7 Tips Jitu Customer Service yang Harus Anda Tahu
Blog Tips Keren 7 Tips Jitu Customer Service yang Harus Anda Tahu

7 Tips Jitu Customer Service yang Harus Anda Tahu

customer service

Ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan dalam memulai sebuah bisnis, salah satunya adalah pelanggan. Aturan #1: Piirkan pelanggan sebagai individu. Setelah berpikir seperti itu, kita akan menyadari bahwa kunci dari kesuksesan sebuah bisnis ada pada pelanggan, bukan produk atau layanan yang ditawarkan.

Sebagus apapun produk dan jasa yang Anda tawarkan, namun jika layanan pelanggan atau customer service buruk, itu tidak hanya dapat membuat pelanggan marah, tetapi juga akan berdampak negatif pada bisnis Anda. Berikut adalah 10 tips efektif untuk customer service yang baik.

1. Tidak ada customer service yang berkualitas melebihi kualitas orang yang mempekerjakan mereka. Anda (sebagai pemilik bisnis) yang mempekerjakan karyawan sebagai customer service harus selalu memperlakukan mereka dengan baik. Misalnya, adakan pelatihan secara rutin bagi karyawan untuk meningkatkan kemampuan mereka. Hal ini akan menunjukkan kepedulian Anda terhadap karyawan dan untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik pada konsumen.

2. Customer service akan memperlakukan pelanggan seperti Anda memperlakukan mereka. Karyawan selalu mengambil contoh dari manajemen. Apakah Anda selalu menyapa karyawan setiap hari? Apakah Anda memperlakukan mereka dengan sopan? Apakah Anda selalu mengakomodasi permintaan mereka? Apakah Anda selalu mendengarkan masukkan mereka? Layanan pelanggan yang buruk adalah cerminan dari manajemen yang buruk. Jadi, bersikaplah baik pada semua karyawan dan selalu menghargai mereka.

3. Apakah Anda tahu siapa pelanggan Anda? Jika ada pelanggan yang kembali lagi, apakah Anda dapat mengenali mereka? Dapatkah Anda memanggil mereka dengan nama? Kita semua tahu bahwa kita ingin selalu merasa penting, memanggil seseorang dengan nama adalah cara sederhana untuk dilakukan dan memungkinkan mereka tahu bahwa Anda menghargai mereka sebagai pelanggan.

4. Customer service yang baik selalu bekerja ‘ekstra’. Sertakan ucapan terima kasih dalam paket pelanggan, kirimkan kartu ucapan ulang tahun, atau berikan ucapan selamat ketika mereka mendapatkan sebuah kode promo. Ada berbagai macam cara untuk tetap berhubungan dengan pelanggan dan membawa mereka lebih dekat dengan Anda.

5. Customer service yang baik selalu memberikan solusi terbaik bukan berdebat. Pelanggan tidak selalu benar, namun membuktikan siapa yang salah dan siapa yang benar bukan cara yang baik dalam menyelesaikan masalah pelanggan. Sebaliknya, pikirkan bagaimana cara untuk memperbaikinya dan memberikan solusi yang tepat untuk pelanggan.

6. Apakah customer service Anda benar-benar terlatih dalam menangani keluhan pelanggan atau orang yang marah? Berikan pedoman pada mereka apa yang harus dikatakan dan dilakukan untuk menangani setiap kasus. Orang-orang yang berada digaris depan dari sebuah situasi memainkan peran paling penting dalam pengalaman pelanggan. Pastikan mereka tahu apa yang harus dilakukan dan dikatakan untuk membuat pengalaman pelanggan yang positif dan menyenangkan.

7. Ingin tahu apa yang pelanggan pikirkan tentang perusahaan Anda? Tanyakan pada mereka. Buatlah sebuah kartu/catatan sederhana “Bagaimana kami bisa membantu Anda?” dan letakan pada pintu keluar atau stand registrasi. Tanyakan hal-hal seperti apa yang mereka inginkan, apa yang mereka tidak sukai, apa yang harus kita rubah, apa yang bisa kita lakukan untuk menjadi lebih baik, dll.

Ingat! Uang yang banyak saja tidak cukup untuk memenangkan persaingan dalam mempertahankan pelanggan. Persepsi setiap pelanggan tentang perusahaan kita akan menentukan seberapa baik yang kita lakukan dan persepsi ini akan bergantung pada tingkat layanan pelanggan yang kita berikan.