Blog Tips Keren

Apa Itu VPS Dan Bagaimana Cara Memilih Penyedia VPS Handal?

Saat Anda memulai sebuah situs baru, ada banyak tantangan baru yang menanti di luar sana. Salah satu yang sulit adalah memilih antara berbagai paket hosting yang berbeda. Kebanyakan pemula melakukannya dengan anggaran yang ketat dan ini memberi mereka sedikit pilihan hosting sehingga mereka menjatuhkan pilihan pada shared hosting. Shared hosting sangat ideal untuk situs baru yang belum populer. Namun, ada risiko yang lebih besar saat menggunakan shared hosting yaitu pada saat terjadi lonjakan traffic yang membutuhkan kapasitas besar. Selain itu, tidak bijaksana jika Anda menggunakan shared hosting untuk toko ecommerce yang membutuhkan sumber hosting kelas atas. Dalam kasus seperti ini, VPS atau Virtual Private Server bisa menjadi solusi yang tepat karena menawarkan keamanan, fitur, dan kelebihan yang lebih baik dengan harga yang tidak berbeda jauh dari shared hosting.

Apa Itu VPS?

Dalam VPS hosting, setiap situs web dihosting di server pribadi secara virtual pada hardware yang lebih hebat. Mesin fisiknya dibagi menjadi beberapa kompartemen virtual, dan server software disiapkan secara terpisah sehingga membuat setiap unit mampu berfungsi secara independen. Jadi, meskipun situs-situs lain dapat dihosting pada sistem fisik yang sama, namun situs Anda akan tetap menjadi satu-satunya situs yang dihosting di kompartemen virtual yang dialokasikan khusus untuk Anda. Itu berarti, Anda mendapatkan sumber daya sistem yang sama persis dengan yang Anda bayar.

Setiap situs yang menggunakan VPS akan berada di ruangan yang terisolasi dengan sumber daya yang cukup untuk ditinggali. Anda mendapatkan akses root lengkap ke server seolah-olah itu adalah dedicated server Anda. Tapi secara teknik, Anda masih menggunakan mesin fisik yang sama dan berbagi CPU, RAM, serta bandwidth. VPS hosting memberi Anda kontrol penuh atas server dan manfaat yang hampir sama dari dedicated server yang mahal.

Cara Memilih Penyedia VPS Yang Handal

Ketika Anda akhirnya memutuskan untuk beralih ke VPS hosting, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor untuk menemukan penyedia VPS hosting yang paling sesuai untuk situs Anda. Berikut adalah beberapa faktor utama yang harus Anda perhatikan:

  1. Dikelola Atau Tidak Dikelola

Dalam shared hosting, Anda tidak mendapatkan akses root ke server. Tetapi saat menggunakan VPS hosting, seluruh server virtual diserahkan kepada Anda. Jadi, perlu ada seseorang yang menjaga dan memantau kinerjanya. Jika ini ditangani oleh penyedia VPS Anda, maka itu disebut VPS yang dikelola, sedangkan pada VPS yang tidak dikelola, Anda harus bertanggung jawab atas server Anda sendiri.

  1. Windows Atau Linux

Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah OS atau sistem operasi server. Windows dan Linux adalah dua server populer yang kebanyakan ditawarkan. Linux adalah software open source dan karenanya harganya lebih murah dari Windows. Linux berbasis hosting juga user friendly dan mendukung berbagai aplikasi. Ini membuat pilihan yang mungkin lebih baik di beberapa kasus. Namun, masih ada beberapa aplikasi yang tidak didukung dalam Linux atau lebih baik didukung oleh Windows.

  1. Konfigurasi Server

Hal ini memainkan peran penting dalam kecepatan dan kinerja situs. Kapasitas prosesor apa yang akan didapatkan? Berapa banyak RAM yang akan dialokasikan? Dan seberapa besar pembagian Anda dalam ukuran disk? Ini semua adalah hal penting. Anda harus mencari tahu konfigurasi server yang terbaik karena ini adalah hal penting untuk kesuksesan situs.