5 Aturan Praktis Memilih Nama Domain Terbaik Bagi Bisnis Anda
Blog Tips Keren 5 Aturan Praktis Memilih Nama Domain Terbaik Bagi Bisnis Anda

5 Aturan Praktis Memilih Nama Domain Terbaik Bagi Bisnis Anda

1

Ada suatu hal yang pengusaha kecil tidak harus terburu-buru memilihnya yaitu nama domain. Jika Anda terburu-buru untuk memilih nama domain, maka bisa terjadi kesalahan. Memilih nama yang sulit diucapkan untuk dijadikan sebagai sebuah nama domain maka terlalu mengaburkan bisnis Anda, kesalahan pemula bisa dilihat sebagai bencana bagi pengenalan brand  baik online dan offline.

Jagalah kredibilitas Anda dan pilihlah nama yang mudah diingat karena penting untuk bisnis Anda dengan mengikuti lima aturan ini:

  1. Pertama dan terpenting, melakukan pencarian untuk melihat apa saja nama domain yang tersedia.

Jangan hanya berasumsi bahwa nama domain Anda bisa didapatkan. Lakukanlah pencarian brand  dagang yang komprehensif untuk memastikan tersedia dan tidak tertunda atau terdaftar di tempat lain. Tanpa pencarian, kesempatan baik Anda akan berakhir dalam litigasi untuk dugaan atas pelanggaran.

Setelah melakukan pencarian dan Anda bisa memverifikasi bahwa nama domain Anda bebas untuk digunakan, membeli nama domainnya dan mengajukan untuk melakukan pendaftaran federal. Dengan demikian, Anda meminimalkan risiko tindakan pelanggaran brand dagang, menempatkan bisnis Anda dalam posisi yang lebih kuat, dan menghemat uang. Pertimbangkan memperoleh nama domain dengan setara, tentu lakukan setelah memastikan mereka bebas untuk Anda gunakan.

  1. Buatlah singkat dan mudah diingat.

Tidak ada nama domain yang perlu dengan bentuk panjang atau bertele-tele. Tetap sederhana dan to the point, unik, dan mudah untuk diucapkan atau dieja.

  1. Hindari tanda hubung dan angka.

Ingatlah dengan catatan ejaan yang tidak termasuk angka atau tanda hubung dalam nama domain Anda. Kunci untuk nama domain yang sukses adalah salah satunya mudah diingat. Jika Anda tidak bisa mengingat di mana tanda hubung atau berapa banyak angka yang Anda disertakan, Anda hanya membingungkan diri sendiri dan pelanggan Anda.

  1. Sertakan kata kunci yang relevan.

Bayangkan semisal Anda menjalankan toko roti. Tergantung pada apa yang Anda tawarkan, Anda mungkin menyertakan kata “cupcake,” “pie,” atau “bagel” dalam nama domain, tentu Anda tidak memasukkan kata-kata di luar industri Anda seperti “permen” atau “mobil.”

Jika nama domain Anda adalah kata kunci yang kaya, Anda akan jauh terlihat sebagai SEO yang lebih friendly daripada Anda menggunakan nama domain dengan kata kunci yang tidak relevan. Menambahkan kata kunci untuk nama domain Anda akan menciptakan efek-bisnis domino yang fantastis—muncul dalam pencarian Google ketika calon pelanggan mengetik kata-kata tersebut. Tentu meningkatkan traffic situs Anda dan berperingkat dalam pencarian.

  1. Tambahkan ‘.com’ sebagai ekstensi Anda.

Haruskah nama domain ekstensi Anda menjadi .com, .org, .edu atau bahkan .co yang keren? Anda mempertaruhkan yang terbaik untuk orang yang pertama melihat industri Anda (misalnya, kebanyakan organisasi nirlaba telah menggunakan ekstensi .org). Namun, sebagian besar pengusaha kecil jatuh pada ekstensi .com. Cobalah bisnis Anda hadir dengan .com bila memungkinkan karena ekstensi itu paling mudah dikenali dan dianggap sebagai standar.

Terakhir, sebagai bonus aturan praktis ke-enam, Anda bisa memikirkan mulai dari melihat pesaing Anda dengan melakukan penargetan geografis. Untuk bisnis lokal, ini berpengaruh sangat besar. Bisnis tertentu untuk sebuah kota besar atau ibukota harus membuat nama domain yang spesifik secara lokal untuk membatasi persaingan di mesin pencari sehingga pelanggan bisa dengan mudah menemukannya.