5 Langkah Mudah Dalam Memulai Membuat Website Untuk Bisnis Anda
Blog Tips Keren 5 Langkah Mudah Dalam Memulai Membuat Website Untuk Bisnis Anda

5 Langkah Mudah Dalam Memulai Membuat Website Untuk Bisnis Anda

Picture Source : Google
Picture Source : Google

Apakah saat ini Anda sedang menjalankan sebuah bisnis dan berencana memasarkan bisni secara online? Tentu untuk mewujudkan hal tersebut, Anda perlu untuk membuat sebuah website agar pelanggan dapat lebih mudah menemukan Anda. Dan apakah anda sudah siap untuk memulai membuat website  sendiri? Simak lima langkah mudah dalam memulai membuat website untuk bisnis Anda berikut ini.

  1. Bagaimana cara kerjanya?

Agar website Anda selalu available untuk siapapun, kapanpun dan dimanapun, tentu Anda membutuhkan sebuah web hosting. Dengan kata lain, Anda membutuhkan sebuah server web yang disewakan kepada Anda oleh sebuah perusahaan web hosting. Selain itu, agar pengunjung Anda dapat dengan mudah mengakses website anda, anda juga memerlukan sebuah nama domain seperti `yourdomain.com`. Hal ini tidak hanya akan memungkinkan Anda untuk membuat website anda menjadi tersedia di `www.yourdomain.com`, tetapi hal ini juga akan memungkinkan Anda untuk menerima email pada alamat seperti `your.name@yourdomain.com’. Kebanyakan perusahaan web hosting menawarkan pilihan standar berikut saat anda menggunakan jasa mereka, seperti nama domain, web hosting itu sendiri dan alamat email.

  1. Jenis website seperti apa yang anda inginkan?

Coba anda pikirkan tentang smartphone Anda selama satu menit. Anda dapat memasukkan notes ke dalam aplikasi dasar yang ada, tetapi Anda juga dapat menginstal aplikasi baru di ponsel anda. Hal ini mirip ketika anda membuat sebuah website. Anda tidak hanya dapat memasang beberapa informasi dasar menggunakan tools yang tersedia tetapi Anda juga dapat menginstall beberapa aplikasi baru. Pada dasarnya, jenis website dibagi menjadi dua yaitu :

  • Static website (website sederhana). Merupakan website dimana anda akan membuat satu atau lebih halaman web (disebut juga dengan halaman HTML) dengan software seperti Dreamweaver pada komputer anda. Kemudian anda meng-upload halaman tersebut ke server host anda menggunakan software FTP seperti FileZilla. Setiap kali anda akan mengubah sesuatu di website anda, anda harus mengedit halaman yang ingin anda ubah pada komputer anda dan menguploadnya kembali. Website ini tidak pernah berubah dengan sendirinya, itulah mengapa website jenis ini disebut disebut dengan static website.
  • Dynamic website (blog, forum, galeri foto, dll). Cara kerja website jenis ini tidak menggunakan upload halaman HTML seperti pada static website, namun anda harus menginstall software (aplikasi web) dari server host anda. Software ini akan memungkinkan anda untuk menambahkan dan mengedit suatu konten (teks, gambar, video, infografis) setiap saat langsung secara online tanpa perlu tools khusus pada komputer anda. Software ini juga memungkinkan pengunjung untuk meninggalkan komentar atau memulai diskusi mereka sendiri jika anda tidak sedang online.
  1. Teknologi hosting apa yang Anda butuhkan?

Static website memungkinkan Anda untuk melakukan hosting di hampir semua jenis server, namun ketika Anda menggunakan sebuah aplikasi web, Anda perlu memahami teknologi apa yang digunakan. Pada dasarnya ada dua orientasi teknologi yang berbeda yang dapat Anda pilih, yaitu :

  • Linux hosting. Hosting jenis ini juga disebut sebagai ‘LAMP’ atau kepanjangan dari ‘Linux Apache MySQL PHP’ yang merupakan empat komponen utama dari platform ini. Hingga saat ini, ini adalah sistem yang paling umum digunakan karena Linux hosting ini umumnya lebih cepat, lebih murah dan lebih fleksibel sehingga tidak menimbulkan masalah kompatibilitas sama sekali, tidak peduli apa sistem operasi yang Anda gunakan.
  • Windows hosting. Hosting jenis ini juga disebut sebagai ASP hosting. ASP sendiri merupakan teknologi eksklusif dari Microsoft untuk aplikasi web. Hosting ini biasa digunakan jika anda berencana untuk menjalankan aplikasi web yang ditulis secara khusus di ASP.
  1. Seperti apa tingkat layanan hosting yang anda butuhkan?

