Blog Tips Keren 8 Tips Meningkatkan Kinerja Website Anda

8 Tips Meningkatkan Kinerja Website Anda

Anda mungkin pernah berada dalam situasi dimana harus menunggu lama untuk memuat halaman website. Ini adalah pengalaman buruk yang mengecewakan bagi banyak orang. Sebagai pemilik web, terutama jika itu adalah web yang menghasilkan keuntungan, maka hal ini bukanlah yang diinginkan. Faktanya, konsumen sekarang memiliki rentang perhatian yang semakin pendek. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa pengguna website tidak akan mengalami kekecewaan karena kinerja website yang tidak sesuai.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kecepatan download dan kinerja website langsung mempengaruhi perilaku pelanggan dalam hal konversi. Menaja kinerja website agar tetap tinggi berarti Anda perlu melakukan sejumlah hal. Artikel ini akan memberi panduan kepada Anda untuk meningkatkan kinerja website.

  1. Kurangi Permintaan HTTP

Laporan oleh Yahoo mengungkapkan bahwa hampir 80% dari waktu membuka website akan dihabiskan untuk mendownload berbagai potongan halaman. Bagian seperti stylesheet, gambar, script, flash, dll akan diakses dengan membuat permintaan HTTP sebelumnya. Oleh karena itu, jika Anda memiliki berbagai komponen ini, maka akan semakin lama waktu untuk membuka halaman. Untungnya, Anda dapat meningkatkan kecepatan dengan menggunakan CSS sebisa mungkin. Melalui pemangkasan jumlah elemen pada halaman dan menggunakan kombinasi tunggal dari beberapa style sheet, Anda dapat meningkatkan kinerja website.

  1. Aktifkan Kompresi

Jika halaman web Anda terdiri dari konten yang berkualitas tinggi, ukurannya dapat lebih dari 100Kb sehingga memakan waktu saat mendownload. Untuk mengatasinya, hal terbaik yang dapat dilakukan yaitu dengan mengaktifkan kompres melalui pos. Hal ini mengurangi waktu beban dan membuat semua orang bahagia. Dengan kompresi, bandwidth halaman tersebut akan berkurang sehingga mengurangi respon HTTP.

  1. Meningkatkan Pesan Anda

Sebelum pengunjung dapat dikonversi menjadi pelanggan, ada banyak faktor yang terlibat. Mayoritas terletak pada bagaimana isi dari paket website Anda. Pesan sentral yang disajikan harus jelas, tepat, cepat, dan meyakinkan. Pesan sentral Anda diperlukan dalam melayani seperti link bagi pengunjung untuk mengakses halaman internal.

  1. Berikan Pengunjung Anda Sebuah Alasan Untuk Memeriksa Kembali

Mendapatkan pengunjung pada halaman Anda adalah hal besar, tetapi memberi mereka alasan untuk kembali ke halaman Anda di kemudian hari akan jauh lebih penting. Menurut David Kokosi, seorang ahli jaringan dan IP stresser “Pengunjung jarang dikonversi menjadi pelanggan pada kunjungan pertama mereka. Kunjungan pertama sering digunakan untuk mengakses kredibilitas. Upaya lebih harus diambil untuk memberikan sesuatu kepada pengunjung agar mereka kembali”. Langkah-langkah yang dapat diambil misalnya membuat sebuah blog yang diperbarui secara rutin, memberikan artikel praktis, atau menyediakan newsletter dan RSS feed.

  1. Buatlah Website Yang Ramah Untuk Mobile

Saat ini, sebagian besar dari orang-orang mengakses internet melalui perangkat mobile. Dengan demikian, memiliki desain website yang responsif adalah pilihan tepat. Sangat penting untuk memberikan prioritas utama bagi perangkat mobile dalam merancang website.

  1. Aktifkan Cache Browser

Saat kunjungan ke situs web manapun, elemen pada halaman akan disimpan dalam cache pada hard drive. Untuk itu, Anda perlu mengaktifkan cache browser. Memiliki web cache yang aktif secara signifikan dapat mengurangi waktu buka browser sebanyak 70% karena semua komponen yang diperlukan tidak akan didownload lagi.

  1. Optimalkan Gambar

Gambar adalah bagian dari komponen terberat dalam konten web. Anda perlu mengoptimalkan mereka untuk mengurangi waktu buka. Pada gambar, ada tiga hal yang penting yaitu ukuran gambar, format gambar, dan atribut src.

  1. Mendaftar Pada Web Hosting Terbaik

Memilih web hosting yang baik untuk situs web adalah hal penting. Layanan web hosting yang dipilih akan menentukan waktu respon dari website Anda. Jadi, pilihlah web hosting yang sesuai dengan kebutuhn website Anda.