbaik. Situs ecommerce yang lebih kecil dapat bekerja baik dengan menggunakan VPS hosting, sedangkan situs yang lebih besar dan menerima traffic banyak, perlu menggunakan paket hosting khusus seperti dedicated server atau cloud server.

VPS hosting adalah tempat yang baik untuk memulai, karena biasanya merupakan pilihan termurah. Sebagian besar penyedia web hosting memungkinkan Anda untuk meningkatkan kebutuhan penyimpanan dan bandwidth dalam rencana VPS. Namun, banyak situs ecommerce rata-rata memerlukan lebih banyak sumber daya untuk berjalan lancar. Sebuah rencana hosting khusus seperti dedicated server atau cloud hosting akan lebih mahal, tapi bisa menampung lebih banyak traffic dan lebih aman daripada VPS. Cloud Hosting digunakan terutama oleh situs yang lebih besar (seperti Facebook, Amazon, Google, dll). Rencana ini juga bisa menjadi pilihan hemat biaya untuk situs ecommerce yang lebih kecil namun menerima jumlah traffic yang konsisten.