5 Plugin WordPress untuk Membuat Web-mu Mobile Responsive

16 Jul 2015
5 Plugin WordPress untuk Membuat Web-mu Mobile Responsive campaign-unlimited

Sahabat IDwebhost, saat ini WordPress telah menjelma sebagai platform CMS yang paling mudah untuk dikelola, diakses, dan digunakan. Hal ini dikarenakan, WordPress dapat digunakan untuk membuat website perusahaan, blog, majalah, atau dapat berubah fungsi menjadi sebuah toko ecommerce. Selain itu, dengan jutaan theme, dukungan, dan plugin, menjadikan WordPress sebagai pilihan terbaik untuk membangun sebuah website. Terdapat lebih dari 74 juta situs (terus meningkat) yang menggunakan CMS WordPress.

Sementara itu, perangkat mobile kini telah menjadi era baru orang dalam mengakses internet. Penggunaan Mobile telah menggeser penggunaan desktop, hal ini diperkuat dengan fakta lebih 25 persen dari seluruh pencarian dilakukan menggunakan perangkat mobile.

Sebuah info grafis dari SEOcial pada Visual.ly juga mengungkapkan bahwa mobile traffic saat ini menyumbang 16 persen dari traffic.

Namun, lebih dari 66 persen pengguna smartphone merasa frustasi dengan kurangnya desain responsif dan load times yang lambat pada sebuah website. Akibatnya, lebih dari 48 persen pengguna mobile mengeluh bahwa website tidak dioptimalkan untuk penggunaan mobile.

Tentu saja, kita sebagai pemilik website pasti tidak ingin membuat pengguna merasa frustasi. Kita selalu ingin memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna pada website kita. Untungnya, jika kita pengguna WordPress, ada beberapa plugin yang dapat membantu membuat website kita menjadi responsif.

1. JetPack

1

JetPack adalah plugin gratis yang super komplit, memberikan kita lebih dari hanya sekedar desain mobile responsif, karena dilengkapi dengan lebih dari 33 fitur khusus.

Seiring dengan semakin berkembangnya “Mobile Theme“, JetPack menyediakan fitur yang bisa kita gunakan untuk mengoptimalkan website untuk pengguna mobile. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah kontak forms, kustom CSS, mengubah galeri gambar dengan Carousel, dan masih banyak lagi. Kita juga bisa mengkustomisasi theme sendiri jika terbiasa dengan coding CSS dan PHP.

JetPack juga memiliki site verification tools “photon” untuk mempercepat kecepatan website kita, dan terintegrasi langsung dengan halaman Google+ kita.

2. WPtouch Mobile Plugin

2

WPtouch Pro adalah salah satu plugin WordPress terbaik untuk membuat tampilan menjadi mobile responsif. Dilengkapi dengan fitur full-blown WPTouch Theme, yang membuat website kita menjadi lebih cepat dan responsif.

Selain itu, WPTouch juga memiliki fitur “Infinity Cache” untuk membuat website kita super cepat karena menggunakan caching mobile. Gambar akan di skala melalui CSS dan plugin ini akan menampilkan gambar yang telah dioptimalkan sesuai perangkat yang digunakan.

3. WP Mobile Detector

3

WP Mobile Detectot adalah plugin yang dapat mendeteksi secara otomatis perangkat apa saja yang mengakses website kita. Plugin ini dilengkapi fitur analisis canggih, mencakup lebih dari 5000+ ponsel, format konten yang sesuai dengan perangkat mobile, dan juga dilengkapi dengan 7 mobile theme yang telah terinstal.

4. WordPress Mobile Pack 2.0

4

WordPress Mobile Pack 2.0 adalah plugin yang memungkinkan kita untuk membungkus dan mengirimkan konten kita yang ada ke semua platform, sistem operasi, dan perangkat. Plugin ini memungkinkan akses dari cross-platform, user interface responsif, theme siap pakai dengan 6 abstract covers, dan post sync. Hal ini juga memungkinkan kita untuk menyesuaikan tampilan (termasuk warna dan font).

Theme ini juga terintegrasi ke dalam analisis dan fitur “full-screen” mode bagi pengguna yang ingin mengaksesnya dari desktop.

5. WP Mobile Edition

5

WP Mobile Edition adalah plugin yang dapat membantu kita mengubah website menjadi versi mobile yang di optimalkan untuk Android, iOS, dan Windows.

WP Mobile Edition memiliki switcher mobile, yang secara otomatis dapat mendeteksi perangkat yang digunakan sementara membiarkan pengguna untuk beralih ke versi apapun yang mereka inginkan (antara desktop dan mobile). Mobile theme standar sangat ringan dan cepat untuk di muat. Plugin ini juga dilengkapi dengan device adaptation, smart formatting, full commenting system, dan 8 skema warna yang berbeda. Theme ini juga SEO-ready dan dilengapi dengan mobile advertising (jika kita ingin).

Itulah 5 plugin WordPress yang dapat membantu untuk membuat website menjadi mobile responsive dengan mudah.

Penulis
Member since 2 Jul 2013