Ada berbagai macam tingkat layanan web hosting yang kita kenal, antara lain :

  • Free hosting. Hosting ini secara garis besar memiliki fitur yang sama seperti shared hosting (penjelasan ada di bawah), namun kekurangannya hosting jenis ini akan membebani anda dengan iklan yang tidak dapat anda hapus dan biasanya memiliki waktu loading yang sangat lambat. Hosting ini biasa digunakan untuk website pribadi berskala kecil yang tidak perlu online selama 24 jam penuh.
  • Shared hosting. Hosting ini merupakan jenis hosting yang paling umum digunakan. Sebuah server yang sangat besar akan menjadi host dari beberapa website milik klien yang berbeda-beda.
  • VPS (Virtual Private Server). Sama seperti shared hosting, VPS juga menggunakan server besar yang akan menjadi host dari beberapa website milik klien yang berbeda-beda. Namun bedanya, pada VPS, website milik satu klien dengan klien yang lainnya akan benar-benar diisolasi satu sama lain seolah-olah mereka sedang berada pada server yang berbeda. VPS ini sangat cocok digunakan jika anda memiliki perhatian lebih terhadap faktor keamanan.
  • Dedicated server. Pilihan hosting jenis ini memungkinkan anda untuk mendapatkan server fisik yang benar-benar hanya digunakan untuk anda sendiri yang tentu sangat nyaman, cepat dan aman. Namun hosting jenis ini biasanya membutuhkan biaya yang sangat mahal.
  • Cloud hosting. Pilhan hosting ini memungkinkan Anda untuk berbagi beberapa server dengan pengguna lain. Ini berarti bahwa website anda tidak terbatas pada kekuatan server tunggal saja. Anda dapat menyesuaikan permintaan anda tergantung pada berapa banyak traffic yang anda dapatkan. Biasanya hosting jenis ini digunakan oleh website dengan skala besar yang memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi.

Kebanyakan orang biasanya memulai membuat sebuah website menggunakan shared hosting, kemudian melakukan upgrade di kemudian hari seiring pertumbuhan website itu sendiri. Hal ini dikarenakan shared hosting menawarkan kemampuan yang hampir mirip dengan dedicated server namun memiliki harga yang lebih murah.

  1. Pilih perusahaan web hosting Anda

Setelah anda telah memilih jenis website dan layanan hosting apa yang Anda gunakan, yang harus Anda lakukan terakhir adalah memilih perusahaan mana yang akan anda pilih sebagai hosting untuk website anda. Sekarang ini sudah banyak perusahaan web hosting yang menawarkan ruang penyimpanan beserta bandwidth berkapasitas tinggi dengan pilihan harga yang sangat murah. Namun anda jangan terlalu terburu-buru, ada tiga hal penting yang harus anda perhatikan sebelum anda menentukan pilihan anda.

  • Performa. Seberapa cepat website anda ketika dijalankan nantinya? Anda harus benar-benar menguji performa suatu website dengan cara mengunjungi sebuah website yang juga menggunakan jasa hosting dari perusahaan yang akan anda pilih kemudian anda bisa menilainya.
  • Uptime. Apakah website anda benar-benar available selama 24 jam penuh setiap harinya tanpa ada gangguan atau akan mengalami down dari waktu ke waktu ? Tentunya anda tidak ingin hal ini sampai terjadi ke website anda. Melihat review dan komentar dari orang-orang akan sangat membantu penilaian anda.
  • Customer service. Hal ini merupakan bagian paling krusial dan bisa jadi merupakan bagian tersulit untuk kita evaluasi. Anda harus benar-benar membaca review dan komentar pengguna lain dengan sangat hati-hati.

Sekali lagi, pilihan mana yang akan Anda pilih semua kembali lagi tergantung pada kebutuhan serta kemampuan anda. Membuat sebuah website yang baik bukan tentang menggunakan semua fitur terbaik yang ditawarkan kemudian menghabiskan biaya yang besar. Namun membuat website yang baik adalah Anda benar-benar bisa mengerti kebutuhan Anda dan menyesuaikannya dengan kemampuan yang Anda miliki.