5 Trik Jitu Memakai LinkedIn Untuk Meningkatkan Penjualan
Blog Tips Keren

5 Trik Jitu Memakai LinkedIn Untuk Meningkatkan Penjualan

linkedin LinkedIn adalah salah satu jaringan sosial yang berorientasi bisnis. Beberapa bisnis profesional lebih nyaman menggunakan LinkedIn karena dianggap lebih baik dan profesional. Namun, masalahnya disini adalah tidak semua pengguna LinkedIn bisa diprediksi untuk mengklik iklan di LinkedIn. Memang, untuk membuat pemasaran masal jauh lebih sulit ketimbang pemasaran tunggal. Come on! jangan menyerah disitu. LinkedIn merupakan tool yang sangat efektif untuk authority positioning dan penjualan one-to-one. Sehingga, banyak yang merekomendasikan LinkedIn untuk membantu meningkatkan penjualan. Berikut adalah 5 tips ampuh menggunakan LinkedIn yang dapat membantu Anda untuk menarik prospek dan penjualan.

1. Memperkenalkan diri

Untuk segera membangun daftar prospek Anda, gunakan network tree Anda dengan memanfaatkan LinkedIn Recommendations. Ini memastikan bahwa klien atau pelanggan benar-benar tahu orang yang Anda mintai untuk berkenalan. Berikut caranya:

  • Buatlah daftar pelanggan atau klien.
  • Kunjungi profil LinkedIn mereka.
  • Periksa apakah mereka memiliki rekomendasi.
  • Buatlah daftar orang-orang yang merekomendasikan mereka untuk melihat apakah salah satu dari mereka memiliki percakapan tentang penjualan yang bernilai.
  • Kirim email ke pelanggan dan klien meminta perkenalan sederhana untuk orang lain.

2. Mulai percakapan

Scroll newsfeed Anda untuk mencari posting tentang pergantian jabatan, perpindahan karir, dan peringatan hari kerja. Tulis komentar positif untuk orang-orang tersebut, kemudian mulailah masuk ke dalam percakapan pribadi menggunakan LinkedIn messaging. Ajukan pertanyaan tambahan tentang perubahan, apa peran orang tersebut, dan apa target mereka di masa depan. Mulailah email pertama ini hanya membicarakan tentang mereka. Sebagai seorang responden, lakukan identifikasi di mana peluang Anda yang mungkin bisa memenuhi kebutuhan mereka. Ingat! Jangan sekali-kali berjualan di LinkedIn. Sebaliknya, meminta percakapan offline dan Anda bisa mulai dialog penjualan disana.

3. Gunakan “People You May Know” untuk menemukan lebih banyak prospek

Scroll daftar “People You May Know” koneksi yang disarankan, dan Anda bisa menambahkannya ke jaringan Anda, catat mereka yang ingin Anda masukkan ke pipeline penjualan. Kirim pesan setiap hari dari kelima kontak baru ini untuk berterima kasih atas hubungan mereka dan bertanya tentang posisi dan peran mereka di perusahaan mereka. Sekali lagi, jangan berjualan di LinkedIn, tetapi sebaliknya, meminta untuk percakapan secara offline. LinkedIn built-in CRM adalah alat yang cukup ampuh untuk mengelola proses ini.

4. Posting frenzy

Manfaatkan LinkedIn’s Long Form Posts untuk mempromosikan otoritas Anda ke seluruh jaringan Anda. Lakukan dengan cepat, sehingga Anda bisa fokus pada penjualan dan tidak menulis. Mulailah dengan menulis perkenalan untuk posting blog atau artikel, dan posting untuk perkenalan sebagai “Long Form Post.”

5. Gunakan Sponsor update

Jika Anda ingin mencoba iklan, gunakan platform iklan “Sponsored Updates” dari LinkedIn. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pesan Anda di depan dari kontak kunci cepat. Updates ini dijalankan dari halaman perusahaan Anda. Anda bisa fokus ke target pasar berdasarkan lokasi grafis, industri, jabatan, dan kata kunci, hanya untuk beberapa nama. Untuk melihat apakah ini merupakan investasi berkelanjutan yang bernilai, mulai dari yang kecil dan analisis hasilnya sebelum Anda menghabiskan banyak waktu. Dari laporan analisis ini, Anda akan menerima beberapa metrik seperti, Impressions, Clicks, Interactions, Followers Acquired, dan Engagement.