Blog Tips Keren 6 Faktor Penting Bagi E-Commerce Saat Memilih Web Hosting

6 Faktor Penting Bagi E-Commerce Saat Memilih Web Hosting

Saat Anda berencana untuk memulai bisnis e-commerce, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah memilih web hosting yang tepat. Memilih web hosting dapat berpengaruh besar, apakah penjualan akan meningkat atau malah memberi dampak negatif untuk bisnis. Layanan web hosting terbaik akan membantu website Anda memiliki kinerja yang lebih cepat, tetap aman, dan tidak pernah offline. Ada banyak vendor yang menjanjikan untuk memberi layanan web hosting terbaik, namun Anda perlu memilihnya dengan hati-hati agar tidak salah pilih. Pada artikel ini, kami memecah enam karakteristik yang paling penting saat memilih web hosting.

  1. Carilah Keandalannya

Web hosting yang tepat akan membantu website Anda tetap online atau uptime. Jika Anda memilih layanan yang tidak konsisten dalam hal uptime, maka akan sangat merugikan untuk penjualan bisnis Anda. Misalnya, apa yang akan terjadi saat website Anda mengalami offline selama 4 jam? Hal ini berarti Anda akan kehilangan pendapatan selama masa downtime tersebut. Setiap menit mengalami downtime, berarti Anda tidak dapat menjual produk. Inilah yang harus menjadi fokus utama saat memilih layanan web hosting. Bandingkan review dari tiap layanan web hosting mengenai keandalannya, mulai dari presentase uptimenya, keandalan metriksnya, dengan siapa saja mereka sudah bekerja sama, dll. Ini akan membantu Anda meruncingkan pilihan layanan web hosting yang ada.

  1. Bandingkan Kinerjanya

Sebuah situs web yang lambat sama halnya dengan offline. Sebagian besar konsumen tidak akan mau menunggu memuat halaman yang lama. Jika ini terjadi terus-menerus, maka Anda mungkin sudah kehilangan pelanggan potensial. Keadaan juga akan menjadi lebih buruk jika ternyata orang-orang menemukan website pesaing Anda memiliki kinerja yang lebih baik dan cepat. Perbaikan dalam kecepatan memuat halaman dapat berpengaruh pada penjualan secara langsung. Jadi, pastikan Anda menggunakan situs sebelumnya sebagai percobaan untuk menentukan mana web hosting tercepat sebelum membuat keputusan akhir.

  1. Layanan Pelanggan

Perhatikan juga mengenai layanan pelanggan yang disediakan. Anda tentu tidak ingin memilih web hosting yang hanya menawarkan bantuan pada saat jam kerja saja, hal ini tentu tidak realistis. Sebagian besar layanan sudah menawarkan dukungan 24/7 sehingga tidak sulit untuk menemukannya, namun pastikan Anda mengetahui jenis dukungan yang diberikan. Misalnya, apakah mereka memiliki tim respon on call, atau tim yang dapat melakukan live chat. Semakin Anda dapat menghubungi layanan pelanggan dan mengetahui jenis layanannya, maka semakin tepat untuk dipilih.

  1. Tanyakan Tentang Keamanan

Tanyakan apakah web hosting yang akan dipilih mampu mengelola keamanannya atau justru Anda sendiri yang mengelolanya. Cari web hosting yang memberikan layanan keamanan data dan mengutamakan keamanan tersebut. Anda juga perlu memastikan apakah mereka siap membantu ketika website Anda mengalami masalah dalam hal keamanannya.

  1. Integrasi dan Bundled Software

Kebanyakan layanan web hosting menawarkan berbagai paket software dan integrasi yang berbeda. Pilihlah web hosting yang terintegrasi dan memiliki software terbaik sehingga Anda tidak perlu repot-repot memikirkan kinerjanya.

  1. Memilih Dedicated Hosting, Shared Hosting, Atau VPS

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui dengan baik tentang perbedaan dedicated hosting, shared hosting, dan VPS (Virtual Private Server). Baik VPS, dedicated hosting, dan shared hosting memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda baru memulainya, mungkin Anda ingin menggunakan shared hosting. Tetapi semua bergantung pada kapasitas dan apa yang Anda butuhkan.