4 Tips Sederhana Memilih Web Hosting Yang Baik Untuk Sebuah Website

2 Agu 2016
4 Tips Sederhana Memilih Web Hosting Yang Baik Untuk Sebuah Website campaign-unlimited

Masih banyak orang yang cenderung mengabaikan langkah-langkah dalam memilih perusahaan penyedia web hosting saat membuat sebuah website. Hal ini adalah sebuah kesalahan besar karena web hosting adalah salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan sebuah website. Selain itu, hosting yang baik akan mendukung Search Engine Optimization (SEO) sehingga akan meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Apakah jika Sahabat IDwebhost mengakses sebuah website yang menarik namun hosting yang digunakan sangat tidak berkualitas  dan lambat, anda masih bersedia untuk mengakses situs tersebut? Memilih suatu sendiri hosting cukup tricky, seiring dengan makin maraknya perusahaan penyedia hosting yang membuat iklan dengan kata-kata menarik namun belum teruji kualitasnya. Namun melalui artikel ini, kami mencoba membantu anda dengan berbagi mengenai 4 tips sederhana memilih web hosting yang baik untuk sebuah website.

  1. Kualitas fitur layanan pelanggan

Faktor pertama yang harus kita perhatikan sebelum memilih sebuah hosting adalah kualitas layanan pelanggan yang disediakan. Selama kita menggunakan sebuah web hosting, sekalipun yang berkualitas terbaik, kemungkinan munculnyaa suatu masalah pasti akan selalu ada. Seperti server yang down atau error yang merusak database. Hal tersebut tentu sangat memerlukan bantuan dari pihak perusahaan untuk menyelesaikannya. Perusaahaan yang baik selalu menyiapkan layanannya selama 24 jam dalam 7 hari tanpa off. Sebuah penyedia hosting yang memiliki layanan pelanggan yang baik akan selalu mencantumkan kontak yang bisa dihubungi seperti nomor telepon, email dan alamat. Anda juga harus memastikan apakah layanan pelanggan tersebut bekerja dengan baik. Cara termudah untuk mengeceknya adalah Anda dapat menelepon nomor yang ada pada kontak saat tengah malam atau ketika akhir pekan kemudian melihat apakah mereka selalu available pada waktu tersebut. Anda juga dapat mengirimkan email yang berisi pertanyaan sederhana. Biasanya, jika tidak ada pertanyaan darurat, maksimal 1×24 jam Anda akan mendapat balasannya. Namun jika setelah anda mengecek dan ternyata hasilnya tidak sesuai, Anda sebaiknya beralih ke penyedia lain yang lebih baik.

  1. Uptime

Uptime adalah waktu dimana server tetap online dan terus berjalan. Ini adalah salah satu faktor terpenting untuk menentukan kualitas sebuah web hosting. Namun, permasalahnya adalah kita tidak mempunyai suatu cara pasti untuk memverifikasi uptime sebuah server. Jika sebuah perusahaan menyediakan 99% uptime maka mereka akan memiliki 1% downtime. Yang artinya selama seminggu sebuah server akan down selama 1 jam 40 menit 48 detik dan selama 3 hari dalam setiap tahunnya. Oleh karena itu, sebaiknya anda harus memilih suatu perusahaan yang menawarkan jaminan uptime 99,5% bahkan lebih. Saat ini beberapa perusahaan bahkan ada yang menyatakan mereka memiliki uptime hingga 99,99%. Namun tetap Anda harus berhati-hati dan teliti saat akan memutuskan.

  1. Kecepatan dan performa host

Ketika kita berbicara mengenai kecepatan dan performa, kita akan berpikir mengenai hardware yang merupakan elemen penting untuk memastikan kualitas sebuah web hosting. Untuk menentukan kinerja keseluruhan dari sebuah website, anda harus memeriksa faktor-faktor seperti RAM, CPU, prosesor serta kapasitas ruang penyimpanan HDD dan SSD. RAM dan CPU akan tergantung pada konten sebuah website, jumlah orang yang mengakses website dan perangkat yang digunakan untuk mengaksesnya. Anda dapat memeriksa RAM, CPU dan ruang penyimpanan melalui control panel pada server.

Dengan adanya tips di atas harapannya mampu membantu anda agar lebih mudah dalam menentukan layanan web hosting seperti apa yang akan Anda pilih. Karena tentunya dengan menggunakan hosting yang tepat, website Anda pun akan berada pada performa terbaik. Namun semuanya kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing website Anda, apa yang anda cari dari sebuah hosting untuk kebutuhan website tersebut.

Penulis
Member since 2 Jul 2013