4 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan CDN
Blog Tips Keren 4 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan CDN

4 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan CDN

Content-delivery-network

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang CDN (Content Delivery Network). Anda tentu tahu bahwa CDN membantu membuat website Anda lebih cepat. Namun, Anda mungkin merasa bahwa jika setelah membayar untuk web hosting, mengapa Anda harus membayar sejumlah uang untuk CDN? Bukankah layanan hosting Anda sudah melakukan semua hal ini? Ada perbedaan yang signifikan antara infrastruktur yang diperlukan untuk hosting dan infrastruktur yang diperlukan untuk CDN. Inilah sebabnya hosting dan CDN adalah dua layanan yang benar-benar terpisah. Hari ini, kita akan melihat manfaat yang dimiliki CDN dan mungkin belum Anda ketahui.

  1. Kecepatan: Bagaimana CDN Membuat WordPress Anda Lebih Cepat

Salah satu faktor utama yang dapat membuat situs lambat adalah jarak konten yang harus melakukan perjalanan antara server hosting website dan lokasi dari pengunjung situs. Sederhananya, semakin jauh lokasi, semakin lama situs Anda akan memuat. Tujuan utama sebuah CDN adalah untuk mengurangi jarak fisik konten untuk melakukan perjalanan. Sebuah CDN biasanya memiliki puluhan bahkan ratusan lokasi di seluruh dunia, dimana konten statis dari website Anda “disalin”. Ketika pengunjung menuju situs Anda, gambar dan konten lainnya seperti JavaScript dan file CSS dilayani dari lokasi CDN yang paling dekat dengan pengunjung.

  1. Kinerja: Sebuah CDN Mampu Menangani Banyak Traffic

Saat situs Anda menerima traffic yang tinggi, kadang kala akan terjadi error seperti “internal server error” atau “database error”. Ini dapat terjadi pada situs yang terkadang mengalami downtime. Disinilah terbukti bahwa kinerja situs akan lebih stabil saat Anda menggunakan CDN. CDN dapat mengurangi downtime dan bisa mengatasi lebih banyak traffic. Tidak masalah apakah situs Anda masih berupa situs sederhana atau yang sudah memiliki traffic tinggi, CDN akan tetap membantu meningkatkan performa sebuah situs.

  1. Keamanan: Sebuah CDN Dapat Membangun Keamanan Untuk Menghentikan Traffic Berbahaya

CDN memiliki banyak mekanisme “built-in” untuk menangani traffic yang berbahaya. Inilah mengapa CDN perlu digunakan untuk menjaga situs Anda. Beberapa mekanisme yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan situs menggunakan CDN adalah dengan adanya Bot Control, Web-Application Firewall (WAF), dan Backdoor Protection.

  1. Mencegah Situs Anda Mengalami Down Saat terjadi Serangan DDoS

Sebuah DDoS atau Distributed Denial of Service adalah serangan berbahaya yang membunuh situs Anda sepenuhnya selama situs tersebut diserang. Dalam serangan DDoS, tim komputer atau server yang sudah berkompromi akan mengirimi situs web tertentu dengan traffic yang tinggi, sehingga ada begitu banyak traffic palsu dan membuat situs kesulitan. Pada titik ini, traffic yang sah tidak bisa lagi mengunjungi situs web. Jadi bagaimana Anda bisa mengurangi serangan DDoS? Anda bisa menggunakan CDN untuk membantu menjaga situs. CDN memiliki server di seluruh dunia. Dengan menerapkan CDN menggunakan reverse proxy, situs Anda tidak dilayani oleh satu server, tetapi dengan beberapa server di seluruh dunia. Selain itu, CDN mampu “mengenali” ketika terjadi serangan DDoS. CDN memastikan server Anda yang sebenarnya tidak terkena beban traffic berbahaya yang berasal dari serangan DDoS.