Apa Itu Green Web Hosting dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Blog Tips Keren Apa Itu Green Web Hosting dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu Green Web Hosting dan Bagaimana Cara Kerjanya?

 

Pada beberapa tahun terakhir, isu pemanasan global telah menjadi tema hangat yang diperbincangkan warga dunia. Hal ini membuat topik mengenai teknologi hijau atau green technology menjadi ramai dibicarakan. Hampir semua jenis bisnis membahas isu yang satu ini, tak terkecuali dunia web hosting.

Jumlah energy yang dibutuhkan untuk menjaga agar pusat data web hosting tetap dapat berjalan semakin meningkat setiap tahunnya. Hal inilah yang menyebabkan mengapa, green web hosting menjadi topik diskusi yang ramai dibahas.

Provider yang pro dengan green web hosting umumnya memiliki komitmen untuk proaktif dalam masalah ini. Tetapi, memilih provider hosting yang tepat bisa jadi adalah pekerjaan yang tidak mudah. Sebagai pengguna, Anda bisa saja bingung dengan apa yang menjadikan sebuah provider hosting, dapat dikatan mendukung teknologi hijau.

Ketika memilih provider hosting, orang mulai ingin tahu seberapa baik kinerja provider tersebut. Tak hanya tentang layanan hostingnya, layanan apa saja yang diberikan, dan seberapa baik pelayanan pada pelanggan. Kebanyakan orang tidak mempertimbangkan dampah teknologi hosting pada lingkungan.

Namun kini konversi energi mulai menjadi prioritas. Sumber energi terbarukan seperti tenaga surya dan tenaga angin memiliki biaya yang lebih terjangkau dari sumber energy fosil. Dan faktanya, teknologi terbarukan,  yang dapat menopang kehidupan manusia sehari-hari, juga dapat digunakan sebagai sumber energi server hosting.

Sahabat IDwebhost, artikel ini akan membahas mengenai apa itu teknologi hosting hijau, dan bagaimana penggunaannya. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Apa Itu Green Web Hosting?

green web hosting

Green web hosting atau web hosting ramah lingkungan adalah penyedia web hosting yang memiliki rencana untuk menghemat energi sebanyak mungkin dan bahkan menghasilkan energi dari sumber yang terbarukan. Sejumlah besar energi yang digunakan oleh pusat data untuk menjaga agar situs web Anda naik biasanya diproduksi dari generator pemancar karbon. Generator pemancar karbon adalah bahan bakar yang tidak terbarukan untuk menghasilkan listrik dan memberikan terlalu banyak karbon serta polutan lainnya).

Green web hosting berusaha meminimalkan konsumsi energi server mereka. Mereka biasanya menggunakan mesin yang mengkonsumsi lebih sedikit energi dan mengurangi penggunaan energi sedapat mungkin. Terlepas dari ini, banyak dari hosting ini yang menghasilkan energi dari sumber energi angin, matahari, dan sumber daya terbarukan lainnya untuk menyalakan server mereka. Tenaga surya dan tenaga angin semakin populer saat ini dan merupakan sumber energi yang ideal untuk green web hosting.

Baca Juga : Cara Mendaftarkan Website ke Google Webmaster Tools

Selain menghemat energi, green web hosting juga memiliki rencana pembuangan peralatan yang aman. Komputer dan peralatan terkait memiliki banyak zat beracun yang digunakan di dalamnya. Green web hosting juga memastikan bahwa peralatan komputer yang rusak dan lama akan dibuang dengan benar sehingga tidak mempengaruhi lingkungan. Sebagian besar komponen elektronik ini bisa didaur ulang dan green web hosting melakukannya dengan mesin.

Apa Pengaruh Teknologi Web Hosting Hijau Untuk Lingkungan?

green web hosting

Saat Anda mulai menggunakan layanan web hosting, tentu membutuhkan energy untuk dapat menyediakan layanan tersebut. Untuk menjaga sebuah website agar tetap dapat berjalan, penyedia hosting bergantung sepenuhnya pada server. Dan seperti yang telah dijelaskan di awal artikel ini, server bekerja sepanjang waktu. Dan karenanya membutuhkan banyak energy untuk mempertahankan waktu kerja yang tinggi.

