7 Tips Melakukan Online Marketing yang Efektif
Blog Tips Keren

7 Tips Melakukan Online Marketing yang Efektif

tips marketing online

Online marketing adalah sebuah bentuk dari pemasaran dan periklanan melalui atau menggunakan media online, untuk mengirimkan pesan-pesan promosi suatu produk atau jasa kepada konsumen. Lalu, apa gunanya kita melakukan internet marketing atau online marketing? Tentunya setiap pebisnis, baik itu pemilik bisnis offline maupun pemilik bisnis online, pasti ingin meningkatkan hasil penjualan mereka atau ingin membuat brand mereka lebih terkenal lagi. Nah, internet adalah salah satu media yang sangat baik untuk memberikan informasi kepada pengguna internet (netter) tentang bisnis mereka, dan juga sebagai media untuk menjual produk yang mereka miliki.

Ada banyak cara untuk melakukan kegiatan online marketing, tak terhitung lagi banyaknya artikel, ebook dan panduan belajar online marketing di luar sana. Seiring dengan semakin gencarnya penggunaan internet dalam berbisnis membuat kegiatan online marketing mau tidak mau harus dijalankan oleh para pelaku bisnis. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk melakukan online marketing yang efektif dan sukses.

Pahamilah Sosial Media

Tentunya hampir semua orang saat ini memiliki sosial media, baik itu Facebook, Instagram, hingga Twitter. Tentunya jika ingin menjadi sukses dalam dunia marketing, haruslah bisa menjangkau seluas-luasnya dalam dunia nertworking. Nah, dengan memanfaatkan sosial media, maka semua itu menjadi mudah. Karena selain menjadi tempat untuk berkumpul dan berbagi informasi, media sosial juga menjadi tempat potensial dikarenakan mudahnya menemukan golongan atau sekolompok orang yang mempunyai ketertarikan yang sama akan sesuatu.

Selain mudahnya untuk mendapatkan target, atau calon konsumen, di dalam media sosial juga bisa melakukan promosi tentang produk yang dipasarkan secara gratis ! Tentunya bisa juga melakukan promosi berbayar, dengan begitu maka produk Anda akan muncul secara massive di semua kalangan orang yang mengakses media sosial. Tentunya hal ini membuat promosi yang dilakukan menjadi mudah diketahui oleh masyarakat luas, tidak hanya di Indonesia, namun hingga merambah ke luar negeri.

Gunakanlah Sebuah Website

Jika di dunia nyata Anda harus membayar lebih untuk mendapatkan sebuah lahan dalam berjualan, maka di dalam dunia internet Anda bisa mendapatkan lahan berjualan secara cuma-cuma. Tentunya dengan mempunyai website sendiri, produk yang dipromosikan akan lebih mudah dilihat oleh calon pelanggan baru. Dengan menggunakan website sendiri juga Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan mudah terhadap calon pembeli.

Setelah mempunyai website atau blog, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah konten atau isi dari web. Buatlah sebuah website yang menarik hati banyak orang agar mengunjungi dan melihat-lihat produk yang Anda tawarkan. Anda juga bisa mengoptimalkan pencarian keyword menuju pada blog dengan Search Engine Optimazion (SEO). Sehingga website Anda lebih mudah dicari dan menjadi urutan pertama dalam pemilihan di search engine.

Mempunyai Emai

Jika Anda benar-benar ingin terjun ke dalam dunia online marketing, maka mempunyai sebuah email adalah kewajiban. Email merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk berkomunikasi kepada masyarakat luas. Tentunya email ini seperti sebuah pintu masuk konsumen. Anda bisa melakukan promosi gratis melalui email. Hal ini merupakan sebuah kelebihan bagi Anda. Biasanya juga konsumen, calon pembeli, ataupun calon partner bisnis nantinya akan menanyakan email Anda untuk obrolan lebih lanjut tentang promosi yang ditawarkan.

Jangan Mudah Putus Asa

Belajar dan menerapkan ilmu online marketing memang bukan perkara yang mudah. Tentunya kesabaran merupakan hal yang wajib untuk dimiliki dalam mencapai kesuksesan. Mencapai kesuksesan bukanlah perkara yang mudah, tentunya dibutuhkan asa yang tinggi dalam menghadapi kendala dan rasa bosan yang setiap saat bisa menghampiri. Untuk mengatasi rasa bosan, Anda bisa melakukan pembelajaran online marketing di tempat-tempat yang asik dan tentunya tidak membuat Anda merasa jenuh.

Terus Belajar

Seorang manusia dituntut untuk selalu belajar dalam menghadapi semua perkembangan yang ada. Begitupun seorang internet marketer, yang diharuskan belajar untuk mendapatkan sebuah ide-ide segar yang dapat diterapkan dalam dunia online marketing.

Kuatkan Niat

Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang internet marketer, maka kuatkanlah niat dan tekad Anda. Tentunya bukan perkara yang mudah untuk mendapatkan hasil yang ingin dicapai secara cepat, dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar juga untuk bisa memetik buah yang diinginkan.

Setelah beberapa waktu belajar dan menerapkan online marketing, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah komitmen dalam menggeluti dunia ini. Karena tidak sedikit orang yang berkurang niatnya hanya karena diterpa sebuah musibah.

Lakukan !

Setelah menguatkan niat, dan telah cukup mempelajari ilmu online marketing, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan kegiatan marketing tersebut. Tentunya akan banyak penolakan di awal-awal, tapi sudah sewajarnya begitu, dunia marketing merupakan dunia yang membutuhkan hati baja dan tidak mudah menyerah akan kegagalan. Jika Anda mengalami kegagalan promosi online untuk pertama kalinya, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah melakukan promosi online kembali, jika gagal, lakukan lagi, begitu seterusnya hingga berhasil mendapatkan perhatian dari orang-orang yang ingin membeli produk Anda.