Apakah Managed Hosting Bisa Membantu Bisnis E-commerce Anda?
Blog Tips Keren Apakah Managed Hosting Bisa Membantu Bisnis E-commerce Anda?

Apakah Managed Hosting Bisa Membantu Bisnis E-commerce Anda?

Sahabat IDwebhost, sekarang ini banyak sekali layanan web hosting yang memberikan penawaran harga terjangkau bagi pelanggannya. Persaingan harga ini dapat terlihat dengan jelas antara satu provider hosting dengan provider lainnya. Ada hal yang wajib Anda ketahui ketika memilih web hosting. Yaitu managed hosting dan unmanaged hosting. Mengapa demikian? 

Karena hal ini juga dapat berpengaruh pada harga layanan yang harus Anda bayarkan. 

Dari sisi harga, hosting jenis ini memiliki harga yang berbeda, tentu saja dengan yang unmanage hosting.Perbedaan harga tersebut tak lepas dari adanya pengelolaan server khusus yang meliputi backup, update software,, dan layanan pelanggan serta pengelolaan website pribadi Anda. Fiturnya yang sangat komplit membuat hosting managed sangat mendukung ketika digunakan untuk mengelola website ecommerce. 

Pada artikel ini, kami akan memberikan jawaban pada Anda, apakah manage hosting bisa membantu bisnis ecommerce Anda. Jadi, simak artikel sampai selesai, ya.

Dedicated Hosting

Dedicated hosting mirip dengan hosting managed dimana penyedia layanan menyewakan server tertentu hanya untuk satu klien. Perbedaan utamanya terletak pada kenyataan bahwa server ini telah terinstal dan Anda tidak mendapatkan banyak pilihan saat menyiapkan server.

Cloud Hosting

Konsumen yang menggunakan cloud hosting dapat mengakses berbagai sumber hosting via internet. Jaringan cloud hosting memberikan fleksibilitas dalam menambahkan atau menghapus memori dengan mudah.

Apa Itu Managed Hosting?

Managed Hosting mengacu pada layanan hosting tempat penyedia layanan menyiapkan, memantau, memelihara, mengamankan, dan memperbaiki server hosting untuk Anda. Manage hosting memberi lebih banyak fleksibilitas untuk menghosting situs Anda daripada layanan shared hosting. Anda memiliki kontrol penuh pada server, pilihan sistem operasi, dan perangkat keras yang menyertainya. Ada dua jenis sistem operasi dalam hosting managed yaitu:

  • Sistem Operasi Windows. Biasanya menggunakan server Windows 2008
  • Sistem Operasi Linux. Biasanya adalah CentOS

Umumnya, manage hosting juga menyediakan Anda beberapa layanan berikut seperti:

  1. Set Up: Pemasangan penuh panel kontrol dan OS. Pembeli memiliki akses administratif tapi jarang mengaksesnya. Umumnya hosting jenis ini diakses oleh klien melalui panel kontrol secara virtual.
  2. Monitoring: Layanan ini memonitoring server, jaringan, database, dan Apache. Monitoring dilakukan untuk mengontrol uptime situs web.
  3. Pemindaian Keamanan: Sebagian besar perusahaan hosting menawarkan pemindaian keamanan bulanan. Pemindaian ini memastikan bahwa tidak ada virus atau host bug dalam sistem. Berbagai laporannya juga dilakukan peninjauan.
  4. Dukungan Aplikasi: Pemasangan dan perbaruan aplikasi yang didukung.
  5. Patching: Sistem operasi, aplikasi patch, update, dan perbaikan bug.
  6. Trouble Shooting: Jika server menghadapi masalah, staff yang berdedikasi akan mengambil masalah tersebut.
  7. On Call Maintenance: Ambil telepon Anda dan hubungi staff di perusahaan hosting untuk melakukan pekerjaan dalam pemeliharaan server.
  8. Upgrade Hardware: Anda tidak perlu khawatir tentang merawat dan mengupgrade hardware karena perusahaan hosting sudah menyediakannya.
  9. Upgrade Software: Staff IT di perusahaan hosting menangani upgrade software untuk Anda pada waktu yang tepat.
  10. Layanan Backup: Sebagian besar penyedia manage hosting mengambil backup data situs secara mingguan atau setiap hari. Jika terjadi keadaan darurat, Anda dapat menghubungi mereka untuk mengembalikan filenya.

