5 Alasan Mengapa Domain Dan WordPress Harus Disimpan Terpisah

3 Jul 2017
campaign-unlimited

Ada beberapa penyedia populer yang menawarkan domain dan hosting untuk WordPress secara bersamaan. Selama ini, banyak yang menyarankan agar Anda melupakan kenyamanan dan menjaga agar domain dan hosting Anda tetap terpisah. Ada banyak resiko yang terjadi jika domain dan hosting untuk WordPress ditempatkan dalam satu penyedia. Salah satunya resiko keamanan dan kurangnya stabilitas. Dalam artikel ini, kami akan membahas alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan agar domain dan hosting untuk WordPress sebaiknya disimpan terpisah.

  1. Terorganisir

Banyak pengembang WordPress menguji hosting untuk situs di beberapa server dan penyedia multiple untuk menguji plugin, tema, dan skrip mereka agar kompatibel. Anda juga dapat menjaga semua atau sebagian besar domain dengan satu registrar untuk membuat proses pengembangan lebih terorganisir. Dengan begitu, Anda tidak perlu menavigasi melalui penyedia hosting, masing-masing dengan setup yang unik, dan mudah beralih bolak-balik dari melihat domain ke hosting. Anda dapat menyimpan tab browser terbuka untuk semua domain dan lainnya untuk hosting. Anda dapat beralih di antara mereka dalam satu klik untuk efisiensi maksimum.

  1. Biaya

Biasanya, biaya yang lebih rendah dikaitkan dengan menyatukan domain dan hostng karena banyak penyedia menawarkan penawaran terbaik jika Anda membelinya sekaligus. Misalnya, banyak yang menawarkan domain gratis untuk tahun pertama pendaftaran. Meskipun sepertinya kesempatan ini terlalu bagus untuk dilewatkan, namun hal ini belum tentu sesuai dengan kenyataan. Sering kali, Anda sebelumnya perlu membeli hosting setidaknya satu tahun penuh sebelum bisa mendapatkan domain gratis.

Jika Anda ingin mengganti hosting dalam tahun prabayar itu, maka ini bisa sangat sulit dilakukan karena Anda mungkin tidak dapat menerima pengembalian dana untuk waktu yang tidak terpakai yang tersisa pada kontrak. Beberapa hosting juga menawarkan tahun pertama gratis karena mereka menaikkan harga untuk domain ke tingkat yang sangat tinggi setiap tahun atau mereka umumnya memiliki harga yang jauh di atas rata-rata untuk mengatasi kerugian awal mereka. Maka dari itu penawaran domain dan hosting di satu tempat biasanya hanya mengecoh dan Anda bisa lebih berhemat jika membeli di tempat terpisah.

  1. Kepercayaan

Penting untuk melakukan penelitian saat memilih penyedia hosting dan domain. Anda harus melihat review dan mempertimbangkan keseluruhan reputasi mereka. Anda harus berhati-hati dengan berbagai penyedia yang menawarkan banyak layanan. Pertimbangkan berbagai aspek dari semua sudut untuk mencapai keputusan yang solid. Inilah manfaat untuk membuat hosting dan domain di tempat terpisah. Jika penyedia hosting Anda gulung tikar maka domain Anda tidak akan terseret dengan mereka.

  1. Dukungan Yang Handal

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah domain diatur oleh organisasi yang disebut ICANN sedangkan hosting tidak diawasi. Jika ada yang tidak beres dengan situs Anda dan Anda mendapat domain dari perusahaan yang sama, maka satu-satunya tempat yang dapat dihubungi adalah penyedia hosting. Jika masalah meningkat dan Anda ingin beralih penyedia, satu-satunya kesempatan adalah berharap penyedia hosting tidak menahan domain Anda untuk mendapat uang tebusan. Di sisi lain, jika Anda membeli domain dari pendaftar terakreditasi dan merahasiakan hosting Anda, maka Anda memiliki ICANN untuk mendukung Anda dan tidak perlu khawatir kehilangan domain selama terjadi perselisihan dengan penyedia hosting.

  1. Lebih Banyak Pilihan

Registrar domain sering menawarkan lebih banyak pilihan daripada penyedia hosting yang hanya menawarkan beberapa domain tingkat atas (TLD). Inilah mengapa Anda perlu membeli domain dari registrar, bukan sepaket dengan penyedia hosting. Dalam dunia persaingan domain, penting untuk memiliki sebanyak mungkin pilihan saat memilih URL untuk situs Anda.

Penulis
Member since 2 Jul 2013