6 Cara Terbaik Untuk Melindungi Situs Bisnis Anda
Blog Tips Keren

6 Cara Terbaik Untuk Melindungi Situs Bisnis Anda

Computer hacker silhouette of hooded man

Anda tidak perlu memikirkan apakah situs bisnis yang dimiliki perlu mendapat perlindungan khusus. Sekarang ini, semakin marak terjadi pembajakan situs-situs dan mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit bagi sebuah bisnis. Bahkan mereka harus mengalami kerugian tidak hanya materi namun juga kredibilitasnya di hadapan konsumen. Ini menunjukkan bahwa perlindungan situs web tidak hanya baik untuk keamanan, namun juga untuk mempertahankan keuntungan bisnis Anda.

6 Cara Terbaik Dalam Menjaga Keamanan Situs Web

Penting untuk melindungi aset bisnis Anda.Berikut adalah tujuh cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki keamanan situs web dan menyimpan data berharga dengan aman.

1. Dapatkan Pemindai Kerentanan

Pemindai kerentanan dapat menunjukkan bahwa situs Anda berada dalam bahaya. Pemindai kerentanan menunjukkan situs Anda lemah dan mudah diretas oleh hacker. Jika pemindai yang digunakan cukup bagus, mereka dapat menunjukkan cara memperbaiki kelemahan tersebut.Hal ini sangat penting karena mereka berpikir seperti orang jahat, menyelidiki sebuah jaringan, mencari pelabuhan terbuka, dan menemukan kerentanan untuk dieksploitasi.

Penting untuk memindai secara teratur, bahkan sehari berkali-kali. Kerentanan baru dapat ditemukan kapan saja, dan sesuatu yang mungkin sudah aman kemarin, bisa jadi tidak aman hari ini. Gunakan pemindai kerentanan yang mudah digunakan sehingga Anda sendiri dapat melakukannya.

2. Jauhkan Halaman Sensitif Dari Google

Banyak situs memiliki halaman admin yang pada umumnya lebih baik untuk tidak dipublikasikan.Bagaimanapun, halaman admin biasanya menunjuk ke area di situs Anda yang ingin dimiliki peretas.Jika semakin sulit bagi hacker untuk menemukan halaman-halaman itu, maka lebih baik bukan?

Itulah mengapa Anda perlu menjauhkan mereka dari Google. Untungnya, ini tidak terlalu sulit, terutama jika Anda tidak memiliki banyak tautan yang mengarah ke situs itu. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan perintah Disallow sederhana: ke file robots.txt Anda.

3. Dapatkan Perlindungan Malware Dan Virus Untuk Situs Anda

Sangat bijaksana untuk mendapatkan layanan perlindungan dari malware dan virus yang proaktif.Ini akan memungkinkan Anda untuk memindai situs dari hal-hal berbahaya yang sudah ada, dan kemudian membantu Anda menghapusnya. Pada dasarnya, ini akan membantu Anda kembali normal secepatnya.

4. Lakukan Backup Sesering Mungkin

Anda mungkin pernah mendengar ini sejuta kali. Memberitahu pemilik situs web untuk mencadangkan situs web mereka seperti menyuruh anak kecil memakan sayuran. Padahal cadangan data sangat penting untuk dimiliki agar informasi data tetap aman. Sekarang, beberapa host dapat melakukan backup untuk Anda. Ini adalah hal bagus, namun sebisa mungkin Anda juga perlu melakukan pencadangan dengan baik.

5. Berhati-Hatilah Dengan Hak Akses Masuk

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan keamanan situs web Anda adalah memiliki kontrol masuk yang lebih ketat. Sebuah login yang tetap berlaku selama 30 hari, meskipun tidak aktif, dapat menyebabkan risiko terhadap data pelanggan dan bisnis Anda. Jika kontrol login Anda lemah, maka siapa pun yang memiliki mereka dapat mengakses semua informasi berharga itu. Untuk itu, batasi hak akses Anda dan sesering mungkin mengganti password login.

6. Lindungi Pelanggan Dengan SSL

Keamanan situs web bukan hanya tentang melindungi barang yang Anda simpan di situs. Ini juga tentang menjaga agar data tetap aman karena dikirim ke situs Anda. Dan untuk itu, Anda memerlukan SSL. Sertifikat SSL mengenkripsi data yang dikirim ke server Anda, jadi ketika pelanggan mengetikkan informasi kartu kredit atau alamat rumah mereka, siapa pun yang “mendengarkan” koneksi Anda tidak akan bisa mendapatkan info berharga itu. Mereka dianggap sangat penting sehingga Google menggunakannya sebagai sinyal peringkat dalam pencarian dan secara aktif akan mempermalukan Anda jika situs Anda tidak memilikinya.