5 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Mengganti Web Hosting
Blog Tips Keren

5 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Mengganti Web Hosting

webhosting-1

Bermigrasi dari satu web hosting ke web hosting lain sepertinya adalah hal yang paling rumit. Tetapi, ketika web hosting sudah tidak bisa mengikuti kebutuhan hosting Anda, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengucapkan selamat tinggal dan beralih ke perusahaan hosting yang baru. Pada artikel ini, kami akan membicarakan beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum mengganti web hosting yang tepat untuk website Anda.

  1. Temukan Web Hosting Yang Bagus Dan Sesuai Dengan Kebutuhan Website Anda

Banyak penyedia web hosting yang menawarkan berbagai fitur dan layanan menarik sesuai dengan kebutuhan. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan apa saja kebutuhan website Anda. Dengan mengetahui kebutuhannya, Anda dapat menentukan web hosting mana yang akan dipilih dan sesuai dengan kebutuhan tersebut. Kuncinya adalah dengan membandingkan keandalan dari berbagai penyedia web hosting mengenai fitur-fitur yang ditawarkan. Berapa banyak database MySQL yang diizinkan? Berapa banyak domain add-on yang diizinkan? Berapa banyak jalur akses FTP yang disediakan? Apakah web hosting tersebut mendukung pemasangan otomatis untuk skrip yang diperlukan? Dan berbagai hal lainnya yang perlu diperhatikan. Penting juga untuk disadari bahwa tidak semua transaksi hosting sama dan Anda perlu berhati-hati.

  1. Backup Semuanya Di Website Anda

Langkah selanjutnya adalah mencadangkan semua yang ada di server Anda saat ini ke lokasi yang aman. Simpan dimanapun Anda suka tapi pastikan Anda memiliki setidaknya dua salinan data (termasuk alamat email dan file konfigurasi PHP). Anda juga perlu memilih penyedia web hosting yang menyediakan backup server. Backup server adalah layanan yang mutlak dan harus Anda dapatkan karena dengan layanan ini maka sewaktu-waktu jika server sedang down atau eror maka server dapat mengembalikan file Anda. Jika Anda tidak mendapatkan hal ini, maka silahkan berfikir lagi untuk memilihnya.

  1. Mentransfer Nama Domain Anda Ke Pendaftar Pihak Ketiga

Jika Anda telah mendaftarkan nama domain di tempat yang sama dengan penyedia web hosting, maka Anda perlu mentransfer nama domain ke pendaftar pihak ketiga. Ini adalah tindakan pencegahan yang penting karena kita tentu tidak menginginkan sesuatu hal buruk terjadi sebelum kita berpindah web hosting.

  1. Biarkan Pengunjung Dan Web Hosting Baru Anda Tahu Tentang Rencana Pengalihan

Pertama, tentukan kapan Anda akan mengganti web hosting. Sebaiknya, luangkan waktu ketika situs web Anda memiliki pengunjung paling sedikit karena hal ini akan meminimalkan dampak negatif bila ada bagian dari proses pengalihan yang salah. Selanjutnya, beri tahu web hosting baru dan pengunjung situs Anda tentang rencana pengalihan tersebut. Mengapa memberi tahu web hosting baru Anda tentang pengalihan ini? Untuk memastikan dukungan teknis segera tersedia selama pengalihan. Mengapa memberi tahu pengunjung situs Anda tentang pengalihan ini? Untuk mengurangi dampak negatif bila ada bagian dari proses pengalihan yang salah.

  1. Set Up Dan Uji Semuanya Sebelum Melakukan Gerakan Yang Sebenarnya

Semua hal mendasar seperti hak akses file, koneksi database, dan skrip aplikasi harus disiapkan dan diuji dengan benar sebelum beralih ke server sebenarnya. Ini adalah dasar dan Anda perlu mendapatkannya dengan benar jika Anda ingin proses transfer web hosting menjadi lancar.