5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Secara Signifikan
Blog Tips Keren

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Secara Signifikan

Startegi-Untuk-Menarik-Pengunjung-Blog

Bagi seorang blogger atau pebisnis online, jumlah pengunjung adalah hal yang sangat penting karena semua blogger atau pebisnis online pasti ingin blognya terkenal dan bisa menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke blog atau website. Beberapa upaya meningkatkan trafik ke blog bisa dilakukan secara gratis, tetapi ada juga sumber trafik yang memang membutuhkan modal.

Pada artikel kali ini kami akan coba menjelaskan beberapa cara untuk meningkatkan trafik potensial untuk blog Anda, baik itu secara gratis ataupun dengan cara berbayar. Walaupun ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun tidak semua cara bisa cocok dengan jenis blog/ website yang Anda miliki. Anda harus bijak dalam memilih sumber trafik agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Melalui Situs Social Bookmarking

Situs-situs social bookmarking awalnya dibuat untuk membantu netter menyimpan alamat website yang mereka sukai, sehingga akan memudahkan mereka ketika ingin membuka website tersebut di kemudian hari. Pada perkembangannya, situs social bookmarking sering digunakan untuk optimasi SEO dan juga untuk mendapatkan trafik.

Anda bisa menyimpan URL blog/ website atau URL postingan artikel blog milik Anda ke situs-situs social bookmarking, dengan harapan pengguna yang lain akan tertarik dengan URL yang disubmit. Selanjutnya, mereka akan mengunjungi situs Anda dengan media social bookmarking tersebut. Selain itu, situs social bookmarking juga sering mendapatkan trafik dari mesin pencari. Kemungkinan untuk mendapatkan trafik dari situs social bookmarking cukup potensial dan harus dimanfaatkan dengan baik.

sosial-media-1440x564_c

  1. Memasang Iklan di Situs Media Sosial

Facebook adalah media sosial yang paling efektif untuk memasang iklan karena konversi iklan di media sosial yang satu ini terbukti sangat baik. Di Facebook Ads kita bisa memilih target audiens yang paling sesuai dengan kategori yang kita butuhkan, inilah yang akan mempengaruhi efektivitas iklan yang kita pasang.

Facebook Ads adalah alat untuk meningkatkan trafik namun dengan cara berbayar. Berdasarkan pengalaman, memasang iklan di Facebook Ads sangat mudah dilakukan. Anda bisa mengatur berapa budget yang ingin dikeluarkan untuk sebuah klik iklan, dan Anda juga bisa mengatur target audiens yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

  1. Melalui Blog Walking

Blog walking adalah kegiatan mengunjungi blog/ website orang lain yang masih berhubungan dengan blog Anda, lalu meninggalkan komentar di blog/ website tersebut. Ada banyak blog yang menyediakan kolom untuk meninggalkan URL website bagi orang yang memberikan komentar di situs mereka, inilah yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Jangan pernah meninggalkan komentar SPAM pada blog orang lain karena hal itu hanya akan memberikan citra yang buruk pada Anda sebagai seorang blogger atau internet marketer. Biasakan untuk membaca artikel yang ditulis terlebih dahulu sebelum meninggalkan komentar agar Anda mengerti untuk memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel.

ppc-pay-per-click

  1. Memasang Iklan PPC

Google Adwords adalah perusahaan penyelenggara media iklan PPC yang paling terkenal saat ini. Perusahaan milik Google ini sudah memiliki jaringan pengiklan (advertiser) dan publisher dengan jumlah yang sangat banyak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Keunggulan dari Google Adwords adalah iklan yang muncul di situs publisher mereka adalah iklan yang sesuai dengan artikel. Ini adalah program berbayar dari Google untuk meningkatkan trafik blog Anda.

  1. Memasang Iklan di Situs Iklan Baris Online

Cara lain untuk mendapatkan trafik ke blog/ website bisnis adalah dengan memanfaatkan situs iklan baris. Sebenarnya ada banyak situs iklan baris yang memberikan ruang iklan baris secara gratis, namun kami lebih merekomendasikan yang berbayar karena biasanya hasilnya jauh lebih baik dari yang gratisan.

Anda tidak perlu melakukan semua strategi pemasaran untuk mendapatkan trafik menuju blog. Hal terpenting adalah Anda harus memahami tentang blog Anda sendiri terlebih dahulu, dengan begitu Anda bisa tahu strategi mana yang lebih efektif untuk meningkatkan trafik pengunjung blog/ website. Langkah awal yang bisa diambil adalah dengan mendaftarkan  blog atau situs Anda menggunakan web hosting yang terpercaya. Idwebhost adalah layanan web hosting yang dapat Anda gunakan. Di sana, Anda dapat menemukan berbagai fitur menarik dengan harga paket yang murah namun tetap berkualitas. Idwebhost juga memiliki teknologi terkini dengan server yang cepat, handal, dan stabil dari data center terbaik. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan website Anda menggunakan Idwebhost.