Amazon Cloud, Seberapa Baguskah?
Blog Tips Keren

Amazon Cloud, Seberapa Baguskah?

AWS Amazon telah berkembang ke arah cloud hosting platform, dan Elastic Compute Cloud atau EC2 dari Amazon adalah jenis layanan web yang dibangun diatas teknologi cloud computing yang memberikan pengguna contoh virtual mesin pada cloud untuk host dan menjalankan aplikasi pada platform tersebut. Berbagai pilihan software dapat diinstal dan dijalankan sesuai dengan preferensi pengguna. Hal ini akan membantu para developers untuk melakukan scale up web untuk kemampuan komputasi yang lebih cepat dan mudah.

Model bisnis baru

Amazon baru-baru ini membawa seorang pelanggan yang puas dengan bisnis mereka dan mengatakan ‘Pay Only For What You Use’.

Tidak ada biaya minimum

Amazon tidak memungut biaya minimum untuk layanan mereka. Ada juga AWS calculator sederhana yang dapat digunakan untuk melakukan perhitungan bulanan, yang membantu kita dalam memperkirakan tagihan setiap bulannya. Harga yang tercantum sesuai dengan contoh regional yang sedang berjalan untuk kita. Di Amazon EC2 memberikan pilihan, kita bisa mendapatkan gambaran yang sangat rinci dan perbandingan antara contoh On-Demand, Spot, dan Reserved.

Tier gratis

Fasilitas Tier gratis yang merupakan subsistem dari AWS Free Usage memungkinkan pelanggan baru untuk mendapatkan Amazon Ec2 tanpa biaya sepeser pun. Ketika pelanggan baru mendaftar AWS, maka mereka akan mendapatkan beberapa fitur setiap bulan untuk satu tahun penuh. Berikut beberapa fitur tersebut.

  • EC2 running on Linux or Unix Micros Instances with 750 hours of usage,
  • Elastic Load Balancing with 750 hours of usage and data processing of 15GB,
  • Amazon Elastic Block Storage or EBS comes with 10GB of usage,
  • IOS in 1 million units,
  • Snapshot Storage of 1GB,
  • Snap shot Get Request for 10000 snaps,
  • 1000 snap shot Put Requests, and
  • In & Out Bandwidth of 15 GB combined across entire AWS services.

Contoh On-Demand

Dalam contoh kasus On-Demand, kita membayar untuk layanan yang dihitung per jam dan tanpa kontrak jangka panjang. Biaya dan kompleksitas yang rumit dihilangkan pada saat perencanaan, pemeliharaan dan transformasi hardware, dan bahkan membelinya, sehingga biaya variabel lebih kecil daripada jumlah besar.

Berapa banyak biaya sebenarnya

Untuk memberikan gambaran singkat tentang harga, kita membayar $0.085 per jam untuk Linux, dan $0.12 per jam untuk paket Windows, dan harga meningkat dan menjadi $2.00 per jam untuk Linux, dan $2.48 per jam untuk contoh Quadruple Extra Large. Awalnya, ada beberapa keluhan tentang masalah kapasitas data, namun Amazon telah berhasil mengatasinya dalam kurun waktu yang cukup singkat.

Contoh Reserved

Dalam contoh kasus Reserved, kita mendapatkan pilihan pembayaran satu kali dan itu sangat terjangkau untuk setiap contoh seperti reserve. Terlebih lagi, kita juga bisa mendapatkan diskom per jam. Kesimpulan Jika dilihat dari fitur dan layanan yang ditawarkan, Amazon cloud computing ini benar-benar kompetitif. Meskipun, harga untuk Quadruple Extra Large dan beberapa paket lainnya realtif lebih tinggi.