Dan kerja-kerja server ini tentu saja menghasilkan panas dalam proporsi yang lebih besar. Jadi, karena bekerja 24 jam sehari selama tujuh hari, belum lagi tugas-tugas berat lainnya, maka tak heran server hosting harus memiliki sistem pendinginan yang bagus.

Saat ini, banyak provider hosting ramah lingkungan adalah untuk mengkompensasi jejak karbon industri. Meskipun tak jarang aksi ini juga ditunggangi provider hosting yang hanya menggunakan tagar green hosting sebagai gimik pemasaran semata, namun banyak juga yang memang benar-benar memiliki komitmen untuk menjaga lingkungan.

Namun penting untuk diperhatikan bahwa kegiatan hosting hanya menggunakan sedikit dari kapasitas pusat data. Sehingga, kecil kemungkinan untuk mendikte bagaimana cara pusat data mendikte menghasilkan energinya. Jadi, yang bisa bisa dilakukan provider hosting untuk berkontribusi pada lingkungan adalah dengan cara lyang lain.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebagian besar green web hosting membeli REC (Renewable Energy Certificate) agar lebih besar daripada pemakaian energi normalnya. Bukan hanya energi yang mereka simpan, namun REC yang mereka beli juga memainkan peran penting. REC bertujuan untuk menghilangkan karbon dari atmosfer saat penggunaan daya web hosting.

Penggunaan REC adalah untuk melakukan pembelian proyek pembangkit energi yang terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga air, tenaga angin, dan tenaga surya. Ada beberapa green web hosting yang menanamkan pusat data mereka di sekitar pepohonan untuk tujuan yang sama. Penyedia green web hosting juga menggunakan server ‘energy star’ yang disetujui dan hardware hemat energi lainnya untuk mengurangi konsumsi daya mereka.

Mengapa Harus ‘Go Green’?

green web hosting

Jumlah situs online yang meroket setiap tahunnya tentu membutuhkan daya yang semakin banyak. Sebagian besar web hosting konvensional yang Anda kenal mungkin mengkonsumsi listrik yang terbuat dari generator pemancar karbon dan ini bisa membawa dampak buruk bagi planet kita. Konservasi energi menjadi semakin penting dan kebanyakan perusahan mulai melakukan bagian mereka untuk menghemat energi.

Web hosting adalah salah satu konsumen energi terbesar di antara dunia teknologi. Jika mereka bisa menjalankan program ‘go green’, maka tentu akan lebih baik bukan? Dengan memilih green web hosting sebagai penyedia hosting, Anda bisa melakukan sedikit hal untuk menyelamatkan alam dan melestarikannya untuk generasi mendatang.

Dengan menggunakan teknologi hijau, Anda telah berkontribusi untuk mengurangi jejak karbon, yang berarti memberikan dampak lebih baik bagi lingkungan. Lantas, bagaimana cara memilih provider hosting yang mendukung penggunaan teknologi hijau?

Untuk memilih penyedia hosting yang mendukung teknologi hijau, Anda bisa memilih penyedia hosting yang memiliki dua jenis sertifikasi pada teknologi hijau. Yaitu REC atau Renewable Energy Certificates dan Carbon Offset Certification atau VER.

Kesimpulan

Selalu ada pro dan kontra untuk segala hal, namun saat membahas mengenai green web hosting maka kami rasa yang pro akan lebih besar. Tidak ada alasan mengapa seseorang tidak ingin menyelamatkan planet kita dan tetap menjalankan ‘go green’ sekaligus dengan situs web yang dihosting. Untuk itu, pastikan web hosting yang Anda gunakan termasuk dalam green web hosting.

Mau punya website yang kencang dan dapat diandalkan? Tunggu apalagi, ayo berlangganan hosting murah terbaik hanya di IDwebhost.


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/idweb01/public_html/blog/wp-includes/functions.php on line 4609