4 Tips Keren Mobile Marketing Untuk Social Media
Blog Tips Keren

4 Tips Keren Mobile Marketing Untuk Social Media

mobile marketing

Orang-orang saat ini lebih banyak menghabiskan waktu mereka di depan smartphone daripada komputer desktop, menurut data terbaru dari KPCB mengenai tren internet. Meskipun banyak pengguna bergantung pada perangkat mobile untuk memeriksa email dan teks, banyak juga yang menggunakan perangkat mobile untuk terhubung dengan jaringan sosial mereka. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh IDC dan Facebook mengungkapkan bahwa 70% dari semua pengguna Facebook berinteraksi dengan jaringan sosial pada perangkat mobile mereka setidaknya separuh waktu, dan 61% melakukannya setiap hari.

Berdasarkan data tersebut, terlihat jelas bahwa perangkat mobile sangat mendominasi bagaimana cara pengguna mengakses informasi dari internet. Berikut adalah beberapa cara menggabungkan mobile marketing ke dalam strategi media sosial untuk menjangkau pelanggan baru, dan memperdalam keterlibatan pengguna yang sudah ada.

1. Sesuaikan profil media sosial media untuk pengguna mobile

Pastikan Anda memeriksa profil media sosial Anda pada semua platform seperti desktop, iPhone dan Android. Hal ini penting, karena memungkinkan Anda untuk merasakan pengalaman pengguna saat ini, Anda bisa melihat bagaimana layout profil Anda, konten dan format yang mungkin akan lebih baik jika dioptimalkan berdasarkan jaringan media sosial tertentu.

Sementara banyak channel media sosial yang secara otomatis membuat profil bisnis mobile-friendly, mereka tidak benar-benar tahu mana aspek dari bisnis Anda yang paling penting untuk prospek dan pelanggan berdasarkan atribut unik brand Anda. Sesuaikan profil media sosial untuk memastikan bahwa pengguna mobile terkesan dengan bisnis Anda. Sebagai contoh, di Facebook, Anda bisa membuat “pingging post” untuk posting yang paling relevan dan penting di bagian atas halaman, sehingga konten akan selalu ditampilkan. Selain itu, pengguna media sosial menempatkan nilai yang tinggi pada referrals dan rekomendasi dari orang yang mereka kenal. Atur profil media sosial Anda sehingga pengguna mobile dapat melihat rekomendasi dan “check-in” yang ditinggalkan orang lain.

2. Optimasi profil media sosial agar mudah ditemukan pengguna mobile

Penelitian dari Google mengungkapkan bahwa tiga dari empat hasil pencarian mobile menunjukkan beberapa jenis aktivitas pengguna, lebih dari setengahnya mencari tempat melalui pencarian mobile. Karena begitu banyak pengguna mobile memeriksa media sosial untuk menemukan saran tentang bisnis berdasarkan kebutuhan mereka dan lokasi, kemudahan pengguna menemukan Anda di media sosial adalah kunci. Pastikan semua profil media sosial Anda telah mencantumkan lokasi yang benar, jam kerja/operasional, kisaran harga, dan kategori bisnis. Karena pelanggan mungkin tidak tahu untuk mencari bisnis Anda dengan nama, keakuratan dari kategori Anda dapat menjadi jalan yang mengarah ke bisnis Anda.

3. Sesuaikan posting dengan aktivitas pengguna mobile

Penelitian Google mengungkapkan bahwa mayoritas aktivitas pencarian mobile terjadi dari pukul 15:00 hingga tengah malam. Sesuaikan posting pada jam-jam ini berdasarkan aktivitas pencarian mereka dan lokasi. Tidak hanya konten yang akan ditindaklanuti oleh pengguna mobile, itu dapat membantu Anda mengatasi rintangan bisnis Anda sendiri pada saat tertentu. Misalnya, jika Anda punya sebuah restoran dan memiliki jeda antara makan siang dan happy hour, “flash sale” di media sosial yang berlaku hanya untuk satu jam berikutnya dan ditargetkan untuk pengguna dalam radius tertentu mungkin dapat membantu Anda mengarahkan traffic ketika Anda membutuhkannya.

4. Memantau keterlibatan media sosial dan reaksi dengan cepat

Media sosial adalah alat mendengarkan yang memungkinkan Anda untuk memantau tren apa yang sedang ramai di media sosial, dan mengetahui kapan pelanggan berkomentar. Lacak apa yang dibicarakan audiens sehingga Anda bisa menjadi bagian dari percakapan mereka dengan cara yang relevan. Gunakan alat media sosial seperti Instagram dan Vine untuk mengambil gambar yang dapat menciptakan suasana tempat, suasana hati, keakraban untuk pengguna mobile.

Media sosial saat dan mobile saat ini bekerja secara berdampingan. Dengan menggabungkan wawasan mobile yang Anda miliki tentang audiens dengan aktivitas media sosial, Anda dapat menyesuaikan pesan pemasaran untuk menjangkau audiens yang tepat dengan cara yang lebih relevan, personal, dan strategis.