5 Keuntungan Menggunakan WordPress

23 Des 2023
5 Keuntungan Menggunakan WordPress campaign-unlimited

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL, dimana kedua bahasa program tersebut merupakan jenis perangkat lunak sumber terbuka (open source software).
WordPress juga merupakan suatu blog tool yang dirancang untuk memudahkan pembuatan dan pemeliharaan blog seperti penulisan, pengeditan, pempublikasian posting blog dan komentar dengan fungsi khusus untuk memanajemen gambar, video, sindikasi web, serta moderasi posting dan komentar. Dikenalkan pada awal tahun 2003, WordPress termasuk pilihan platform yang cukup lengkap untuk pengembangan sebuah web. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mengetahui beberapa keuntungan menggunakan WordPress.

Keuntungan Menggunakan WordPress

Keuntungan menggunakan WordPress sebagai platform CMS (Content Management System) dalam membuat dan membangun sebuah situs atau blog, diantaranya;

1. Sangat Fleksibel

Dari sisi pengembangan, WordPress merupakan platform CMS yang sangat mudah untuk dikostumisasi, baik dari segi tampilan (theme), ataupun dari segi plugin. Dahulu WordPress hanya digunakan sebagai CMS untuk blog. Namun seiring berkembangnya kemampuan inti dari WordPress, saat ini WordPress dapat digunakan untuk keperluan apapun. CMS ini sangat cocok untuk berbagai keperluan, mulai dari website/blog pribadi, profil perusahaan, portfolio, toko online, kumpulan resep masakan, forum, social media, dll.

2. Pengelolaan Mudah

Salah satu keluhan dari para pembuat website adalah tidak mengertinya kode HTML untuk melakukan kustomisasi websitenya. Di WordPress, sudah terdapat fitur “interface” yang memudahkan pengaturan posting dan tata letak komponen websitenya. Ini merupakan salah satu keuntungan menggunakan WordPress untuk website Anda, terutama untuk orang awam yang tidak begitu memahami bahasa pemograman.

Pengelolaan Mudah

3. Tersedia Banyak Plugin

Plugin adalah sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web counter, antivirus, SEO, montoring web, galerry, sosial media share, dan lain sebagainya. WordPress sangat memperhatikan mengenai plugin sehingga plugin yang tersedia di WordPress sangat banyak dan selalu berkembang.

4. Dapat Mengelola Tingkat Akses Pengguna

Platform WordPress menyediakan 5 pilihan peran pengguna seperti admin, editor, penulis, kontributor, dan pelanggan. Kelima pilihan peran pengguna ini sangat baik digunakan pada sebuah website perusahaan yang memiliki beberapa orang untuk pengelolaannya. Mengurangi resiko keamanan website Anda dengan pengaturan akses ini merupakan keuntungan menggunakan WordPress untuk website Anda.

5. Mudah Digunakan

Menggunakan CMS ini sangat mudah, menu-menu yang ada cukup intuitif. Namun bila Anda menemui kesulitan dalam menggunakannya, jangan khawatir. Karena kepopuleran CMS ini, banyak sekali artikel yang ditulis mengenai cara menggunakannya. Forum-forum khusus WordPress juga dapat membantu Anda untuk menyelesaikan masalah yang muncul. Anda dapat bertanya melalui support forum WordPress di wordpress.org/support atau wordpress.stackexchange.com. Di Indonesia, salah satu forum WordPress yang terkenal adalah Forum WordPress Indonesia. Jika malas membaca literatur dari internet dan ingin informasi yang tersusun dengan rapi, Anda bisa membeli buku-buku mengenai WordPress di toko buku terdekat.

Itulah beberapa keuntungan dalam menggunakan WordPress. Tentunya, penggunaan WordPress yang baik juga harus didukung dengan hosting dan domain yang dipilih. IDwebhost adalah penyedia hosting dan domain yang terpercaya serta berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh IDwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan IDwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013