Jenis-jenis Managed Web Hosting

Ada berbagai macam jenis manage hosting. Dengan banyaknya pilihan tersebut, Anda bisa memilih  sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa jenis hosting managed yang patut Anda ketahui: 

Semi Managed Hosting 

Jenis yang pertama adalah semi hosting managed. Hosting jenis ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan pengelolaan server secara mandiri. Pengelolaan server umumnya masih tak bisa lepas dari dukungan dan bantuan dari provider hosting yang Anda gunakan. Anda bisa mengelolanya sepuas Anda. Jika menghadapi kendala, Anda tetap bisa bertanya pada provider tempat Anda berlangganan. 

Baca Juga : Perkenalan Google Image Indonesia

Fully Manage Hosting 

Banyak orang yang memiliki pengetahuan teknis yang terbatas tentang cara menggunakan fully managed hosting. Ya, memang karena semua pengelolaannya hampir semua diserahkan pada provider hosting. Pengelolaan dari provider hosting yang tepat akan membuat website klien semakin berkembang. 

Managed Shared Hosting 

Jenis yang ketiga adalah managed shared hosting. Banyak provider hosting yang menawarkan hosting jenis ini. Kalau dilihat secara teknis, managed shared hosting ini adalah sebuah shared hosting yang diolah kembali dengan menggunakan sistem full hosting. Tentu saja, fiturnya bisa jadi sama. 

Apa Manfaat Managed Hosting Untuk Bisnis E-commerce Anda?

Managed full hosting bersifat proaktif. Untuk memahami apa maksudnya berarti kita harus terlebih dahulu memahami perbedaan antara reaktif dan proaktif. Dukungan yang diberikan oleh perusahaan web hosting dalam mengelola masalah adalah contoh sifat reaktif industri.

Namun, dengan hosting managed maka layanan cenderung bersifat proaktif. Dengan kata lain, managed hosting mengelola layanan sedemikian rupa sehingga masalah tidak muncul. Melalui cek kompatibilitas, patch, scan keamanan, dan tindakan lainnya, hosting managed cenderung menghindari masalah sebanyak mungkin. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga bisnis e-commerce Anda tetap aman dan berjalan dengan lancar.

E-commerce adalah sebuah website jual beli yang memungkinkan pembeli untuk memilih produk yang diinginkan pada website tersebut. Pembeli juga bisa berdiskusi dengan penjual mengenai detail barang yang diinginkan atau diharapkan yang kemudian melakukan pembayaran dengan metode yang telah ditentukan oleh website ecommerce tersebut.

Umumnya, penjual yang ada pada website ecommerce adalah brand besar dengan nama yang cukup populer di kalangan banyak orang. Namun tentu saja ada juga brand kecil yang ikut masuk membuat website ecommerce dan memasarkan produknya. Produk disini juga bisa terbatas pada satu atau bermacam-macam brand. Namun produk tersebut tetap dijual oleh satu penjual saja, yaitu si pemilik website ecommerce sendiri.

Jenis Hosting Apakah yang Tepat Untuk Anda?

Jika Anda tidak sepenuhnya mengetahui rincian teknis di balik konfigurasi server, maka full hosting dengan layanan untuk menangani sebagian besar hal tersebut akan sangat sesuai dengan kebutuhan. Hosting managed merupakan solusi paling baik bagi klien yang tidak dapat meluangkan waktu untuk mempelajari teknologi di balik . Jika Anda menjalankan usaha e-commerce, kemungkinan besar Anda akan meluangkan lebih banyak waktu untuk menghasilkan aktivitas bisnis daripada mengelola server hosting.

Penutup

Anda dapat menemukan berbagai layanan hosting yang menarik dan memilih satu yang tepat. Di Indonesia sendiri, salah satu penyedia hosting dengan kualitas terbaik dan termurah adalah IDwebhost. Anda bisa meggunakannya untuk membantu bisnis e-commerce Anda berjalan dengan lancar.