5 Tips Aman yang Harus Dipraktekkan Para Blogger
Blog Tips Keren

5 Tips Aman yang Harus Dipraktekkan Para Blogger

Setiap blogger pasti membutuhkan waktu dan dedikasi, bahkan blogging praktis akan bekerja dengan penuh waktu. Namun, blogger juga dekat dengan seorang hacker, mereka bisa memberikan masalah kepada blogger.

Jika kamu berfikir telah melakukan segalanya dengan benar, hacker akan datang dan menganggu kesenanganmu. Untuk menghindari ini, ada beberapa tips keamanan blogmu dari ancaman hacker:

  1. Memperkuat Password

Tidak semua orang tau password yang lemah dan kuat. Pada dasarnya, password akan dianggap lemah jika tidak berisi angka, huruf besar, huruf kecil, dan symbol. Jika ingin aman gunakan passwordmu hingga 8 karakter.

Terakhir, hindari menggunakan informasi pribadi apapun dalam passwordmu seperti, nama, alamat, nama pengguna, informasi yang terhubung ke blogmu. Pastikan juga kamu menghindari tanggal lahir atau nomor jaminan sosial. Ini akan mudah ditebak oleh siapa saja yang mencoba masuk ke akunmu. Terutama mereka adalah orang-orang yang mengenalmu secara pribadi, yang lebih buruk mereka mengetahui informasi secara online karena koneksi aman. Pastikan, kamu mengubah passwordmu secara teratur dan tidak menggunakan password yang sama lebih dari beberapa account.

  1. Melindungi Informasi Tentang Kamu

Siapapun itu yang menggunakan internet pasti tahu bagaimana menlindungi informasi tentang mereka. Setiap kali kamu terhubung ke internet dengan koneksi yang tidak aman, ini akan beresiko bagi diri kamu dan komputermu. Apalagi mereka tidak menyimpan file di computer dan ini akan mempengaruhi informasi pribadi oleh hacker. Misalnya, web browser sering menyimpan informasi log in kamu.

Jika kamu terhubung ke internet melalui Wi-Fi public, tentu ini sangat beresiko. Hacker dapat mudah mengakases komputermu dengan koneksi Wi-Fi yang tidak dilindungi password. Jika pengguna telah menyimpan perangkat yang terhubung ke Virtual Private Network (VPN), maka informasimu tidak dapat diakses sama sekali. Sebuah VPN jangka pendek akan mengenkripsi traffic-mu dengan menyediakan koneksi terenkripsi ke offsite server yang aman. Meskipun, terletak di kota yang sama atau negara. VPN banyak menawarkan ke beberapa lokasi yang berbeda untuk memilih. Koneksi terenkripsi ini akan membuat kamu tampak seolah berada dimanapun.

Saat sudah terhubung ke VPN, VPN akan mengirim semua permintaan yang kamu buat melalui internet, sehingga lokasi dan IP mu tidak dapat diakses. VPN akan melindungi perangkatmu ketika berada di Wi-Fi publik karena enkripsi. Enkripsi akan sulit dipecahkan karena membutuhkan mesin yang kuat untuk melakukannya, sehingga tidak ada hacker yang mencobanya.

Bonus tambahannya, VPN tidak hanya tersedia untuk komputermu, tapi juga tersedia di smartphone dan tablet. Untuk informasi lebih lanjut tentang VPN bisa kamu temukan di SecureThoughts.com.

  1. Backup File-mu

Buatlah cadangan file-mu sebagai sistem keamananmu. Jika kamu memiliki blog dan situsmu diketahui oleh hacker, lebih baik untuk mengedit atau mengahpus postinganmu. Ini akan menjadi ide yang baik untuk menyimpan file mu pada flash drive di computer yang banyak. Jadi, jika terjadi crash di salah satu computer, file-mu akan tetap aman.

Jika kamu belum yakin, periksa “Help” di bagian situs web hostmu. Mereka akan membantumu tentang informasi mengenai bagaimana dan di mana kamu harus menyimpan file-file dan bagaimana cara kamu memulihkan dari segala gangguan.

  1. On Top of Tetap Updates

Perbaharuilah terus perangkat lunak-mu dengan segera. Semakin tua perangkat lunakmu, maka semakin mudah bagi hacker untuk merusaknya. Pembaharuan perangkat lunak biasanya mencangkup kerentanan setiap program atau platform, sehingga lebih aman dan kesil untuk diganggu hacker.

Karena setiap perusahaan memberitahumu tentang pembaharuan, maka periksalah perangkat lunakmu secara teratur di opsi update.

  1. Jangan Beri Tau Info Rekeningmu

Untuk melindungi blogmu, maka jangan biarkan orang lain masuk ke akunmu. Jika memang terpaksa, kamu harus menggantu passwordmu segera mungkin. Jangan berbagi passwordmu di net, sekalipun kamu mengirimkan email.

Jika belum kamu lakukan, lebih baik kamu menjaga alamat email pribadimu yang terpisah dengan blogmu. Ini bukan hanya terlihat terorganisir, tetapi untuk menjaga semuanya lebih aman.

Sekarang, kamu memiliki beberapa dasar keamanan, jangan ragu untuk terus menulis blogging. Tapi, kamu harus terus waspada karena troll terus mengintaimu. Jika kamu terus mengambil langkah-langkah keamanan (seperti masuk ke VPN-mu) kamu harus dapat melawan.

Baca Terkait : Tutorial Custome Domain Blogspot Dari Member Area Idwebhost