7 Tips Ampuh Meningkatkan Penjualan Usaha Web Hosting-Mu!
Blog Tips Keren

7 Tips Ampuh Meningkatkan Penjualan Usaha Web Hosting-Mu!

hosting

Banyak penyedia layanan web hosting yang menghabiskan sebagian besar waktu dan uang mereka hanya untuk memikirkan bagaimana bertahan di industri hosting yang sangat kompetitif sekarang ini. Sangat sedikit dari mereka yang benar-benar melihat ke depan dan mencoba untuk datang dengan ide baru yang bisa membantu meningkatkan penjualan mereka secara perlahan dan akhirnya melalui meledak. Sebelumnya, untuk mendapatkan perusahaan web hosting jauh lebih mudah dibandingkan dengan saat ini dimana jumlah situs di Internet bermacam-macam dengan banyaknya penyedia layanan web hosting.

Dalam skenario seperti itu, untuk mendapatkan website dengan peringkat lebih tinggi pada direktori dan mesin pencari menjadi lebih sulit. Masih banyak pemula yang percaya dan beranggapan bahwa dengan mengirimkan URL situs mereka ke mesin pencari yang berbeda akan membantu meningkatkan penjualan mereka.

Faktanya adalah metode tersebut telah berubah untuk saat ini yang hampir tidak mungkin untuk menghasilkan penjualan tunggal dengan pendekatan tersebut. Tentu saja, dengan beberapa taktik pemasaran media sosial yang inovatif bisa membantumu. Berikut 7 ide yang bisa membantu untuk mendorong penjualan web hosting yang lebih tinggi.

1. Tawarkan nilai tambah layanan

Nilai tambah produk dengan sedikit atau tanpa biaya tambahan dapat membuat paket web hosting Anda menjadi lebih menarik. Misalnya, tawarkan 20 akun email ketika kompetitor Anda hanya memberikan 10 akun email, atau tawarkan $100 atau bahkan $200 senilai kredit iklan untuk platform seperti Google dan Facebook bisa memberikan keunggulan besar dari pesaing Anda.

2. Tawarkan Add-ons untuk pelanggan yang ada

Menawarkan produk dan jasa dibawah standar untuk pelanggan dan mengabaikan mereka bisa menjadikan bencana bagi penyedia web hosting. Anda harus selalu merumuskan rencana dan strategi untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada, tapi juga mendorong untuk add-ons tambahan seperti domain, SSL, cloud backups, managed hosting dan lain-lain. Namun, Anda hanya bisa menjual add-ons ketika pelanggan benar-benar puas dengan kualitas layanan Anda. Bahkan jika beberapa pelanggan tidak memperbarui layanan sub-standar yang ditawarkan oleh tim dukungan Anda, maka Anda tidak memiliki orang lain untuk disalahkan, dan itu pasti akan memukul Anda untuk jangka panjang. Dalam kasus tersebut, mempertahankan pelanggan itu sendiri akan menjadi sebuah tantangan, apalagi kemungkinan untuk mendorong keluarnya setiap add-ons.

3. Cobalah untuk menargetkan pasar seluruh dunia

Jangan membatasi bisnis Anda dengan strategi pemasaran yang hanya menargetkan pelanggan lokal. Bisnis web hosting tidak memiliki batas, dan Anda bisa dengan mudah menargetkan pasar global yang berbeda serta mencari tahu daerah mana yang menawarkan paket lebih mahal dari Anda sesuai paket yang dipasarkan pada pasar lokal, dan tingkatkan penjualan Anda disana.

4. Memanfaatkan publisitas gratis

Press releases/siaran pers adalah sesuatu yang tidak boleh untuk dilewatkan. Mungkin tidak ada bentuk yang lebih baik dari publisitas gratis dari siaran pers. Buat siaran pers untuk bisnis web hosting Anda sekarang dan nanti, kemudian publikasikan pada direktori siaran pers yang populer. Hal ini bisa meningkatkan penjualan Anda setidaknya 5-10% jika dilakukan secara efektif, karena visibilitas adalah segalanya di web!

5. Buat daftar penjualan yang menarik dan custom landing page untuk semua paket web hosting

Pastikan Anda menjelaskan tentang paket hosting, infrastruktur jaringan dan semua pilihan reseller secara rinci. Lihatlah beberapa situs web pesaing yang sukses di pasaran, pelajari bagaimana mereka menjelaskan paket mereka secara rinci bukan dengan cara yang halus. Gunakan konsep-konsep tersebut di situs Anda dengan sedikit personalisasi.

6. Flash Sale dan penawaran terbatas

Ketika Anda benar-benar ingin mendapatkan puluhan pelanggan secara instan, tidak ada cara yang lebih baik daripada menjalnkan flash sale. Hampir setiap pelanggan web hosting menunggu flash sale $1 dari HostGator atau penjualan domain $1 dari GoDaddy selama Black Friday dan Cyber Monday. Jadi, Anda juga bisa menjalankan penawaran seperti itu untuk mendapatkan lebih banyak market-share. Namun, penjualan flash sale dan promo diskon tidak akan meningkatkan bottom-line Anda dengan cepat.

7. Menemukan space iklan yang tepat

Jangan terburu-buru untuk membayar space iklan yang mahal di web dan mesin pencari. Banyak perusahaan web hosting selalu berpikir menghentikan iklan karena mereka tidak tahu bagaimana membuat kampanye iklan yang terbaik. Ambil kesempatan dan temukan beberapa penawaran terbaik pada space iklan dimana Anda bisa mendapatkan exposure yang baik dengan biaya yang minimal.

Itulah 7 tips ampuh bagaimana meningkatkan penjualan web hosting.