5 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Dimiliki
Blog Tips Keren

5 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Dimiliki

plugin wordpress

Plugin adalah fitur tambahan yang mempunyai fungsi dan kegunaan berbeda-beda agar dapat digunakan saat kita membutuhkannya untuk memberikan fungsi lebih yang tidak dibawa oleh WordPress secara default. Saat ini di library WordPress terdapat 46 ribu lebih plugin yang bisa Anda gunakan. Namun dari sekian banyak plugin tersebut tentu tidak mungkin semuanya akan Anda install dan aktifkan di situs WordPress. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan memberikan beberapa plugin terbaik yang wajib Anda miliki agar situs WordPress lebih powerfull.

Plugin Cache untuk Kecepatan WordPress

Jika blog kita membutuhkan waktu terlalu lama untuk memuat halaman, kita bisa kehilangan pengunjung karena kebanyakan orang berharap blog agar bisa dimuat dengan cepat. Ada beberapa plugin yang bisa mempercepat loading blog, tapi ada tiga plugin wordpress terbaik yang populer dan paling banyak digunakan, pilih salah satu dan jangan digunakan secara bersamaan:

W3 Total Cache

Plugin yang bisa melakukan optimasi kinerja WordPress tercepat dan paling lengkap. Setelah kita menggunakan W3 Total Cache, kita tidak akan berpaling ke plugin lainnya. Banyak sekali review dari berbagai pengguna plugin ini yang merasa puas.

WP Super Cache

WP Super Cache adalah plugin caching statis untuk WordPress. Plugin ini menghasilkan file html yang secara langsung diproses oleh server tanpa pengolahan skrip PHP yang relatif berat. Dengan menggunakan plugin ini, kita akan mempercepat blog WordPress secara signifikan.

WP Rocket

WP Rocket adalah salah satu plugin cache terbaik yang perlu Anda coba. Plugin ini merupakan plugin premium dan sama sekali tidak memiliki versi gratis seperti plugin caching lainnya. Plugin ini juga sangat layak menjadi plugin premium karena memang memiliki banyak sekali fitur yang tidak dimiliki plugin pesaing lainnya dan dari banyaknya fitur tersebut mereka kemas dengan sangat sederhana untuk memudahkan pengguna dalam melakukan setup. Saat ini wp rocket digunakan oleh lebih dari 270 ribu pengguna dan mereka merasa puas dengan kecepatan yang dioptimalkan.

Plugin Untuk Optimasi SEO

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan blog dalam mesin pencari, karena pada dasarnya WordPress tidak memiliki fitur lengkap untuk mendukung hal ini. Plugin ini sangat penting untuk mengatur meta description, menjaga total huruf, optimasi keyword dan masih banyak lagi. Berikut dua plugin wordpress terbaik yang populer digunakan, pilih salah satu.

Yoast SEO

Yoast SEO merupakan salah satu plugin SEO WordPress terbaik, hal ini terbukti dengan banyaknya penguna yang dimiliki oleh plugin ini. Untuk Anda yang ingin menambahkan SEO title, meta description dan meta keyword ke setiap postingan ataupun halaman, dengan Yoast SEO hal tersebut bisa dilakukan.

Yang spesial dari Yoast SEO yaitu adanya fitur yang dapat memberikan saran terbaik untuk mengimplementasikan keyword, url, tag deskripsi dan lainnya. Sehingga artikel yang Anda buat akan lebih SEO friendly. Dengan adanya fitur tersebut, website Anda dapat dioptimasi dengan baik. Selain optimasi pada postingan, plugin ini juga dapat digunakan untuk optimasi pada kategori, breadcrumbs dan masih banyak fitur lain yang dapat membantu meningkatkan SEO pada website Anda.

All in One SEO Pack

All in One SEO Pack adalah plugin karya Michael Tobert yang telah diinstall lebih dari 1 juta kali, menurut statistik di WordPress.org. All in One SEO Pack memiliki versi pro, dimana versi ini memiliki lebih banyak keunggulan dari free versionnya. Ini adalah plugin pertama yang memiliki versi pro.

Dalam seting plugin versi pro, selain ada pengaturan rewrite document title, pengaturan meta description, keyword untuk halaman utama, form memasukkan google analytic UA ID & profil Google Plus, ada juga settingan lain yang di sebut dengan Feature Manager (disebut module pada SEO Ultimate). Dalam Feature Manager kita bisa menentukan untuk menghidupkan beberapa module seperti XML Sitemaps, Social Meta untuk menggunakan open graph, Robots.txt dan .htaccess editor, eskport dan import setting, video sitemaps dan bad bot blocker.