Blog Tips Keren

8 Tips Memilih Web Hosting Yang Tepat

Banyak usaha kecil yang menyiapkan website mereka sendiri untuk memberikan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Dalam rangka membuat website tetap hidup, Anda harus berlangganan ke penyedia web hosting. Jika Anda mencari penyedia web hosting di internet, Anda akan menemukan hasil pencarian hingga ratusan perusahaan web hosting. Anda tentu akan kebingungan mencari satu yang tepat. Untuk membantu Anda, berikut adalah 8 tips yang harus Anda lakukan untuk memilih web hosting yang tepat.

  1. Membaca Review

Cara terbaik untuk menentukan keandalan dari perusahaan web hosting adalah dengan membaca review. Tempat yang baik untuk membaca review adalah melalui blog review web hosting. Blog review web hosting menawarkan review yang rinci meliputi berbagai aspek dari masing-masing perusahaan web hosting seperti jenis hosting, fitur, kontrol panel, uptime, dan layanan pelanggan. Saat melakukan perbandingan, Anda harus meluangkan waktu untuk melihat berbagai review dan memilih 3-4 situs web hosting yang terbaik.

  1. Harga

Berikutnya, Anda perlu mengunjungi situs perusahaan web hosting tersebut untuk mengetahui harga dari jenis hosting yang Anda inginkan. Harga yang ditampilkan di situs belum tentu sesuai dengan harga sebenarnya yang harus Anda bayar. Kadang-kadang, harga yang ditampilkan di situs lebih rendah karena diskon dan promosi. Biasanya, mereka akan menyatakan harga pembaruan pada halaman check out. Anda dapat mencari tahu tentang harga pembaruan serta biaya tersembunyi lainnya seperti biaya setup dengan berbicara langsung melalui customer service.

  1. Fitur Web Hosting

Selain itu, Anda juga harus melakukan penelitian tentang rincian teknis dari web hosting seperti ruang disk, bandwidth, RAM, domain, dan akun email. Anda harus memastikan bahwa mereka menawarkan ruang disk dan bandwidth yang cukup untuk memenuhi kebutuhan website Anda. Jika situs Anda memiliki ukuran kecil atau menengah, ada kemungkinan bahwa situs tidak memerlukan banyak ruang disk dan bandwidth. Di sisi lain, jika Anda memiliki situs yang sangat populer, Anda harus memilih hosting yang jelas menyatakan batasan ruang disk dan bandwidthnya.

  1. Sistem Operasi

Anda juga harus memastikan sistem operasi yang digunakan. Sebagian hosting yang murah menggunakan Linux. Linux cocok untuk hosting situs CMS dan situs yang berjalan dengan PHP. Sedangkan Windows cocok untuk situs yang menjalankan aplikasi berdasarkan ASP. Jika Anda mendaftar shared hosting, mereka akan memberikan Anda akses ke panel kontrol. Panel tersebut dapat berupa cPanel atau panel kontrol milik mereka sendiri.

  1. Kontrol Panel

Biasanya, ada link bagi Anda untuk mengklik test drive panel kontrol. Panel kontrol harus menawarkan semua aplikasi yang diperlukan seperti file upload FTP, statistik, membuat akun email, menambahkan sub domain, dan menginstal dengan satu kali klik.

  1. Fitur E-commerce

Jika Anda ingin membangun sebuah toko e-commerce, pastikan hosting Anda mendukung fitur e-commerce seperti shopping cart, dan sertifikasi SSL. Anda juga perlu memeriksa dan melihat apakah hosting tersebut dilengkapi dengan layanan gratis seperti domain gratis selama setahun, backup, dan dedicated IP.

  1. Uptime Dan Keamanan

Perusahaan web hosting harus memberikan jaminan uptime minimal 99,9%. Banyak perusahaan web hosting yang mengklaim bahwa mereka menawarkan uptime tinggi tetapi Anda bisa memastikan kebenarannya berdasarkan review pelanggan. Uptime dan keamanan yang rendah tidak baik terutama untuk sebuah toko online karena dapat mengecewakan pelanggan.

  1. Skalabilitas

Jika Anda berniat untuk memperluas situs, Anda harus mendaftar ke perusahaan web hosting yang menawarkan banyak jenis hosting sehingga Anda dapat mengupgrade dengan mudah. Perusahaan web hosting harus menawarkan hosting yang lebih baik seperti VPS atau dedicated hosting sehingga Anda dapat mengupgrade dengan mudah tanpa harus mentransfer situs ke web hosting lain.