Blog Tips Keren 4 Tips Mempertahankan Nama Domain Ideal

4 Tips Mempertahankan Nama Domain Ideal

Dalam dunia bisnis saat ini, bukanlah hal baru bagi sebuah perusahaan untuk membuat sebuah website yang terorganisir dengan baik. Jadi, jika Anda telah memutuskan untuk membuat satu website, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih nama domain. Meskipun hal ini tampak begitu mudah, namun hal ini membutuhkan pemikiran yang matang. Jika Anda membuat kesalahan dalam memilih nama domain di awal, mungkin bisnis Anda juga akan memburuk. Dalam rangka untuk memastikan agar hal ini tidak terjadi, Anda perlu memeriksa 4 tips berikut untuk mempertahankan nama domain yang sempurna.

  1. Periksa Nama Domain Terdaftar Yang Mirip

Setelah Anda memilih sebuah nama domain yang disukai, maka Anda harus memastikan nama tersebut tidak terlalu mirip dengan merek dagang dari bisnis lainnya. Jika hal ini terjadi, mereka mungkin akan melayangkan gugatan kepada Anda dan website Anda akan semakin turun. Untuk menghindari hal seperti itu, Anda harus menghubungi seorang pengacara yang akan memeriksa semua nama domain terdaftar yang memiliki nama hampir sama atau mirip dengan pilihan Anda. Anda juga dapat mengunjungi www.whois.net dan melakukan pengecekan sendiri. Website tersebut juga menawarkan Anda kesempatan untuk melihat pada semua nama domain yang kadaluarsa dan memeriksa apa yang salah dengan mereka. Setelah Anda tahu mengapa nama domain ini tidak digunakan lagi, Anda dapat menghindari beberapa kesalahan yang tidak Anda buat.

  1. Daftarkan Website Di Bawah Nama Anda

Hal lain yang harus Anda lakukan ketika membuat sebuah website untuk bisnis Anda adalah mendaftarkannya. Ini adalah salah satu hal yang banyak dilakukan oleh pemilik usaha. Dalam kasus ini, Anda juga harus memutuskan untuk melakukan hal yang sama. Anda harus memastikan bahwa orang yang terdaftar dalam website di bawah nama Anda. memiliki sebuah website berarti Anda harus mau berinvestasi di dalamnya. Investasi ini tidak akan ada gunanya jika website Anda terdaftar untuk orang lain. Meskipun ini tampaknya seperti hal yang jelas untuk dilakukan, namun banyak pengusaha yang dengan mudah melupakannya dan berakhir dengan investasi di sebuah website yang terdaftar di bawah nama orang lain. Tentu hal ini berdampak buruk dengan menyakiti bisnis mereka sendiri dan membuat mereka kehilangan banyak uang.

  1. Pilih Sebuah Nama Domain Yang Asli

Ketika memilih sebuah nama domain, Anda harus memikirkan untuk sesuatu yang sederhana dan asli. Jika ada terlalu banyak titik dan garis yang digunakan dalam nama domain, dapat berakibat buruk. Apabila terjadi kesalahan ketik maka dapat menyebabkan pelanggan sulit menemukan website Anda dan beralih ke website pesaing. Saat Anda harus memilih nama domain yang sederhana, Anda juga perlu memikirkan untuk sesuatu yang asli. Hal ini berarti bahwa Anda akan sulit menggunakan TLD (Top Level Domain) generik seperti .com, .net, atau .org. TLD merupakan ekstensi yang terletak di sebelah kanan titik pada nama domain. TLD generik adalah TLD yang populer dan banyak digunakan, untuk itu Anda tidak bisa menggunakannya karena akan ada banyak kesamaan nama. Ada banyak pilihan TLD lain yang bisa Anda gunakan dan dapat membantu website Anda menarik sejumlah pengunjung misalnya .me, .shop, dll.

  1. Masukkan Lokasi Anda Ke Nama Domain

Memasukkan lokasi tempat bisnis Anda merupakan kekuatan tersendiri untuk mempengaruhi sejumlah orang mengunjungi website Anda. Hal ini terutama akan terjadi jika Anda ingin menargetkan pengunjung di daerah Anda. Memasukkan lokasi membuat website Anda lebih mungkin untuk muncul di Google ketika seseorang mengetikkan jenis lokasi sebagai kata kunci.